Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Asesmen autentik masih cenderung dihindari oleh para guru dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan asesmen belum memberikan dampak dalam pembelajaran sepanjang hayat. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan asesmen autentik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Metode: edukasi dan pelatihan. Hasil: Hasilnya, guru-guru sudah mampu mengembangkan asesmen autentik dengan cukup baik. Kecermatan guru dan kreativitas ide tentu perlu ditingkatkan lagi dengan latihan yang intensif dalam mengembangkan daftar tugas maupun rubrik penilaian khususnya untuk asesmen kinerja. Kesimpulan: Para guru sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi dan pelatihan asesmen autentik dan kegiatan mampu merubah paradigma guru tentang asesmen autentik untuk memberikan dampak pembelajaran sepanjang hayat.


 

Keywords

Asesmen Autentik Edukasi Merdeka Belajar Pembelajaran Sepanjang Hayat

Article Details

How to Cite
Mashfufah, A., Pristiani, R., Ekawati, R., Mufida, N. F. Z., Mariani, S., & Utama, C. (2024). Edukasi Asesmen Autentik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mendukung Merdeka Belajar dan Pembelajaran Sepanjang Hayat. Jurnal SOLMA, 13(3), 1968–1976. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.15924

References

Read More