Main Article Content

Abstract

Background: Transformasi pembelajaran matematika bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan deep learning dalam pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar, mendorong siswa kelas 3 SD Negeri Sumbertaman 2 dalam membangun pola pikir yang kritis sekaligus kreatif. Metode: Pendekatan kualitatif dengan subjek 26 siswa dan guru kelas 3 SD Negeri Sumbertaman 2. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan triangulasi baik dari segi sumber maupun metode, sementara proses analisis mengacu pada model interaktif Miles & Huberman (1994). Hasil: Penerapan deep learning pada materi bangun datar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kesimpulan: Rekomendasi dari kegiatan ini adalah agar sekolah dapat terus mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran matematika, serta memberikan pelatihan kepada guru untuk memaksimalkan potensi deep learning.

Keywords

Deep Learning Math Learning Flat Buildings Critical and Creative Thinking Deep Learning Pembelajaran Matematika Bangun Datar Berpikir Kritis dan Kreatif

Article Details

How to Cite
Luthfiyah, H., Nusantara, T., Faizah, S., & Anggraini, A. E. (2025). Transformasi Pembelajaran Matematika Bangun Datar dengan Deep Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kritis dan Kreatif Siswa . Jurnal SOLMA, 14(2), 2105–2112. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18844

References

  1. Becker, H. J., et al. (2020). Teaching with Technology: Preparing Students for the Digital Age. Educational Leadership.
  2. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
  3. Fina Fitriya, F., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.108
  4. Hima, L. R., Nusantara, T., Hidayanto, E., Rahardjo, S., & Murniasih, T. R. (2021). Improving students’ Mathematical Identity using Games as Learning Media during the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012088
  5. Liu, S., et al. (2021). Implementing Deep Learning in Elementary Education: A case Study on Mathematics. Journal of Educational Research, 15(4), 110–120.
  6. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.
  7. OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
  8. Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods (3rd ed.). SAGE Publications.
  9. Setiawan, B., & Nugroho, S. (2022). The integration of technology in Indonesian primary education: Challenges and opportunities. International Journal of Educational Technology, 8(1), 22–35.
  10. Simarmata, J., et al. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 54–67.
  11. Suryani, N., & Mulyadi, Y. (2020). Technological Literacy in Primary Education: A Necessity for 21st-Century Skills. Journal of Education and Learning, 12(3), 78–88.
  12. Suryani, S., Zainudin, M., & Anggraini, A. E. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Canva untuk Menumbuhkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 10(2), 104–115. http://dx.doi.org/10.29210/1202424682
  13. Wang, Y., Li, X., & Zhang, X. (2021). Enhancing Creativity in Mathematics Learning through Interactive Technology. Journal of Mathematical Thinking, 5(2), 45–58.
  14. Yulianti, F., & Setiawan, B. (2020). Deep Learning in Mathematics Education: A Critical Review. Journal of Innovative Education, 9(3), 99–110.

Most read articles by the same author(s)