Main Article Content

Abstract

Background: Transformasi digital menuntut pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mampu beradaptasi dalam strategi pemasaran berbasis media sosial. Salah satu platform yang sangat diminati adalah TikTok karena kemampuannya menjangkau audiens luas melalui konten visual dan interaktif. Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi implementasi pemanfaatan TikTok sebagai media pemasaran digital oleh pelaku UMKM pengrajin ukiran kayu di Desa Petekeyan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Metode: Metode yang digunakan mencakup observasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi yang berlangsung selama tiga bulan dengan 18 peserta. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa sebelum intervensi, pemahaman pelaku UMKM terhadap penggunaan TikTok sangat rendah (25%). Setelah pelatihan dan pendampingan, terjadi peningkatan signifikan hingga 100% dalam aspek pemahaman, keterampilan membuat konten, dan motivasi untuk menggunakan TikTok secara aktif sebagai media promosi. Evaluasi juga menunjukkan tingkat kepuasan mitra yang tinggi terhadap program pendampingan ini. TikTok terbukti menjadi alat promosi yang efektif dan efisien, terutama untuk produk berbasis kearifan lokal seperti ukiran kayu. Platform ini mendukung keterlibatan emosional dengan konsumen dan membangun citra brang secara digital. Pendampingan ini merekomendasikan diadakannya kegiatan pelatihan berkelanjutan dan pendampingan digitalisasi pemasaran sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital. Kesimpulan: Hasil kegiatan dapat dijadikan model implementatif bagi wilayah lain dengan karakteristik serupa untuk mendorong transformasi digital sektor UMKM secara berkelanjutan.

Keywords

Pelatihan Pemasaran Digital Promosi Produk TikTok Ukiran Kayu UMKM Pelatihan Pemasaran Digital Promosi Produk TikTok Ukiran Kayu UMKM

Article Details

How to Cite
Andriani, E., Fajrie, N., Hudaya, A. Z., Widagdo, J., & Purwaningrum, J. P. (2025). Pendampingan Implementasi Pemanfaatan Tiktok sebagai Media Pemasaran Efektif untuk UMKM di Desa Petekeyan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Jurnal SOLMA, 14(3), 2980–299`1. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20205

References

  1. Amalia, N., Ghifari, S. W., Salsabiil, K. P., Erwindo, E., Arianto, N., & Sudaryana, Y. (2024). Manajemen Pemasaran dan Pentingnya Sosial Media untuk Produk UMKM Pondok Pesantren Assyifa Kecamatan Parung Bogor. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 380–386. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.1061
  2. Ayokunmi, L. A., Abu Seman, N. A., Rashid, U. K., & Mohamad, A. (2025). The Role of Social Media Marketing as an ICT Tool in Improving Supply Chain Sustainability of SMEs: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, 253, 1392–1401. https://doi.org/10.1016/j.procs.2025.01.201
  3. Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez). Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(1), 26. https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284
  4. Budiarti, A. (2025). Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Influencer UMKM Batik Ngejreng Di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 161–168. https://doi.org/10.56145/ekobis.v5i1.307
  5. Cao, G., & Weerawardena, J. (2023). Strategic Use of Social Media in Marketing and Financial Performance: The B2B SME Context. Industrial Marketing Management, 111, 41–54. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2023.03.007
  6. Crupi, A., Del Sarto, N., Di Minin, A., Gregori, G. L., Lepore, D., Marinelli, L., & Spigarelli, F. (2020). The digital transformation of SMEs – a new knowledge broker called the digital innovation hub. Journal of Knowledge Management, 24(6), 1263–1288. https://doi.org/10.1108/JKM-11-2019-0623
  7. Handayani, S. F., & ER, M. (2019). Kemampuan Non-Teknis Manajemen Anteseden dan Proses Bisnis dalam Implementasi Media Sosial untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Procedia Computer Science, 161, 1114–1121. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.223
  8. Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173
  9. Misau, M. A. (2023). Revisiting the Concept of Human Resource Management. Global Academic Journal of Economics and Business, 5(03), 48–54. https://doi.org/10.36348/gajeb.2023.v05i03.002
  10. Mudjahidin, M., Aristio, A. P., Balbeid, N. H., & Junaedi, L. (2024). Pengaruh Intensitas dan Kompetensi Penjualan Media Sosial terhadap Peningkatan Kepuasan Kinerja Usaha pada UMKM. Procedia Computer Science, 234, 869–875. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.03.074
  11. Priyono, M. B., & Sari, D. P. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 497–506. https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865
  12. Rimadias, S., Alvionita, N., & Amelia, A. P. (2021). Using TikTok in Social Media Marketing to Create Brand Awareness, Brand Image, and Brand Loyalty on Tourism Sector in Indonesia. The Winners, 22(2). https://doi.org/10.21512/tw.v22i2.7597
  13. Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116–126. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126
  14. Verhoef, P. C., Broekhuizen, T., Bart, Y., Bhattacharya, A., Qi Dong, J., Fabian, N., & Haenlein, M. (2021). Digital transformation: A multidisciplinary reflection and research agenda. Journal of Business Research, 122, 889–901. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.022
  15. Wilujeng, I. P., Zutiasari, I., Dewi, Dr. T. S., Sungkar, A. R., & Gandono, A. L. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Batik Tulis di Lingkungan Cungking, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(5), 1203–1212. https://doi.org/10.54082/jamsi.1350