Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kebutuhan pendampingan dan penggunaan media sosial dalam rangka promosi dan pemasaran usaha jamur tiram putih pada petani perempuan. Studi ini bertujuan untuk melakukan digitalisasi dalam pemasaran produk jamur tiram putih di Desa Kandangmas melalui pemanfaatan aplikasi Instagram yang kekinian Metode: Analisis situasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil: Pelatihan ibu-ibu PKK Desa Kandangmas yang menjadi petani perempuan dengan usaha budidaya jamur tiram putih di Desa Kandangmas terkait pentingnya pemasaran digital, kelebihan Instagram sebagai media pemasaran digital, cara membuat akun Instagram, dan cara mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram Business. Kesimpulan: Kegiatan ini dapat membuka wawasan petani perempuan yang menjadi pengusaha jamur tiram putih di Desa Kandangmas terkait pemasaran digital melalui aplikasi Instagram dan dapat menerapkan serta memanfaatkan aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords

Aplikasi Instagram Jamur tiram putih Pemasaran digital

Article Details

How to Cite
Purwaningrum, J. P., Bhakti, S., & Murrinie, E. D. (2024). Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Aplikasi Instagram sebagai Media Pemasaran bagi Petani Perempuan Jamur Tiram Putih di Desa Kandangmas Kabupaten Kudus. Jurnal SOLMA, 13(2), 1097–1106. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15128

References

  1. Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451-466.
  2. Cahyana, Y. M. (2002). Jamur Tiram. Penebar Swadaya, 63.
  3. Hamzah, D. N. (2013). Pemanfaatan Internet sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal oleh Kalangan Usaha di Kota Makassar. Kareba : Jurnal Ilmu Komunikasi, 30-40.
  4. Handayani, S. G. (2020). Pelatihan dan Pendampingan dalam Pengabdian dan Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Homemade dengan Media Sosial di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 299-304.
  5. Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Bisnis Isalm , 264.
  6. Purwaningrum, J. F. (2022). Pemanfaatan Penggunaan Digital Marketing Pada Usaha Kelompok Pengrajin Ornamen Tempel Ukir Tanah Liat di Desa Mayong Lor, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jurnal Akses pengabdian Indonesia, 9-14.
  7. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
  8. Rachmadi, T. &. (2020). The Power Of Digital Marketing . Tiga Ebook.
  9. Ramadan, A. &. (2021). Efektivitas instagram sebagai Media Promosi Produk "Rendang Uninam". Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 64-84.
  10. Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  11. Rini, E. S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Promosi Produk Hasil Kerajinan Dynler (Dainy Leather). WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 118-123.
  12. Soelaiman, L. &. (2021). Instagram dan Dampaknya Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 124-133.
  13. Tatarina, W. A. (2017). Dampak Media Sosial Instagram @jaklib_cikini sebagai Media Promosi Perpustakaan Umum daerah provinsi DKI Jakarta Cikini. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 351-360.
  14. Yap, E. Y. (2002). Enabling E-Commerce Growth Through the Social Construction of a Virtual Community's Culture. Journal of Electronic Commerce Research, 279-294.

Most read articles by the same author(s)