Main Article Content
Abstract
Background: Minimnya pengetahuan disabilitas netra terkait pasar digital memunculkan gagasan pendeketan inovatif netra dalam konteks era Society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada penerima manfaat sensorik Netra yang memanfaatkan apilkasi Tokopedia sebagai fasilitias pemasaran produk dan toko online. Metode: Sosialisasi dan pelatihan kepada penerima manfaat sensorik Netra yang bertempat di PPSDN Pendowo Kudus dengan 35 peserta, serta pengambilan data yaitu observasi secara langsung. Hasil: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga tentang cara mengintegrasikan individu dengan disabilitas dalam evolusi Masyarakat society 5.0, mempromosikan aksebilitas, dan meningkatkan literasi digital mereka untuk mencapai kualitas SDM yang lebih baik. Kesimpulan: Terbentuknya toko online “Gadis Dansa Official” pada aplikasi Tokopedia yang memasarkan hasil karya penerima manfaat sensorik Netra dan pegawai PPSDN Pendowo Kudus sebagai pendamping dalam segala kegiatan yang dilakukan penerima manfaat.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan umkm melalui pelatihan blog. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 1-7.
- Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. Bayfa Cendekia Indonesia.
- Kemenkominfo, Japelidi, & Siberkreasi. (2021). Aman Bermedia Digital. Https://Literasidigital.Id/Books/Modul-Aman-Bermedia-Digital/
- Laudon, K., Dan Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition, 11/E. Pearson Higher Education, 2009.
- Mangkunegara, Anwar P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi-Ui
- Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1), 109-126.
- Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
- Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness. 3(1), 1–20.
- Pramesti, A. R. (2011). Penyesuaian Diri Remaja Tuna Netra Dalam Menghadapi Lingkungan Yang Baru. Diakses Dari: Http://Eprints.Ums.Ac.Id
- Pratiwi, N., Rismayadi, B., & Pertiwi, W. (2023). Analisis Kebutuhan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kreativitas Sumber Daya Manusia Pada Industri Kecil Menengah Di Kab. Karawang Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Karawang. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(5), 4667-4675.
- Reefani, N. K. (2013). Panduan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Imperium.
- Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia Dalam Persaingan Antar E-Commerce Dengan Analisis Swot. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397-3404.
- Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 2(2), 98-105.
- Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380-12394.
- Tanto, A. R., & Malau, R. M. U. (2022). Analisis Literasi Digital Guru Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri A Pajajaran Kota Bandung. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 224-236.
References
Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan umkm melalui pelatihan blog. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 1-7.
Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. Bayfa Cendekia Indonesia.
Kemenkominfo, Japelidi, & Siberkreasi. (2021). Aman Bermedia Digital. Https://Literasidigital.Id/Books/Modul-Aman-Bermedia-Digital/
Laudon, K., Dan Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition, 11/E. Pearson Higher Education, 2009.
Mangkunegara, Anwar P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi-Ui
Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1), 109-126.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness. 3(1), 1–20.
Pramesti, A. R. (2011). Penyesuaian Diri Remaja Tuna Netra Dalam Menghadapi Lingkungan Yang Baru. Diakses Dari: Http://Eprints.Ums.Ac.Id
Pratiwi, N., Rismayadi, B., & Pertiwi, W. (2023). Analisis Kebutuhan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kreativitas Sumber Daya Manusia Pada Industri Kecil Menengah Di Kab. Karawang Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Karawang. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(5), 4667-4675.
Reefani, N. K. (2013). Panduan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Imperium.
Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia Dalam Persaingan Antar E-Commerce Dengan Analisis Swot. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397-3404.
Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 2(2), 98-105.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380-12394.
Tanto, A. R., & Malau, R. M. U. (2022). Analisis Literasi Digital Guru Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri A Pajajaran Kota Bandung. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 224-236.