Main Article Content

Abstract

Menurunnya tingkat aktivitas fisik pada anak prasekolah dapat menyebabkan kegemukan, membahayakan kesehatan metabolik, motorik, kognitif, dan perkembangan psikososial. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas fisik yaitu tingginya aktivitas sedenter di depan layar seperti penggunaan dawai, komputer, game dan lain-lain. Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah untuk mencegah semakin merosotnya aktivitas fisik anak prasekolah apalagi dengan adanya pandemic covid-19 dan penerapan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) sehingga aktivitas fisik di luar rumah semakin berkurang. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan pada 14 orangtua/pengasuh di Kelurahan Gandaria Utara. Penyuluhan dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Kuesioner pengetahuan pre-post test dibagikan kepada responden melalui google form. Hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 4,36 ± 1,216 dan nilai rata-rata posttest sebesar 7,21 ± 1,626. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata pengetahuan sebesar 2,85 setelah dilakukan penyuluhan. Hasil analisis paired sample t test menunjukkan ada pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan dengan p value 0,000. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penyuluhan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan.

Keywords

aktivitas fisik, pengetahuan, penyuluhan, orangtua/pengasuh.

Article Details

How to Cite
Fitria, F., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh Penyuluhan Asikhome Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Orangtua/Pengasuh Anak Prasekolah. Jurnal SOLMA, 10(1s), 32–37. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6608

References

    Aritonang, J. (2018). Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pentabio Lanjutan Setelah Pemberian Pendidikan Kesehatan Di Puskesmas Lampaseh Aceh. Jurnal Riset Kesehatan Nasional. https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i2.125
    Aritonang, J., Nugraeny, L., Sumiatik, & Siregar, R. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Kesehatan pada Ibu hamil dalam Upaya Pencegahan COVID-19. Jurnal SOLMA, 9(2), 261–269. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5522
    Danari, A., Mayulu, N., & Onibala, F. (2013). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Sd Di Kota Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 105729.
    Johariyah, A., & Mariati, T. (2018). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Pemberian Modul Terhadap Perubahan Pengetahuan Remaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo, 4(1), 38–46.
    Loprinzi, P. D., & Trost, S. G. (2010). Parental influences on physical activity behavior in preschool children. Preventive Medicine, 50(3), 129–133. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2009.11.010
    Perera, V., Mead, C., Buxner, S., Lopatto, D., Horodyskyj, L., Semken, S., & Anbar, A. D. (2017). Students in fully online programs report more positive attitudes toward science than students in traditional, in-person programs. CBE Life Sciences Education, 16(4), 1–14. https://doi.org/10.1187/cbe.16-11-0316
    Prastyo, Y. (2020). Efektifitas Penyuluhan Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Perempuan Tentang Pencegahan Keputihan. Journal of Borneo Holistic Health, 3(2), 106–112. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth/article/view/1653
    Rahmah, N. D., Ardiaria, M., & Dieny, F. F. (2019). Pola Asuh Aktivitas Fisik Terhadap Risiko Kejadian Gizi Lebih Pada Anak Prasekolah Di Kecamatan Ngesrep Dan Tembalang, Semarang. 42(1), 1–10.
    Sari, S. A., Widardo, W., & Cahyanto, E. B. (2019). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pola Makan Balita Di Desa Sambirejo Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 7(1), 1. https://doi.org/10.20961/placentum.v7i1.25684
    Syahidah, Z. A., & Wijayanti, H. S. (2017). PERBEDAAN AKTIVITAS FISIK, SCREEN TIME, DAN PERSEPSI IBU TERHADAP KEGEMUKAN ANTARA BALITA GEMUK DAN NON-GEMUK DI KOTA SEMARANG. Journal of Nutrition Colledge, March, 59–83.
    Temple, J. L., Giacomelli, A. M., Kent, K. M., Roemmich, J. N., & Epstein, L. H. (2007). Television Watching Increases Motivated Responding For Food And Energy Intake in Children. American Journal of Clinical Nutrition, 355–361.
    Vaughn, A. E., Hales, D., & Ward, D. S. (2013). Measuring the physical activity practices used by parents of preschool children. Medicine and Science in Sports and Exercise, 45(12), 2369–2377. https://doi.org/10.1249/MSS.0b013e31829d27de
    Venetsanou, F., Emmanouilidou, K., Kouli, O., Bebetsos, E., Comoutos, N., & Kambas, A. (2020). Physical activity and sedentary behaviors of young children: Trends from 2009 to 2018. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(5), 20–23. https://doi.org/10.3390/ijerph17051645
    Widorini, D. E., Surachmindari, S., & Triningsih, R. W. (2017). Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Ibu Dalam Menghadapi Menopause Di Kelurahan Oro-Oro Dowo Kota Malang. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.32831/jik.v6i1.149
    Wirawan, S., Abdi, L. K., & Sulendri, N. K. S. (2014). Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Dan Konvensional Terhadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 80–87. https://doi.org/10.15294/kemas.v10i1.3073