Main Article Content

Abstract

Pembelajaran berbantuan komputer sangat baik untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika. Berbagai program komputer telah dikembangkan dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah Maple. Maple merupakan software matematika yang kemampuannya tidak hanya sebagai alat bantu komputasi biasa, namun Maple dapat digunakan sebagai alat bantu hitung untuk pembelajaran matematika, khususnya untuk materi matematika yang membutuhkan perhitungan yang rumit dengan berbagai macam notasi dan simbol yang harus digunakan. Maple dapat digunakan untuk memecahkan masalah matematika seperti aljabar, kalkulus, persamaan diferensial dan lain-lain. Selain itu, Maple juga menyediakan fasilitas untuk membuat grafik baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Untuk mengukur pemahaman dan minat siswa dalam menggunakan aplikasi Maple, tim pengabdi membagikan angket pretest dan posttest untuk melihat apakah ada peningkatan pemahaman dan minat siswa dalam belajar matematika menggunakan aplikasi Maple. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan minat siswa dalam menggunakan aplikasi Maple dalam pembelajaran matematika.

Keywords

Maple Minat Siswa Pemahaman Siswa

Article Details

How to Cite
Nabillah, F., Sulistyono , E., & Aprilla Handayani, V. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi MAPLE Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal SOLMA, 12(2), 415–424. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11236

References

  1. Agung, S. (2018). Pemanfaatan apliksi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 312–322.
  2. Ismail, A. D. (2016). Pemanfaatan Program Maple Dalam Penguatan Konsep Simbol Matematika. Jurnal AdMathEdu, 6(2).
  3. Junaidi. (2016). Penggunaan Software Maple dalam Pembelajaran Matematika Materi Integral. Jurnal VISIPENA, VII(2), 197–207.
  4. Maryanti, & Qadriah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis Matematik Siswa Smk Negeri 1 Sigli Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Maple. Jurnal Sains Riset, 9(2), 9–16. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i2.109
  5. Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
  6. Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose
  7. P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
  8. Putra, I. S., Islamiati, N., & Komalasari, L. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pembelajaran Theorema Pyhtagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 333–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.333-342
  9. Qodariyah, E., & Ismail, A. D. (2012). Pembelajaran Kalkulus Dengan Bantuan Maple. Jurnal Humanity, 8(1), 144–154.
  10. Rohman;, Syaifudin;, & Astiswijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173.
  11. Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.722
  12. Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
  13. Sylviani, S., Permana, F. C., & Rinjani, D. (2019). Penggunaan Maple dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Materi Integral. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i2.21681
  14. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
  15. Ulumuddin, D. I. I., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(1), 35–44.
  16. Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra, 5(meningkatkan presgtasi).