Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kemajuan biologi molekuler membuka peluang besar dalam riset genomik, berdampak luas pada bidang kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Diperlukan peningkatan keterampilan sivitas akademika dalam pengoperasian alat laboratorium biomolekuler. Metode: Pelatihan dilakukan melalui pendekatan teori dan praktik langsung (hands-on training), dengan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil: Terdapat peningkatan signifikan pada skor post-test, terutama dalam penerapan alat untuk riset. Peserta menunjukkan peningkatan pemahaman, khususnya dalam aspek teknis penggunaan alat. Kesimpulan: Pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi laboratorium peserta. Direkomendasikan pelatihan lanjutan dan pendampingan rutin untuk memperkuat keterampilan riset biologi molekuler secara berkelanjutan.

Keywords

Biologi Molekuler Hands-on Training Laboratorium Biomolekuler Pelatihan Laboratorium

Article Details

How to Cite
Mahfut, M., Wandono, P. T. A., Ismail, I., Anbiya, L., Arsitalia, M., Sari, V. D. A., & Asadudin, D. (2025). Pelatihan Analisis Genomik Melalui Pengenalan dan Penggunaan Peralatan di Laboratorium Biomolekuler, Universitas Lampung . Jurnal SOLMA, 14(2), 2121–2130. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18363

References

  1. Anderson, M., & Clark, J. (2021). Gender Differences in Learning Outcomes from Laboratory Training: A Comparative Study. Journal of Science and Education, 48(1), 75-92.
  2. Brown, R., & Johnson, T. (2020). Gender Differences in Laboratory Training and Skill Acquisition in Scientific Research. Journal of Science Education, 45(3), 112-128.
  3. Iman. (2025). Cleaver Scientific Adakan Pelatihan Penggunaan Alat Laboratorium Terbaru kepada Dosen dan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unila. https://be1lampung.com/propinsi/cleaver-scientific-adakan-pelatihan-penggunaan-alat-laboratorium-terbaru-kepada-dosen-dan-mahasiswa-jurusan-biologi-fmipa-unila. Tanggal akses: 16 februari 2025.
  4. Irawan, I. (2019). Tiga Dosen Unila Teliti Kawasan Konservasi Anggrek Alam Kebun Raya Liwa. https://kupastuntas.co/2019/12/17/tiga-dosen-unila-teliti-kawasan-konservasi-anggrek-alam-kebun-raya-liwa. Tanggal akses: 9 Februari 2025.
  5. Mahfut. (2023a). Identification of Native Dendrobium Based on Morphological and Anatomical Characters in Liwa Botanical Garden. In: Tropical Plant Species and Technological Interventions for Improvement. Editor(s) Muhammad Sarwar Khan. Intech Open Publisher, 1-13.
  6. Mahfut. (2023b). Konsep Konservasi Anggrek Alam Di Kebun Raya Liwa Berbasis Tiga Bidang Ilmu (Biologi, Proteksi Tanaman, dan Kecerdasan Buatan). In: Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Daya Saing Lampung. Editor(s) Admi Syarif. Pusaka Media, 113-133.
  7. Mahfut, Handayani, TT., Wahyuningsih, S., & Ernawiati, E. (2020). Pemanfaatan Onggok Sebagai Pakan Alternatif Usaha Peternakan Dan Perikanan Di Desa Tambah Dadi, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur. Jurnas Pengamas, 3(2), 139-145.
  8. Mahfut, Handayani, TT., Wahyuningsih, S., & Sukimin. (2021). Identifikasi Penyakit Anggrek di Kebun Raya Liwa. Graha Ilmu, 83.
  9. Mahfut, Heningtyas, Y., & Sukimin. (2021). Penerapan Teknologi Kesehatan Tepat Guna di Era Industri 4.0 dalam Perlindungan Anggrek Alam Terhadap Infeksi Penyakit di Kebun Raya Liwa. Jurnal SOLMA, 10(01), 133-140.
  10. Mahfut, Syarif, A., Tripeni Handayani, T., Wahyuningsih, S., Muludi, K., & Irfan Ardiansyah, M. (2023). Implementasi Aplikasi Sistem “Pakar Anggrek” Berbasis Android Di Kebun Raya Liwa. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 799–804.
  11. Mahfut & Wahyuningsih, S. (2019). Pengenalan Teknik Budidaya Kelengkeng Super Sleman Berbasis Lingkungan. Jurnal SOLMA, 8(2), 201-209.
  12. Mahfut & Yulianty. (2019). Chili Cultivation Technique Using Fermentation of Liquid Organic Fertilizer as Catfish Waste Utilization in Tasik Madu Village, Merbau Mataram. Pelita Eksakta, 2(2), 164-171.
  13. Marjunus, R., Pandiangan, K.D., Amanto, Mahfut, Heningtyas, Y., dan Satria, H. (2023). Peningkatan Kualitas Pemahaman Konten dan Teknik Pengajaran Mata Pelajaran Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, dan Teknologi Informasi Komputer (TIK). Jurnal SOLMA., 12(1), 204–211.
  14. Muslimin, Mahfut, Andriani, L., & Humaizah, F. (2023). Pendampingan Desa Devisa Melalui Budidaya Pisang Cavendish Di Desa Batanghari Ogan, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 360-366.
  15. National Human Genome Research Institute. (2023). Advancements in Genomic Research and Its Applications. NHGRI Publications. https://www.genome.gov.
  16. Rahmawati, D., Santoso, A., & Hidayat, T. (2021). Challenges in Molecular Biology Laboratory Training: Impact on Research and Innovation in Biotechnology. Journal of Biotechnology and Molecular Research, 15(2), 112-125.
  17. Smith, A., Doe, J., & Lee, K. (2021). Impact of Hands-on Training on Laboratory Skill Development: A Gender-Based Analysis. International Journal of STEM Education, 8(2), 57-72.
  18. Williams, P., Smith, L., & Taylor, R. (2022). The Impact of Hands-on Training on Laboratory Skills Development in Higher Education. International Journal of STEM Education, 9(2), 134-150.
  19. World Health Organization. (2022). Strengthening Molecular Biology Laboratories for Genomic Research in Developing Countries. WHO Technical Report Series. https://www.who.int.
  20. Zamroni, Putri, TE, & Prihandoko, SW. (2021). Laporan Tahunan Balai Besar POM di Bandar Lampung. Badan POM, 1-74.