Main Article Content
Abstract
Background: Semua lapisan masyarakat harus ikut berperan aktifdalam mengelola produk sisa makhluk hidup. Siswa SMA sebagai bagian dari masyarakat juga harus terlibat aktif dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Kegiatan bertujuan untuk peningkatkan kepedulian, peran aktif dan membudayakan prilaku peduli lingkungan siswa dalam mengatasi persoalan lingkungan terutama tentang limbah/sampah. Metode: Kegiatan diikuti oleh 31 siswa sebagai perwakilan dari beberapa SMA di Kabupaten Bekasi yang diawali pretest unt mengetahui kemampuan awal peserta, dilajutkan dengan pemaparan materi serta praktek pembuatan pupuk organik cair. Kegiatan diakhiri dengan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta. Hasil: Berdasarkan data hasil pretest dan posttest didapatkan bahwa terjadi peningkatan skor dari 6,43 menjadi 8,56. Terjadi peningkatan skor sebesar 2,13 yang merupakan meningkatan cukup baik. Peningkatan skor juga terjadi pada setiap target luaran yang meliputi peningkatan pemahaman, ketrampilan serta motivasi dengan rentangan peningkatan skor dari 0.97-3,38. Kesimpulan: Terjadi peningkatan pemahan siswa tentang masalah lingkungan tentang pupuk organik cair dan keterampilan siswa dalam membuat pupuk organik cair serta motivasi siswa untuk mengolah limbah menjadi pupuk organik cair.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Achmat, Z. (2006). Efektifitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru UMM Tahun 2005 / 2006. Humanity, 1(2), 117–121.
- Azrai, E.P, Sigit, D. ., Heryanti, E., Ichsan, I. ., Jajomi, Y. P., & Fadrikal, R. (2019). Green consumerism among students : a survey in campus Green consumerism among students : a survey in campus. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1317, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012200
- Azrai, Eka Putri, Rini, D. S., & Suryanda, A. (2020). Micro-teaching in the Digital Industrial Era 4.0: Necessary or not? Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 23–30. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081804
- Binhas, E., & Hary, M. (1989). Appareil de saisie magnétique pour instruments canalaires. Le Chirurgien-Dentiste de France, 59(475), 41–42.
- Dewi, I. N., Utami, S. D., Effendi, I., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2020). The Effectiveness of Biology Learning-Local Genius Program of Mount Rinjani Area to Improve the Generic Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 265–282. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14116A
- Fatimatuzzahra, Riyadi, & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Masyarakat Melek Teknologi : Studi Penyelenggaraan Pelatihan Microsoft Office Di Lkp. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, Dan Pemberdayaan Masyarakat Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 3(1), 81–89.
- Greenway, R. (2005). Experiential Learning Cycles.
- Halim, A., Mahzum, E., Yacob, M., Irwandi, I., & Halim, L. (2021). The Impact of Narrative Feedback, E-Learning Modules and Realistic Video and the Reduction of Misconception. Education Sciences, 11(158), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci11040158
- Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., & Harapan, U. P. (2020). Piaget Versus Vygotsky : Journal Of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 286–293.
- Irwandi, & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan. Bio-Inoved, 1(2), 66–73.
- Kapici, H. O., Akcay, H., & Jong, T. de. (2019). Using Hands-On and Virtual Laboratories Alone or Together―Which.pdf (pp. 231–250).
- Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M. I., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. ORBITAL: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(December), 104–113.
- Nalhadi, A., Syarifudin, S., Habibi, F., Fatah, A., & Supriyadi, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga menjadi Pupuk Organik Cair. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43–46. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2134
- Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing biology student s ’ worksheet based on STEAM to empower science process skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147–156. https://doi.org/doi.org/10.2229/jpbi.v6i1. 10225
- Permatasari, R., Suarsini, E., & Imroatul Maslikah, S. (2021). Pengaruh pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan terhadap partisipasi siswa SMA Negeri di Kota Malang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.17977/um067v1i1p25-32
- Rahayu, R., Kartono, K., Dwijanto, D., & Agoestanto, A. (2018). Pengembangan Disposisi Matematis melalui Konstruksi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Realistik.
- Rahman, A. (2018). Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan. 3(1).
- Rahmawati, C., Nopitasari, B. L., & Wd, S. M. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Sampah Plastik Menuju “ Zero Waste Kampus Ummat .” 3, 196–198.
- Ratnasari, A., Asharhani, I. S., Sari, M. G., Hale, S. R., & Pratiwi, H. (2019). Sampah merupakan sisa dari aktivitas manusia yang dianggap tidak berguna lagi dan merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. 2, 652–659.
- Saputra, D., Sukarjo, E. I., & Masdar, M. (2020). Efek Konsentrasi Dan Waktu Aplikasi Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia, 22(1), 31–37. https://doi.org/10.31186/jipi.22.1.31-37
- Sigit, D. V., Azrai, E. P., Heryanti, E., Ichsan, I. Z., & Jajomi, Y. P. (2019). Development Green Consumerism E-Book for Undergraduate Students ( GC- Development Green consumerism E-Book for Undergraduate Students ( Gc-EBUS ) as learning Media in Environmental Learning. Indian Journal of Public Health Research and Development, October. https://doi.org/10.5958/0976-5506.2019.02152.1
- Simonsmeier, B. A., Flaig, M., Deiglmayr, A., Schalk, L., Simonsmeier, B. A., Flaig, M., Deiglmayr, A., & Schalk, L. (2021). Domain-Specific Prior Knowledge and Learning : A Meta-Analysis Domain-specific prior knowledge and learning : A. Educational Psychologist, 0(0), 1–24. https://doi.org/10.1080/00461520.2021.1939700
- Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran Utilization of the Sway Application for Learning Media. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4).
