Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Media Pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi yang terdapat di sekitar sekolah, dapat membantu guru dalam mengatasi kesulitan pengadaan media pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini didasari kenyataan pada umumnya guru masih memiliki kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sederhana dengan potensi yang ada di sekitar sekolah. Tujuan umum kegiatan ini adalah mengenalkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi kesulitan pengadaan media pembelajaran. Secara khusus memberi bekalan kepada guru untuk mengembangkan media pembelajaran IPA yang inovatif berbasis potensi lokal. Pelatihan ini menggunakan Metode experiential learning dengan pendekatan participant-centered melalui teknik case study, dan simulasi. Pengabdian ini berhasil memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi kesulitan pengadaan media pembelajaran mata pelajaran IPA baik secara konsepsional maupun praktikal
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90.
- Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
- Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. 17(2), 1–10.
- Dennison, P. (2012). Reflective practice: The enduring influence of Kolb's Experiential Learning Theory. Compass: Journal of Learning and Teaching. 1(1), 1–6. https://doi.org/. https://doi.org/10.21100/compass.v1i1.12
- El-Mouelhy, I., Poon, I. H. C., Hui, A. N. N., & Sue-Chan, C. (2013). Does a Creative Learning Medium Matter? Impact of Low Cost Android Tablets on Elementary Students' English Comprehension, Perceived Performance and Memory Retention. Creative Education, 04(12), 42–50. https://doi.org/10.4236/ce.2013.412a2007
- Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–283. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
- Fowlie, J. (2000). Emotional Intelligence: The Role of Self-Confidence in Preparing Business School Undergraduates for Placement/Employment. [Internet]. Retrieved from http://www.herts.ac.uk
- Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Biologi Melalui Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Di SMAN 1 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.247
- Karo, S. I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), 91–96.
- Panggabean, M. S., & Himawan, K. K. (2016). The Development of Indonesian Teacher Competence Questionnaire. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i2.5134
- Perron, B. E., & Stearns, A. G. (2011). A Review of a Presentation Technology: Prezi. Research on Social Work Practice, 21(3), 376–377. https://doi.org/10.1177/1049731510390700
- Ratnawati, E., Rahayu, S., & Prayitno. (2010). Pemahaman Hakikat Sains (Nos) Mahasiswa Tahun Ketiga Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang Eris. Universitas Negeri Malang, (2006), 1–15.
- Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593
- Tursinawati, T. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84.
- Ugbe, A. U., & Agim, J. I. (2009). Influence of teachers' competence on students academic performance in senior secondary school chemistry. Global Journal of Educational Research, 8(1–2), 61–66.
- Wahyuni, N. C. (2012). Indonesian teachers score low on competence test: Big surprise? Indonesia. Pendidikan Biologi.
- Yulaika, S. (2015). Integrasi scientific inquiry dengan kompetensi propesional guru biologi pada pembelajaran biologi di abad ke 21. Seminar Nasional Pendidikan Abad 21. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
References
Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90.
Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. 17(2), 1–10.
Dennison, P. (2012). Reflective practice: The enduring influence of Kolb's Experiential Learning Theory. Compass: Journal of Learning and Teaching. 1(1), 1–6. https://doi.org/. https://doi.org/10.21100/compass.v1i1.12
El-Mouelhy, I., Poon, I. H. C., Hui, A. N. N., & Sue-Chan, C. (2013). Does a Creative Learning Medium Matter? Impact of Low Cost Android Tablets on Elementary Students' English Comprehension, Perceived Performance and Memory Retention. Creative Education, 04(12), 42–50. https://doi.org/10.4236/ce.2013.412a2007
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–283. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Fowlie, J. (2000). Emotional Intelligence: The Role of Self-Confidence in Preparing Business School Undergraduates for Placement/Employment. [Internet]. Retrieved from http://www.herts.ac.uk
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Biologi Melalui Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Di SMAN 1 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.247
Karo, S. I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), 91–96.
Panggabean, M. S., & Himawan, K. K. (2016). The Development of Indonesian Teacher Competence Questionnaire. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i2.5134
Perron, B. E., & Stearns, A. G. (2011). A Review of a Presentation Technology: Prezi. Research on Social Work Practice, 21(3), 376–377. https://doi.org/10.1177/1049731510390700
Ratnawati, E., Rahayu, S., & Prayitno. (2010). Pemahaman Hakikat Sains (Nos) Mahasiswa Tahun Ketiga Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang Eris. Universitas Negeri Malang, (2006), 1–15.
Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593
Tursinawati, T. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84.
Ugbe, A. U., & Agim, J. I. (2009). Influence of teachers' competence on students academic performance in senior secondary school chemistry. Global Journal of Educational Research, 8(1–2), 61–66.
Wahyuni, N. C. (2012). Indonesian teachers score low on competence test: Big surprise? Indonesia. Pendidikan Biologi.
Yulaika, S. (2015). Integrasi scientific inquiry dengan kompetensi propesional guru biologi pada pembelajaran biologi di abad ke 21. Seminar Nasional Pendidikan Abad 21. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.