Main Article Content
Abstract
Background: Forum Wasilah 109 merupakan organisasi alumni Rohani Islam SMAN 109 Jakarta yang mempunyai visi untuk memajukan potensi sumber daya manusia Indonesia untuk kesantunan dan keberadaban bangsa. Fakta lain menunjukan data dari UNESCO pada 2012, minat literasi masyarakat Indonesia masih rendah yaitu 0.001%. Sementara, anggota Forum Wasilah 109 banyak yang berminat pada kegiatan literasi seperti menulis puisi, cerita pendek dan novel. Namun, mereka mempunyai keterbatasan akses untuk menerbitkan karyanya di wadah dan penerbit yang tepat. Beberapa diantara mereka juga belum mengetahui adanya buku format digital. Oleh karena itu, tim akademisi Universitas Bina Sarana Informatika membantu mitra ini dengan mengadakan webinar pemberdayaan komunikasi literasi pada buku format digital. 42 peserta mitra telah ikut berpartisipasi pada webinar tersebut. Metode: Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan survey. Hasil: Kuesioner dibagikan pada peserta setelah webinar berlangsung. dan 97.6%. Kesimpulan: peserta merasa puas pada kegiatan ini, serta 100% peserta tertarik untuk mengikuti agenda kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika di masa depan.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ardiana, N.P.L., Damayanti M. N., & Moljusumarto C., (2016). Perancangan Kampanye Sosial tentang Pemahaman Eksistensi Keragaman Lintas Etnis di Semarang, Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/81469-ID-perancangan-kampanye-sosial-tentang-pema.pdf
- Damayantie, A. (2018). Literasi Dari Era Ke Era. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–10
- Doty, D., Popplewell, S., & Byers, G. (2001). Interactive CD-ROM storybooks and young readers' reading comprehension. Journal of Research on Computing in Education, 33(4), 374-84.
- Fasimpaur, K. (2004). E-books in schools: Check out the reasons why e-books are gaining popularity in K-12 schools. Media & Methods, 40(5), 12
- Gardiner, Eileen, and Ronald G. Musto. (2010). "The Electronic Book.” In The Oxford Companion to the Book, edited by H.R. Woudhuysen and Michael F. Suarez, 164–171. New York: Oxford University Press. Hernon, P.,Hopper,!R.,!Leach
- Harras, K. A. (2014). Hakikat dan Proses Membaca. Hakikat Dan Proses Membaca, 1(1), 56. http://repository.ut.ac.id/4744/1/PBIN4108-M1.pdf
- Landoni, M. (2003). "The Visual Book System: A Study of the Use of Visual Rhetoric in the Design of Electronic Books". PhD thesis, University of Strathclyde Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian
- Meliala, Robbikal Muntaha; Palupi, Rety; Septalastiani, Ezrin. PROGRAM CSR KOMPAS GRAMEDIA GROUP DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI GERAKAN LITERASI NUSANTARA #AKUBACA. Jurnal Akrab Juara, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 158-171, nov. 2018. ISSN 2620-9861.
- Mulyaningsih, Indrya. (2019). Peran Literasi Komunikasi Pada Suatu Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 137-142.
- Ramadanty, Sari. (2014). "Penggunaan Komunikasi Fatis dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat Kerja” pada Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5, Nomor 1, Maret 2014, hlm. 1-12.
- Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.
- Syahid, Achmad Saifullah. (2017). "Hati-hati Mengartikan, Gerakan Literasi Bukan Sekadar Gerakan Baca dan Tulis” dalam Kompasiana, 2 Maret 2017.
- Teguh, Mulyo. (2017). "Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti” Dalam Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017, hal. 18-26 di http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3%20Mulyo%20Teguh.pdf.
- UNESCO. (2006). Education for All Global Monitoring Report.
- Putra, D.K.S. (2019). Komunikasi CSR Politik Membangun Reputasi, Etika dan Estetika PR Politik (1st Edition). Retrieved from https:// books.google.co.id/books?id=h_7HDwAAQBAJ&pg=PA54&dq=kampanye+menurut+ruslan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi-0eiuj7XpAhWf4nMBHURcANAQ6AEILzAB#v=onepage&q=kampanye&f=false
- Prasetyo, Banu, Trisyanti, Umi. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding SEMATOKSES 3 "Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Hal 22-27.
- www.ikapi.org
References
Ardiana, N.P.L., Damayanti M. N., & Moljusumarto C., (2016). Perancangan Kampanye Sosial tentang Pemahaman Eksistensi Keragaman Lintas Etnis di Semarang, Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/81469-ID-perancangan-kampanye-sosial-tentang-pema.pdf
Damayantie, A. (2018). Literasi Dari Era Ke Era. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–10
Doty, D., Popplewell, S., & Byers, G. (2001). Interactive CD-ROM storybooks and young readers' reading comprehension. Journal of Research on Computing in Education, 33(4), 374-84.
Fasimpaur, K. (2004). E-books in schools: Check out the reasons why e-books are gaining popularity in K-12 schools. Media & Methods, 40(5), 12
Gardiner, Eileen, and Ronald G. Musto. (2010). "The Electronic Book.” In The Oxford Companion to the Book, edited by H.R. Woudhuysen and Michael F. Suarez, 164–171. New York: Oxford University Press. Hernon, P.,Hopper,!R.,!Leach
Harras, K. A. (2014). Hakikat dan Proses Membaca. Hakikat Dan Proses Membaca, 1(1), 56. http://repository.ut.ac.id/4744/1/PBIN4108-M1.pdf
Landoni, M. (2003). "The Visual Book System: A Study of the Use of Visual Rhetoric in the Design of Electronic Books". PhD thesis, University of Strathclyde Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian
Meliala, Robbikal Muntaha; Palupi, Rety; Septalastiani, Ezrin. PROGRAM CSR KOMPAS GRAMEDIA GROUP DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI GERAKAN LITERASI NUSANTARA #AKUBACA. Jurnal Akrab Juara, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 158-171, nov. 2018. ISSN 2620-9861.
Mulyaningsih, Indrya. (2019). Peran Literasi Komunikasi Pada Suatu Komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 137-142.
Ramadanty, Sari. (2014). "Penggunaan Komunikasi Fatis dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat Kerja” pada Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5, Nomor 1, Maret 2014, hlm. 1-12.
Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.
Syahid, Achmad Saifullah. (2017). "Hati-hati Mengartikan, Gerakan Literasi Bukan Sekadar Gerakan Baca dan Tulis” dalam Kompasiana, 2 Maret 2017.
Teguh, Mulyo. (2017). "Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti” Dalam Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017, hal. 18-26 di http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3%20Mulyo%20Teguh.pdf.
UNESCO. (2006). Education for All Global Monitoring Report.
Putra, D.K.S. (2019). Komunikasi CSR Politik Membangun Reputasi, Etika dan Estetika PR Politik (1st Edition). Retrieved from https:// books.google.co.id/books?id=h_7HDwAAQBAJ&pg=PA54&dq=kampanye+menurut+ruslan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi-0eiuj7XpAhWf4nMBHURcANAQ6AEILzAB#v=onepage&q=kampanye&f=false
Prasetyo, Banu, Trisyanti, Umi. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding SEMATOKSES 3 "Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Hal 22-27.
www.ikapi.org