Main Article Content

Abstract

Background: SMK Negeri 2 Malang memiliki berbagai fasilitas terkait teknologi, salah satunya adalah MClass sebagai Learning Management System yang dibuat untuk membantu guru merekam jejak digital dalam melaksanakan pembelajaran. Namun, tidak semua guru mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknologi, terutama pada guru matematika di SMK Negeri 2 Malang. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam membuat soal interaktif berbasis gamifikasi. Metode: Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Malang, dengan jumlah peserta 30 orang guru dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Program keahlian jasa pariwisata. Metode pelaksanaan pengabdian menggunakan kegiatan pelatihan dan simulasi Ipteks. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan a) paparan materi substansi kepada peserta, b) demonstrasi untuk mengkonstruk pemahaman peserta dalam membuat gamifikasi. Sedangkan kegiatan simulasi Ipteks dilakukan dengan setiap peserta membuat gamifikasi melalui perangkat yang di bawa, yaitu laptop atau smartphone. Hasil: Hasil dari program pengabdian ini adalah terdapat peningkatan softskill guru dalam membuat pembelajaran lebih interaktif melalui gamifikasi, sebelum kegiatan pengabdian, hanya ada satu guru yang pernah membuat soal interaktif, setelah kegiatan pengabdian, ada 25 guru yang siap melaksanakan pembelajaran menggunakan gamifikasi.

Keywords

Gamifikasi Guru SMK Teknologi Gamification Vocational Teachers Technology

Article Details

How to Cite
wulandari, T. C., & Abidin, Z. (2024). Peningkatan Soft Skill Guru Melalui Pembuatan Soal Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal SOLMA, 13(3), 2576–2582. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16011

References

Read More