Main Article Content

Abstract

Background: Mahasiswa yang berasal dari keluarga ekonomi terbatas kerap menghadapi beban finansial yang signifikan selama menjalani pendidikan tinggi. Dompet Dhuafa Jawa Tengah menginisiasi Program Kantin Kontainer melalui pengelolaan zakat produktif, yakni pemberian modal usaha yang dijalankan langsung oleh mahasiswa. Program ini bertujuan mendorong kemandirian, sehingga mahasiswa tidak hanya sebagai penerima bantuan secara pasif, tetapi turut berperan aktif dalam kegiatan pemberdayaan. Metode: Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah proses identifikasi masalah, analisis masalah, penentuan tujuan, perencanaan tindakan, implementasi, serta evaluasi. Hasil: Implementasi pemberdayaan mahasiswa melalui Program Kantin Kontainer di UIN Walisongo Semarang dimulai melalui tahap analisis terhadap kebutuhan mahasiswa yang berasal dari keluarga prasejahtera, namun mempunyai kapasitas akademik sekaligus ketertarikan di bidang kewirausahaan. Dampak yang ditimbulkan yaitu dampak ekonomi, dampak sosial, dampak psikologis, dan dampak spiritual. Kesimpulan: Program Kantin Kontainer di UIN Walisongo Semarang efektif memberdayakan mahasiswa melalui pengelolaan zakat produktif. Program ini meningkatkan kemandirian ekonomi, keterampilan kewirausahaan, serta membentuk karakter sosial dan spiritual mahasiswa. Secara keseluruhan, Kantin Kontainer menjadi model inovatif pemberdayaan berbasis zakat yang mendukung pembangunan berkelanjutan di perguruan tinggi.

Keywords

Dompet dhuafa Kantin kontainer Pemberdayaan mahasiswa Dompet dhuafa Container canteen Student empowerment

Article Details

How to Cite
Mudawamah, M., Riadi, A., & Karim, A. (2025). Pemberdayaan Mahasiswa Melalui Program Kantin Kontainer oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah di UIN Walisongo Semarang. Jurnal SOLMA, 14(3), 3722–3733. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20078

References

  1. Anwar, N., & Darussalam, A. Z. (2024). Filantropi Islam melalui Program Kerja Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Sulawesi Selatan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 155–174.
  2. Firmansyah, Y., Sukarno, H., & Masruroh, N. (2024). The Productive Zakat in Empowering Mustahik Entrepreneurship. The Es Economics and Entrepreneurship. https://doi.org/10.58812/esee.v2i03.233
  3. Fossey, R., & Bateman, M. (2001). Condemning Students to Debt: College Loans and Public Policy. The Journal of Higher Education, 72, 506–507. https://doi.org/10.1080/00221546.2001.11777111
  4. Hadi, R., & Hidayatulah, A. (2023). Optimalisasi Manajemen Pelayanan Gerai Sehat di Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 5(1), 59–78.
  5. Haveman, R., & Smeeding, T. (2006). The Role of Higher Education in Social Mobility. The Future of Children, 16, 125–150. https://doi.org/10.1353/FOC.2006.0015
  6. Hayati, A. K. (2018). Dampak Keberadaan Komplek Pelajar Tijue terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Studi di Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  7. Ibrahim, N. S., & Sudjana, N. (2001). Penelitian dan penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 47.
  8. Karunia, S. O. F., & Amir, F. (2024). Productive zakat distribution in improving mustahik welfare: CIBEST model approach. Journal of Enterprise and Development. https://doi.org/10.20414/jed.v6i2.9723
  9. LeliNurjanah, P. (n.d.). Dampak Program Pendayagunaan Zakat ProduktifBerdasarkanIndeksKesejahteraanBaznasStudi Pada Baznas Kota Tangerang Selatan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.
  10. Lilawati, R. A. (2023). Building Entrepreneurial Spirit through Saturday Canteen Activities at Elementary School. EDUTEC : Journal of Education And Technology. https://doi.org/10.29062/edu.v7i1.731
  11. Mizan, M. (n.d.). Memandirikan Mustahik Zakat (Studi Kasus Institut Kemandirian Pada Dompet Dhuafa Jawa Tengah).
  12. Muhtadi, M. (2020). Pengaruh Peran Lembaga Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa dalam Pengelolaan Zakat untuk Kemandirian Penerima Manfaat Program. 40, 1–14. https://doi.org/10.21580/jid.v40.1.4852
  13. Nasution, F. M., & Nawawi, Z. (2022). Peran Dompet Dhuafa Waspada Dalam Memberikan Program Pendidikan Kepada Anak-Anak Kurang Mampu di Kota Medan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.1312
  14. Nuraini, A., Kusmulyono, M. S., Ratna, F. Y., Septina, N., Bhinekawati, R., Asgha, B., Sijabat, R., Handoko, R., Jahroh, S., & Kusuma, S. E. (2019). Menggagas Pembelajaran Kewirausahaan Sosial. Penerbit Atma Jaya.
  15. Rosyadi, M. F. (2024). Pengelolaan Zakat Online Di Lembaga Dompet Dhuafa Jawa Tengah (Studi Kasus Di Kota Semarang). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
  16. Sa’diyah, I. H. (2018). Proses penentuan kriteria mustahik zakat dan pendistribusiannya di Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Semarang Universitas Islam Negri Walisongo.
  17. Suyatno, M. I. Y., Kusumawardani, A., & Suyatno, P. D. L. (2024). Implementasi Pengelolaan Digital Dana ZIS untuk Stabilisasi Perekonomian Desa Binaan Dompet Dhuafa Jawa Tengah: Studi Kasus Demak, Jawa Tengah. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 4(4), 742–762.
  18. Witteveen, D., & Attewell, P. (2019). Social Dimensions of Student Debt: A Data Mining Analysis. Journal of Student Financial Aid. https://doi.org/10.55504/0884-9153.1683
  19. Zubaedi, M. A. (2016). Pengembangan masyarakat: wacana dan praktik. Kencana.
  20. Zulfikar, A. R. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Padafollowers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(02), 279–294.