Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Penelitian PKM Prodi ini membahas pelatihan penggunaan multimedia kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran bagi para guru. Peran multimedia dalam Pendidikan menjadi hal yang semakin penting demi mempertegas capaian pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada para guru di SMK Elanus Karot Ruteng dalam pemanfaatan aplikasi multimedia pembelajaran berbasis AI. Penelitian ini berfokus pada pelatihan guru di SMK Elanus Ruteng dalam penggunaan aplikasi multimedia pembelajaran berbasis AI yang berjumlah 18 orang dan akan berlangsung selama 3 hari kegiatan. Metode: Metode dalam penelitian yaitu: perencanaan pelatihan, implementasi pelatihan, pendampingan evaluasi pelaksanaan program, evaluasi keberlanjutan program. Hasil: Guru berhasil mengembangkan materi ajar dalam bentuk power point, cerita pendek, grafik, gambar dan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi AI yang menunjang materi pelajaran lebih menarik. Guru berhasil meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan internet, sehingga berdampak pada peningkatan partisipasi dan pemahaman materi bagi siswa. Kesimpulan: Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa para guru berkolaborasi menjadi lebih inovatif dan dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang berpengaruh bagi pendidikan. Kolaborasi kecerdasan buatan ini pun, tentunya wajib disesuaikan dengan referensi-referensi yang valid dan terbarukan sesuai dengan kebutuhan materi.

Kata Kunci

Pelatihan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Artificial Intelligency Training Multimedia application Learning Artificial intelligence

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Danu, A. K., Dwianot Momang, H., Yuliantari, A. P., Sii, P., & Rampung, B. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Multimedia Pembelajaran berbasis Artificial Intelligency (AI) Guru SMK Elanus Ruteng. Jurnal SOLMA, 13(2), 907–920. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14775

Referensi

  1. Brown, J. S., Collins, A., & Harris, G. (1978). Artificial Intelligence and learning strategies. In Learning strategies (pp. 107-139). Academic Press.
  2. Karyadi, Bambang. 2023. “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri”. Universitas Ibn Khaldun. Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843
  3. Mashud Syahroni (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
  4. Munir. (2012). “Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan”. Bandung: Alfabeta.
  5. Pratama. Rahmad Aditya, Supani. Ahyar & Firdaus, Ali. (2022). “Pemanfaatan Media Pembelajaran 3 Dimensi Untuk Materi Kecerdasan Buatan Dalam Mata Kuliah Kecerdasan Buatan,”. Palembang. Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer, 2(1).
  6. Sinsuw, A. A.E., & Sambul, A.M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP.Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6 (3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18070.
  7. Suhirman. 2009. “Pembelajaran Berbasis Multimedia”. (2009). Bandung: Alfabeta.
  8. Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, I I (1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama