Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Perilaku hidup masyarakat modern dapat memicu stres akibat pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktifitas fisik, tidur yang tidak cukup, dan beban kerja yang semakin banyak. Upaya pengendalian stres dapat dilakukan dengan cara mendengarkan musik, mengobrol dengan teman, menonton film komedi, minum teh hijau, berolahraga, tidur dengan cukup, teknik pernapasan dalam, meditasi, menjalani hobi, bahkan membaca Al-Qur’an. Program ini bertujuan sebagai upaya pengendalian stres di masyarakat dengan cara membaca Al-Qur’an melalui metode DEMAJI. Metode: Edukasi dilakukan dengan metode ceramah. Peserta diminta mengisi pre test sebelum edukasi dan mengisi post test setelah edukasi dengan soal yang sama. Hasil: Kegiatan diikuti oleh 46 peserta dengan terbanyak pada kelompok usia 41-50 tahun (37%), jenis kelamin perempuan (74%), dan tingkat pendidikan SMA (46%). Hasil uji t berpasangan terdapat perbedaan signifikan (p-value=0,000) antara mean skor pre-test (78,26) dengan mean skor postest (89,13). Kesimpulan: Edukasi pengendalian stres dengan mengaji terbukti efektif meningkatkan pengetahuan peserta dalam mengendalikan stres.

Keywords

Al-Quran Mengaji Stres

Article Details

How to Cite
Abidin, Z., & Stujanna, E. N. (2025). Edukasi Pengendalian Stres dengan Mengaji Metode Demaji Pada Peserta Pos Sehatmu PCM/PCA Ciledug, Tangerang. Jurnal SOLMA, 14(2), 2838–2848. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18299

References

  1. Am, N. M. R. M. (2023). Analisa Metode Qiroah Untuk Keterampilan Membaca Al-Quran di Madrasah Diniyah Nurul Huda Dusun Endah Murni Kelurahan Bandar Sakti.
  2. Ashfaq, F., Hayee, S., Wali Muhammad, S., & Bint-e-Zainab, . (2023). A Study on Association of Stress Related Problems with Gastrointestinal Disorders in University Students. MARKHOR (The Journal of Zoology), 21–26. https://doi.org/10.54393/mjz.v4i01.66
  3. Bhargava, D., & Trivedi, H. (2018a). A Study of Causes of Stress and Stress Management among Youth. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 11(3), 108. https://doi.org/10.21013/jmss.v11.n3.p1
  4. Bhargava, D., & Trivedi, H. (2018b). A Study of Causes of Stress and Stress Management among Youth. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 11(3), 108. https://doi.org/10.21013/jmss.v11.n3.p1
  5. Canda, P., Cardenas, A., Hurtado, D. R., Vinas, M. C., Patino, M., Mendoza, R. G., Arbo, G., & Schejtman, A. (2023). Stress Anda Cardiovascular Disease. MEDICINA (Buenos Aires).
  6. Departemen Agama, R. (1989). Al-Qur’an Al Karim. CV. Toha Putra Semarang.
  7. Ganapathi, P., Aithal, P. S., & Kanchana, D. (2023). Stress Management: Concept, Approaches, and Analysis. International Journal of Management, Technology, and Social Sciences, 213–222. https://doi.org/10.47992/IJMTS.2581.6012.0319
  8. Hassoulas, A. (2021). The Role of Stress in Health and Disease. In A Prescription for Healthy Living (pp. 77–92). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-821573-9.00006-0
  9. Humaedah. (2021). Kisah-kisah Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal PAI Raden Fatah.
  10. Jusra, H., Heri, T., Hamka, J. T., Merdeka, K., Rambutan, P., Rebo, J., Timur, I., & Kunci, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an bagi Ibu-ibu Pengajian. Jurnal SOLMA, 10(01s), 2021.
  11. Kebijakan Pembangunan, B., Kementerian, K., & Ri, K. (2024). Survei Kesehatan Indoenesia 2023.
  12. Lakshmi, M. (2022). Stress and Stress Management: A Review. https://www.researchgate.net/publication/365488803
  13. Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72
  14. Musradinur. (2016). Stres dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi.
  15. Nugraheni, D., Mabruri, , Stanislaus, S., & Abstrak, I. A. (2018). Efektivitas Membaca Al-Qur’an Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa Kelas IX SMA Negeri 1 Kebumen. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
  16. Nugroho, A. Z. W., & Kusrohmaniah, S. (2019). Pengaruh Murattal Alquran Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Muslim di Yogyakarta. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(2), 108. https://doi.org/10.22146/gamajpp.50354
  17. Nurul Azizah, K., Prihatin Idris, F., Asrina, A., Kesehatan dan Keselamatan Kerja, P. K., Kesehatan Masyarakat, I., Kesehatan Masyarakat, F., Muslim Indonesia, U., Promosi Kesehatan, P., & Penulis Korespondensi, E. (2023). Hubungan Umur Dengan Stres Kerja Pada Pedagang New Makassar Mall Kota Makassar. In Window of Public Health Journal (Vol. 4, Issue 2).
  18. Program, L. H., Pendidikan, S., Anak, I., Dini, U., Al, S., & Tuban, H. (2018). Al-Quran Sebagai Sumber Kisah: Mengasah Keterampilan Memproduksi Kisah Bagi Pendidik Anak Usia Dini. Proceedings of The 3 Rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece3
  19. Rabbani, A. (2023). DEMAJI. 90 Menit Bisa Baca Qur’an Dari Nol (1st ed., Vol. 1). PT. Duta Quran Indonesia.
  20. Rahmawati, S., Psi, M., Masni, P., Firmiana, E., Sos, S., Si, M., & Hadiansyah, A. (2021). Manajemen Stress dan Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi COVID 19.
  21. Sholeh, A., & Uyun, Q. (2021). Overcome Stress during the Covid-19 Pandemic by Surah Al-Insyirah: Harmonization between the Koran and Clinical Neuroscience: Atasi Stres saat Pandemi Covid-19 dengan Menadabburi Surah Al-Insyirah: Harmonisasi antara Alquran dan Neurosains Klinis. In Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology (Vol. 1, Issue 1).
  22. Yunus, E. S., Arismunandar, P. A., & Rukanta, D. (2021). Scoping Review: Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Quran terhadap Tingkat Stres Orang Dewasa. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 3(1), 110–116. https://doi.org/10.29313/jiks.v3i1.7503
  23. Zafar, M. S., Nauman, M., Nauman, H., Nauman, S., Kabir, A., Shahid, Z., Fatima, A., & Batool, M. (2021). Impact of Stress on Human Body: A Review. European Journal of Medical and Health Sciences, 3(3), 1–7. https://doi.org/10.24018/ejmed.2021.3.3.821
  24. Zikry, A., Mentari, B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (2020). Teknik Manajemen Stres yang Paling Efektif pada Remaja: Literature Review Most Effective Stress Management Techniques in Adolescents: Literature Review. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).