Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Pada era pembelajaran digital saat ini, pendidikan harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebagai pengajar, peran guru sangat penting dalam membuat lingkungan belajar yang inovatif dan efektif namun juga memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang teknologi digital yang relevan untuk pendidikan, mengembangkan keterampilan guru dalam merancang sistem pendukung belajar yang inovatif dan memfasilitasi guru dalam mengintegrasikan kecakapan abad 21 ke dalam proses pembelajaran. Metode: Workshop, pendampingan, dan evaluasi. Hasil: Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan peserta pengabdian telah mampu mengembangkan bahan ajar yang mayoritas berupa buku elektronik dengan materi beragam untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan dan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini dinilai sangat sesuai dengan kebutuhan mitra dan perlu dikembangkan sebuah panduan praktis untuk memudahkan pendidik mengembangkan bahan ajar digital.

Keywords

HTML 5 Package Interaktif Kecakapan Abad 21 Pembelajaran Digital Sistem Pendukung

Article Details

How to Cite
Mashfufah, A., Faizah, S., Rufiana, I. S., Arifin, S., Izzati, A. A. T., & Wicaksono, A. N. (2025). Inovasi Sistem Pendukung Belajar Digital Berbasis Kecakapan Abad 21 Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 14(3), 3639–3649. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20541

References

  1. Abuali, T., & Ahmed, A. A. (2025). Challenges and Opportunities in Implementing E-Learning in Developing Countries. The Open European Journal of Social Science and Education (OEJSSE), 1(1), 1–12.
  2. Agrifina, V. F., Vrisilia, V., Agustina, L. N., Supriyadi, S., & Izzatika, A. (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12–17.
  3. Annisa, N. N. (2024). Pemanfaatan dan penggunaan buku digital (e-book) dalam inovasi pendidikan utilization and use of digital books (e-books) in educational innovation. Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ), 2(10), 274–280.
  4. Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, S., & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
  5. Arjana, I. G., & Suastra, I. W. (2022). Pengembangan Simulasi Interaktif Berbasis Geogebra Dalam Mendukung Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Mekanika Dasar Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 99–111. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54895
  6. Avdiu, E., Bekteshi, E., & Gollopeni, B. (2025). Learning skills for the future – implementing the 21st-century learning. Multidisciplinary Science Journal, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.31893/multiscience.2025011
  7. Dick, W. O., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction (7th ed.). Pearson.
  8. Fathurohman, A., Susiloningsih, E., Saparini, S., Auliya Kurdiati, L., & Kistiono, K. (2025). Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Keterlibatan Peserta Didik melalui Pelatihan LMS Berbasis Canvas dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal SOLMA, 14(1), 1556–1570. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17094
  9. Islawati, I., Samsuddin, Y. B., & Sugiarti, S. (2025). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era DIgital untuk Menghadapi Tantangan Pembelajaran Gen Z. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 635–645.
  10. Jurs, P., Špehte, E., Samusevica, A., Kulberga, I., & Titrek, O. (2023). Reflections: Prerequisites for quality learning in the 21st century. Cypriot Journal of Educational Sciences, 18(1), 339–350. https://doi.org/10.18844/cjes.v18i1.8353
  11. Li, K. C., Wong, B. T. M., & Chan, H. T. (2023). Teaching and learning innovations for distance learning in the digital era: a literature review. Frontiers in Education, 8(August), 1–14. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1198034
  12. Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121–1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126
  13. Marhadi, H., Erlisnawati, E., Syafriyafdi, N., Cindy, V., Uyun, K., Syahfrika, E., Septiana, L., Harmadani, P., & Andini, S. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Card Match Circle Berbasis Budaya Melayu dalam Upaya Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 14(1), 983–991. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16706
  14. Maulid, T. A., Maulana, M., & Isrok’atun, I. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/485
  15. Munawwir, A. (2019). Pendekatan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(2), 193–203. https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.11451
  16. Nuraeni, N., Salmia, S., Safitri, A., & Suandi, S. (2024). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 120–131.
  17. Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2017). Instructional-Design Theories and Models. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203872130
  18. Sari, G. I., Winasis, S., Pratiwi, I., Nuryanto, U. W., & Basrowi, B. (2024). Strengthening digital literacy in Indonesia: Collaboration, innovation, and sustainability education. Social Sciences and Humanities Open, 10(August), 101100. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101100
  19. Saribu, A. D., Sitompul, A. S., & Harefa, A. O. (2024). Peran Motivasi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Generasi Muda Anak Pomparan Doloksaribu Kota Medan di Era Revolusi Industri 4 . 0 di Saat Moment Natal 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat ISEI, 2(1), 1–6.
  20. Schellekens, L. H., Bok, H. G. J., de Jong, L. H., van der Schaaf, M. F., Kremer, W. D. J., & van der Vleuten, C. P. M. (2021). A scoping review on the notions of Assessment as Learning (AaL), Assessment for Learning (AfL), and Assessment of Learning (AoL). Studies in Educational Evaluation, 71(October), 101094. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101094
  21. Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
  22. Sunarti, T., Satriawan, M., Prahani, B. K., & Rizki, I. A. (2024). Integrating Digital Books , 3D Animations , and Online Problem-based Learning to Improve Pre- service Teachers ’ Scientific Literacy in General Physics Course. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 14(02), 169–183. https://doi.org/10.26740/jpfa.v14n2.p169
  23. Tsauri, A. (2024). eLearning Interaktif dengan H5P. Penerbit Revormasi.
  24. Tuhuteru, L., Solehudin, M., Muhammadiah, M., Kraugusteeliana, & Rais, R. (2023). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Dan Informasi Di Indonesia Pada Era Disruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1893–1900.
  25. Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.
  26. Widyawati, D. W., & Rindrayani, S. R. (2025). Development of Google Sites-Based Learning Media to Increase Students ’ Motivation to Learn Science at Elementary School 2 Kedungsoko. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 10(2), 337–352. https://doi.org/10.29407/jpdn.v10i2.24526 Development
  27. Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Most read articles by the same author(s)