Penerapan Perilaku Hidup Bersih Sehat Penduduk Di Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Kota Palembang Terhadap Cara Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

  • Aseptianova Aseptianova Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Eka Haryati Yuliany Universitas Muhammadiyah Palembang
Keywords: perilaku, pengelolaan, sampah rumah tangga

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, sekelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.  Hasil akhir dari suatu aktivitas yang dilakukan makhluk hidup, yang pada umumnya tidak bisa digunakan lagi dalam suatu kegiatan dan terkadang dibuang begitu saja yakni sampah.  Pengabdian masyarakat ini diharapkan memberi pengetahuan tentang perilaku hidup bersih sehat penduduk terhadap cara pengelolaan sampah rumah tangga di kelurahan Kebun Bunga kecamatan Sukarami Palembang.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan perilaku warga Kebun Bunga terhadap upaya pengelolaan sampah rumah tangga dan penyuluhan yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) cara meningkatkan pemanfaatan sampah.  Dari pengabdian masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah rumah tangga dapat disimpulkan sebagian besar masyarakat di pemukiman penduduk Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang sudah menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, and Recycling).

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kartiadi. 2009. Giatkan Buang Sampah pada Tempatnya. (Online), (http://km.itb.ac.id/site/wp-content/uploads/2009/giat-buang-sampah-pada-tempatnya, diakses 2 Februari 2019)
Suryanto, Sulistyawati. 2014. Keberadaan TPS Legal dan TPS Ilegal di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. (Online), (http://www.academia.edu/8783188/Jurnal_KesahatanMasyarakat_Keberadaan_Tps_Legal_Dan_Tps_Ilegal_Di_Kecamatan_Godean_Kabupaten_Sleman_Existence_Of_Legal_And_Illegal_Waste_Disposal_In_The_Godean_Sub_Distric_Sleman_Distric, diakses 7 Februari 2019)
Wahyuni, Endah Tri, Dkk. 2014. Optimalisasi Pengelolaan Sampah Melalui Partisipasi Masyarakat dan Kajian Extended Producer Responsibility (EPR) di Kabupaten Magetan. (Online), (http://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ekosains/article/viewFile/1686/382, diakses 2 Februari 2019)
Yansen, Wayan dan Arnatha. 2012. Analisis Finansial Sistem Pengelolaan Sampah Wilayah Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. (Online), (http://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/viewFile/4238/3217, diakses 2 Februari 2019)
Published
2020-04-30
How to Cite
Aseptianova, A., & Yuliany, E. H. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Sehat Penduduk Di Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Kota Palembang Terhadap Cara Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jurnal SOLMA, 9(1), 68-78. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3212
Section
Articles