Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Program pengabdian ini bertujuan membantu CV. Sabila Craft Batam, perusahaan kerajinan yang belum memiliki sistem pencatatan dan analisis data penjualan yang terstruktur. Akibatnya, pengambilan keputusan bisnis masih bersifat intuitif. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengelola data dan menganalisis tren pasar guna mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat. Metode: Pendekatan yang digunakan bersifat edukatif-partisipatif melalui pelatihan, pendampingan teknis, dan simulasi studi kasus. Peserta dilatih menggunakan perangkat lunak sederhana untuk pencatatan penjualan dan analisis data. Hasil: Terdapat peningkatan pemahaman dalam pencatatan dan analisis data. CV. Sabila Craft mulai membentuk sistem pencatatan yang lebih rapi serta strategi pemasaran berbasis data. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan analisis data, sehingga CV. Sabila Craft lebih siap bersaing dan mengambil keputusan bisnis secara terukur.

Keywords

Data Keputusan Bisnis Kerajinan Tren Pasar

Article Details

How to Cite
Handayani, V. A., Wibowo, S. A., Rahman, T., Anggraeni, A. S., Sulistyono, E., Hayati, N., Lunardi, L., & Asikin, N. (2025). Peningkatan Kapasitas Pengolahan Data Penjualan dan Analisis Tren Pasar untuk Optimalisasi Strategi Bisnis di CV Sabila Craft Batam. Jurnal SOLMA, 14(2), 2194–2202. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18357

References

  1. Andika, A., Fadhilah, M., & Lukitaningsih, A. (2021). Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Orientasi Pasar, Kreativitas Produk dan Inovasi Produk Pada IKM Kerajinan Kabupaten Bantul Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(2), 511. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.257
  2. Arief Herdiansah, Ri Sabti Septarini, Nofitri Heriyani, Ali Firdaus, Jefry Arizky, N. S. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Kalung Masker Di Kelurahan Batuceper. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(1), 138–145.
  3. Asyifah, A., Syafi’i, A., Hanipah, H., & Ispiyani, S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Online. Action Research Literate, 7(10), 70–75. https://doi.org/10.46799/arl.v7i10.188
  4. Az-zahra, A. P., Gunsa, F. A., & Salsabila, N. Q. (2024). Potensi Ekspor Kerajinan Makrame Buatan Indonesia di Pasar Amerika Serikat. 3(2019), 1240–1251.
  5. Derajad Wijaya, H. (2024). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kinerja Perusahaan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1279–1289.
  6. Esabella, S., Satru, W., & Haq, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Data Penjualan Sembako Berbasis Dekstop Untuk Ud. Kerta Mandala Sumbawa Besar. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 3(1), 294–300. https://doi.org/10.51401/jinteks.v3i1.982
  7. Gusmiadi, F., Yasin, I., Penulis, N., Finki, K. :, & Submited, G. (2023). Perancangan Sistem Pengelolaan Data Piutang pada PT Atosim Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(2), 121–126.
  8. Kusumawardani, N., Meidasari, E., & Sukmasari, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Wirausaha Ekonomi Kreatif Bagi Siswa Kejuruan Melalui Produk Kerajinan Tangan. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 478–482. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.166
  9. Megawaty, M., Hendriadi, H., Toaha, M., Al Kausar, A. K., Ramli, A. H., & Mariam, S. (2024). Pendampingan Peningkatan Kapasitas Usaha Kerajinan Kue Tradisional di Kelurahan Lembo. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 299–304. https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3791
  10. Prastiwi, L. F., Dwiputri, I. N., Annisya’, A., & Handayani, S. (2022). Peningkatan produktivitas kerajinan tangan pirografi berbasis digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 141. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13707
  11. Santoso, D. B., Razaq, J. A., & Amin, F. (2023). Optimasi Konten Website SEO Friendly Bagi Persatuan Penyandang Difabel Indonesia (PPDI) Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.35315/intimas.v3i1.9214
  12. Serlina Nela Moni, Putri Sidebang, Maria Imakulata Kwuta, Niat, Ahmad Saiful, S. (2024). Strategi Pengembangan Industri Kerajinan Tangan Lokal Kalimantan Tengah (Studi Kasus Kota Palangka Raya). Ekonomi, Jurnal Akuntansi, Manajemen, 1192, 304–317.
  13. Suhaeni, T. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.992
  14. Wibowo, S. A., & Asmarawati, C. I. (2023). Analisa Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada Home Industry Di Batam. Metode: Jurnal Teknik …, 9(2), 74–84.
  15. Wibowo, S. A., Hernando, L., Handayani, V. A., Alrasyidin, A. A., & Septiansyah, G. (2023). Pemanfaatan Teknologi Mobile Untuk Meningkatkan Pengelolaan Manajemen Posyandu Tulip 9 Tiban Ayu Batam. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 3369–3374.

Most read articles by the same author(s)