Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan teknologi menuntut seorang guru untuk selalu mengupdate segala perkembangan khususnya kepentingan pendidikan. Tujuan utama dalam pelatihan dan pembuatan web sederhana bagi para guru di SMA Negeri 3 Borong dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk membuat website sederhana khususnya untuk kebutuhan pembelajaran. Metode: Metode yang digunakan ceramah dan praktek yang meliputi: perencanaan, pelatihan, implementasi pelatihan, pendampingan, evaluasi pelaksanaan program, evaluasi keberlanjutan program. Hasil: Berdasarkan kuesioner menunjukkan 73,7% peserta merasa puas dan pelatihan yang diselenggarakan sesuai dengan harapan, 78,9% peserta menyatakan bahwa pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan, menambah pengetahuan, dan adanya tindak lanjut yang baik terhadap permasalahan yang dihadapi peserta, serta 68,4% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini menambah keterampilan, memberikan dampak perubahan pada diri peserta, dan berharap adanya pelatihan lanjutan. Kesimpulan: Pelatihan pembuatan Microsite bagi guru di SMA Negeri 3 Borong mendapat respon dan dampak yang baik bagi guru, setiap guru memiliki akun microsite pribadi, yang nantinya dapat berdampak terhadap kinerja guru semakin meningkat.

Keywords

Pelatihan Aplikasi Microsite Pembelajaran Training Microsite Application Learning

Article Details

How to Cite
Danu, A. K., Momang, H. D., Warung, Y. E., & Sii, P. (2025). Penguatan Kompetensi Digital Guru melalui Pelatihan Penggunaan Microsite sebagai Inovasi Pembelajaran di SMA Negeri 3 Borong. Jurnal SOLMA, 14(3), 3363–3372. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.19587

References

  1. Aflah, Nur, M., & Fitriah. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran. Solma, 14(2), 2782–2787. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18264
  2. Arifiyani, F. C., & Pramaditya, H. (2023). Peningkatan Efektivitas Pemasaran pada Usaha Retail melalui Digitalisasi Katalog Dengan Microsite. Journal of Information System and Application Development, 1(1). https://doi.org/10.26905/jisad.v1i1.9860
  3. Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2). https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
  4. Divina, P. A. (2023). Pelatihan Pembuatan SID Web Profile Terintegrasi Metaverse Sebagai Alternatif Digitalisasi Belajar Era Pendidikan 5.0. Solma, 12(3), 1411–1421. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13247
  5. Hayu, R., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Materi Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 553–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8568
  6. Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100
  7. Lestari, R., & Sari, D. (2021). Mentoring sebagai strategi peningkatan literasi digital guru sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 5(2), 85–93.
  8. Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2). https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
  9. Mahmuzah, R., Zahara, Y., Ardian, Z., Ramadhana, S., & Suhaila, R. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka pada MGMP Matematika Tingkat SMP Se-Kota Lhokseumawe. Solma, 14(1), 514–523. https://doi.org/10.2236/solma.v14i1.16890
  10. Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management &Administration Review, 4(1).
  11. Nurfalah, E., & Rahayu, P. (2023). Microsite-Based Mathematical Statistics Educational Media to Increase Student Study Motivation after the Covid-19 Pandemic. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 7(1). https://doi.org/10.26740/jrpipm.v7n1.p67-74
  12. Septyana, T., Rizkia Pangestika, R., Latifah, E. D., Ayuningtyas, P., Lemba, V. C., Hartono, R., & Penulis, & T. (2023). Perkembangan Peserta Didik. Widina Bhakti Persada.
  13. Setia Adi, B. P., Atiqoh, A., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan : Riset ddan Konseptual, 7(4). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.851
  14. Situmorang, R. (2022). Alternatif meningkatkan kompetensi pedagogik guru: Dukungan mentoring dalam konteks pembelajaran digital. Konstelasi: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 10(3), 45–60. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5619
  15. Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
  16. Yuliana, M. (2022). Forum Diskusi sebagai Sarana Peningkatan Literasi Digital Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 50–60.

Most read articles by the same author(s)