- Tanti, N., Nurjannah, N., & Kalla, R. (2020). Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Cara Aerob. ILTEK : Jurnal Teknologi, 14(2), 2053–2058. https://doi.org/10.47398/iltek.v14i2.415
- Tarigan, S. I., Kapoe, S. K. K. L., Killa, Y. M., Jawang, U. P., & Nganji, M. U. (2020). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbasis Mikroorganisme Lokal di Desa Tanau Kabupaten Sumba Timur. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 78. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.28043
- Wei, C., & Luo, H. (2021). Non-stationary Reinforcement Learning without Prior Knowledge : An Optimal Black-box Approach. 134(2019), 1–55.
References
Achmat, Z. (2006). Efektifitas Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru UMM Tahun 2005 / 2006. Humanity, 1(2), 117–121.
Azrai, E.P, Sigit, D. ., Heryanti, E., Ichsan, I. ., Jajomi, Y. P., & Fadrikal, R. (2019). Green consumerism among students : a survey in campus Green consumerism among students : a survey in campus. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1317, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012200
Azrai, Eka Putri, Rini, D. S., & Suryanda, A. (2020). Micro-teaching in the Digital Industrial Era 4.0: Necessary or not? Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 23–30. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081804
Binhas, E., & Hary, M. (1989). Appareil de saisie magnétique pour instruments canalaires. Le Chirurgien-Dentiste de France, 59(475), 41–42.
Dewi, I. N., Utami, S. D., Effendi, I., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2020). The Effectiveness of Biology Learning-Local Genius Program of Mount Rinjani Area to Improve the Generic Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 265–282. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14116A
Fatimatuzzahra, Riyadi, & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Masyarakat Melek Teknologi : Studi Penyelenggaraan Pelatihan Microsoft Office Di Lkp. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, Dan Pemberdayaan Masyarakat Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 3(1), 81–89.
Greenway, R. (2005). Experiential Learning Cycles.
Halim, A., Mahzum, E., Yacob, M., Irwandi, I., & Halim, L. (2021). The Impact of Narrative Feedback, E-Learning Modules and Realistic Video and the Reduction of Misconception. Education Sciences, 11(158), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci11040158
Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., & Harapan, U. P. (2020). Piaget Versus Vygotsky : Journal Of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 286–293.
Irwandi, & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan. Bio-Inoved, 1(2), 66–73.
Kapici, H. O., Akcay, H., & Jong, T. de. (2019). Using Hands-On and Virtual Laboratories Alone or Together―Which.pdf (pp. 231–250).
Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M. I., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. ORBITAL: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(December), 104–113.
Nalhadi, A., Syarifudin, S., Habibi, F., Fatah, A., & Supriyadi, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga menjadi Pupuk Organik Cair. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43–46. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2134
Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing biology student s ’ worksheet based on STEAM to empower science process skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147–156. https://doi.org/doi.org/10.2229/jpbi.v6i1. 10225
Permatasari, R., Suarsini, E., & Imroatul Maslikah, S. (2021). Pengaruh pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan terhadap partisipasi siswa SMA Negeri di Kota Malang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.17977/um067v1i1p25-32
Rahayu, R., Kartono, K., Dwijanto, D., & Agoestanto, A. (2018). Pengembangan Disposisi Matematis melalui Konstruksi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Realistik.
Rahman, A. (2018). Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan. 3(1).
Rahmawati, C., Nopitasari, B. L., & Wd, S. M. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Sampah Plastik Menuju “ Zero Waste Kampus Ummat .” 3, 196–198.
Ratnasari, A., Asharhani, I. S., Sari, M. G., Hale, S. R., & Pratiwi, H. (2019). Sampah merupakan sisa dari aktivitas manusia yang dianggap tidak berguna lagi dan merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. 2, 652–659.
Saputra, D., Sukarjo, E. I., & Masdar, M. (2020). Efek Konsentrasi Dan Waktu Aplikasi Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia, 22(1), 31–37. https://doi.org/10.31186/jipi.22.1.31-37
Sigit, D. V., Azrai, E. P., Heryanti, E., Ichsan, I. Z., & Jajomi, Y. P. (2019). Development Green Consumerism E-Book for Undergraduate Students ( GC- Development Green consumerism E-Book for Undergraduate Students ( Gc-EBUS ) as learning Media in Environmental Learning. Indian Journal of Public Health Research and Development, October. https://doi.org/10.5958/0976-5506.2019.02152.1
Simonsmeier, B. A., Flaig, M., Deiglmayr, A., Schalk, L., Simonsmeier, B. A., Flaig, M., Deiglmayr, A., & Schalk, L. (2021). Domain-Specific Prior Knowledge and Learning : A Meta-Analysis Domain-specific prior knowledge and learning : A. Educational Psychologist, 0(0), 1–24. https://doi.org/10.1080/00461520.2021.1939700
Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran Utilization of the Sway Application for Learning Media. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4).
Tanti, N., Nurjannah, N., & Kalla, R. (2020). Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Cara Aerob. ILTEK : Jurnal Teknologi, 14(2), 2053–2058. https://doi.org/10.47398/iltek.v14i2.415
Tarigan, S. I., Kapoe, S. K. K. L., Killa, Y. M., Jawang, U. P., & Nganji, M. U. (2020). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbasis Mikroorganisme Lokal di Desa Tanau Kabupaten Sumba Timur. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 78. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.28043
Wei, C., & Luo, H. (2021). Non-stationary Reinforcement Learning without Prior Knowledge : An Optimal Black-box Approach. 134(2019), 1–55.