Main Article Content

Abstract

Keamanan dan keyamanan adalah harapan hidup seluruh manusia. Saat ini banyak sekali perumahan-perumahan yang mempunyai sistem keamanan yang sangat bagus. Dilengkapi dengan security, CCTV dan alarm anti maling, dengan harapan untuk meningkatkan keamanan komplek. Akan tetapi, tidak sedikit juga perumahan yang tidak memiliki sistem keamanan yang memadai. Alarm peringatan maling saat ini sangat dbutuhkan untuk sistem keamanan rumah, namuun tidak semua orang dapat membelinyakarena harganya yang relative mahal. Mengangkat permasalahan diatas, maka kami melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembuatan alarm anti maling sederhana yang akan di laksanakan di komplek perumahan Pamulang Park Residence. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah sosialisasi dan pelatihan. Hasil produk pelatihan ini dalam bentuk alat alarm anti maling sederhana yang dapat dipasang di rumah masing-masing warga Pamulang Park residence.

Keywords

Alarm Anti Maling Pencegahan Tindak Kejahatan Alat Peraga

Article Details

How to Cite
Sumarni, R. A., Kumala, S. A., & Astuti, I. A. D. (2019). Pencegahan Tindak Kejahatan Pencurian dengan Alarm Anti Maling Sederhana di Lingkungan Masyarakat. Jurnal SOLMA, 8(2), 348–355. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3037

References

    Adrian, A. (2015). Lingkungan Rumah Ideal. In Temu Ilmiah IPLBI (pp. 57–62).
    Ahmed, M. S., Mohammed, A. S., & Agbo, G. A. (2006). Development of a Simple Sound Activated Burglar Alarm System. Leonardo Journal of Science, (9), 97–102.
    Ansori. (2010). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Keberagamaan Remaja Masjid (IREMA) Desa Margorejo Kec. Margorejo Kab. Pati Tahun 2010. Pati: STAI.
    Hapsari, M. A. Usulan Program kegiatan Mahasiswa "Alarm Rumah Bebas Maling Berbasis Sensor PIR, Telepon Otomatis dan Sirine (2018). Retrieved from https://nanopdf.com/download/alarm-rumah-bebas-maling-berbasis-sensor-pir-telepon_pdf.
    Herlan, M. (2015). Push Bottom. Jawa Timur: Politeknik Negeri Surabaya.
    Kalsum, T. U., & Rosdiana. (2011). Alat Penghapus Whiteboard Otomatis Menggunakan Motor STTEPER. Jurnal Media Infotama, 7(1), 38–55.
    Laurent, G., C. Laporan Alrm anti Maling (2016). Retrieved from www.researchgate.net
    Pamungkas, W. (2011). Aplikasi Sensor Cahaya Untuk Alarm Anti Pencuri. Journal Infotel, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.20895/infotel.v3i2.95
    Rahardjo, P. (2014). Pengaman Benda-Benda Suci Pratima di Pura dari Tindakan Pencurian dengan Menggunakan Alarm Sentuh (Touch Alarm). Bali: FT Universitas Udayana.
    Rohmanu, A., & Widiyanto, D. (2018). Sistem Sensor Jarak Aman PADA Mobil Berbasis Mikrokontroler Arduino Atmega328. Jurnal Informatika SIMANTIK, 3(1), 7–14.
    Saleh, M., & Haryanti, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Relay. Jurnal Teknologi Elektro, 8(2).
    Satria, D., & Suraatmadja, M. S. (2013). Aplikasi Mikrokontroler pada Sistem Keamanan Rumah Berbasis Sensor PIR Terintegrasi dengan Modem dan Alarm. Bandung: Tekom University.
    Suryo, B. (1984). Psikologi Pendidikan (Raja Grafi). Jakarta.
    Wikipedia. Alarm. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Alarm
    Yohana, M. (2013). Alarm Anti Maling. Kupang: FKIP Universitas Nusa Cendana.