Main Article Content

Abstract

Background: Forum Wasilah 109 merupakan organisasi alumni Rohani Islam SMAN 109 Jakarta yang mempunyai visi untuk memajukan potensi sumber daya manusia Indonesia untuk kesantunan dan keberadaban bangsa. Fakta lain menunjukan data dari UNESCO pada 2012, minat literasi masyarakat Indonesia masih rendah yaitu 0.001%. Sementara, anggota Forum Wasilah 109 banyak yang berminat pada kegiatan literasi seperti menulis puisi, cerita pendek dan novel. Namun, mereka mempunyai keterbatasan akses untuk menerbitkan karyanya di wadah dan penerbit yang tepat. Beberapa diantara mereka juga belum mengetahui adanya buku format digital. Oleh karena itu, tim akademisi Universitas Bina Sarana Informatika membantu mitra ini dengan mengadakan webinar pemberdayaan komunikasi literasi pada buku format digital. 42 peserta mitra telah ikut berpartisipasi pada webinar tersebut. Metode: Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan survey. Hasil: Kuesioner dibagikan pada peserta setelah webinar berlangsung. dan 97.6%. Kesimpulan: peserta merasa puas pada kegiatan ini, serta 100% peserta tertarik untuk mengikuti agenda kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika di masa depan.

Keywords

Buku Digital Forum Wasilah Komunikasi Literasi

Article Details

Author Biography

Robbikal Muntaha Meliala, Universitas Bina Sarana Informatika

Robbikal Muntaha Meliala was born in Depok, 1987. He is graduated as social bachelor degree from IISIP Jakarta with cum laude achievement by GPA (3.81 of 4.00). He continued his master degree in University of Mercu Buana and graduated as Master of Communication Science by GPA (3.98 of 4.00). He also entitled as best distinguished student with summa cum laude achievement in University of Mercu Buana. Now, he is working as lecturer for University of Bina Sarana Informatika in Faculty of Communication and Language, Broadcasting Program Study. Then, in several days he also active to be lecturer for University of Mercu Buana in Faculty of Communication Science, Public Relations Department.  In daily activity, he also active in ABNON Jakarta Alumnae's event and other social campaign.

How to Cite
Meliala, R. M. (2021). Pemberdayaan Komunikasi Literasi dalam Berkarya Melalui Buku Format Digital Bagi Forum Wasilah 109. Jurnal SOLMA, 10(1), 155-164. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5443

References

  1. Ardiana, N.P.L., Damayanti M. N., & Moljusumarto C., (2016). Perancangan Kampanye Sosial tentang Pemahaman Eksistensi Keragaman Lintas Etnis di Semarang, Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/81469-ID-perancangan-kampanye-sosial-tentang-pema.pdf
  2. Damayantie, A. (2018). Literasi Dari Era Ke Era. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–10
  3. Doty, D., Popplewell, S., & Byers, G. (2001). Interactive CD-ROM storybooks and young readers’ reading comprehension. Journal of Research on Computing in Education, 33(4), 374-84.
  4. Fasimpaur, K. (2004). E-books in schools: Check out the reasons why e-books are gaining popularity in K-12 schools. Media & Methods, 40(5), 12
  5. Gardiner, Eileen, and Ronald G. Musto. (2010). “The Electronic Book.” In The Oxford Companion to the Book, edited by H.R. Woudhuysen and Michael F. Suarez, 164–171. New York: Oxford University Press. Hernon, P.,Hopper,!R.,!Leach
  6. Harras, K. A. (2014). Hakikat dan Proses Membaca. Hakikat Dan Proses Membaca, 1(1), 56. http://repository.ut.ac.id/4744/1/PBIN4108-M1.pdf
  7. Landoni, M. (2003). "The Visual Book System: A Study of the Use of Visual Rhetoric in the Design of Electronic Books". PhD thesis, University of Strathclyde Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian
  8. Meliala, Robbikal Muntaha; Palupi, Rety; Septalastiani, Ezrin. PROGRAM CSR KOMPAS GRAMEDIA GROUP DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI GERAKAN LITERASI NUSANTARA #AKUBACA. Jurnal Akrab Juara, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 158-171, nov. 2018. ISSN 2620-9861.
  9. Mulyaningsih, Indrya. (2019). Peran Literasi Komunikasi Pada Suatu Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 137-142.
  10. Ramadanty, Sari. (2014). “Penggunaan Komunikasi Fatis dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat Kerja” pada Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5, Nomor 1, Maret 2014, hlm. 1-12.
  11. Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.
  12. Syahid, Achmad Saifullah. (2017). “Hati-hati Mengartikan, Gerakan Literasi Bukan Sekadar Gerakan Baca dan Tulis” dalam Kompasiana, 2 Maret 2017.
  13. Teguh, Mulyo. (2017). “Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti” Dalam Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017, hal. 18-26 di http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3%20Mulyo%20Teguh.pdf.
  14. UNESCO. (2006). Education for All Global Monitoring Report.
  15. Putra, D.K.S. (2019). Komunikasi CSR Politik Membangun Reputasi, Etika dan Estetika PR Politik (1st Edition). Retrieved from https:// books.google.co.id/books?id=h_7HDwAAQBAJ&pg=PA54&dq=kampanye+menurut+ruslan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi-0eiuj7XpAhWf4nMBHURcANAQ6AEILzAB#v=onepage&q=kampanye&f=false
  16. Prasetyo, Banu, Trisyanti, Umi. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding SEMATOKSES 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Hal 22-27.
  17. www.ikapi.org