Main Article Content

Abstract

Background: Implementasi Kurikulum Merdeka yang masih terbatas di sekolah menengah pertama di Kecamatan Banyuasin II menyebabkan kualitas pembelajaran kurang optimal. Untuk mengatasi hal ini, program pengabdian masyarakat di wilayah tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di kelas mereka. Metode: Program ini diikuti oleh 23 guru menggunakan pendekatan terstruktur yang mencakup tahap persiapan, pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan dilakukan dalam dua fase. Fase pertama menekankan pada pengetahuan dasar tentang perencanaan berbasis data dan pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan fase kedua berfokus pada strategi implementasi dari konsep-konsep tersebut. Evaluasi keberhasilan program diukur melalui pretest dan posttest serta survei umpan balik dan kepuasan peserta. Hasil: Penilaian melalui pretest dan posttest menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta. Selain itu, survei umpan balik dan kepuasan peserta mengindikasikan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelatihan yang diberikan. Kesimpulan: Program pengabdian masyarakat ini telah berhasil meningkatkan kompetensi pedagogis para pendidik sekolah dasar dalam menerapkan perencanaan berbasis data dan metode pembelajaran berdiferensiasi.

Keywords

Perencanaan Berbasis Data Pembelajaran Berdiferensias Kurikulum Merdeka Perencanaan Berbasis Data Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka

Article Details

How to Cite
Susiloningsih, E., Fathurohman, A., Surya Adikara, F., Erni, E., Hadi, H., Helmi, H., & Auliya Kurdiati, L. (2025). Membawa Revolusi Sekolah ke Tingkat Berikutnya: Bagaimana Guru Banyuasin II Mendapatkan Manfaat dari Pelatihan Perencanaan Berbasis Data dan Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal SOLMA, 14(1), 1543–1555. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17093

References

  1. Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124.
  2. Ahmed, N., Noraffandy, D., Waleed, Y., & Al, M. (2024). Investigating factors affecting teachers ’ training through mobile learning : Task technology fit perspective. In Education and Information Technologies (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12434-9
  3. Christopoulos, A., Styliou, M., Ntalas, N., & Stylios, C. (2024). The Impact of Immersive Virtual Reality on Knowledge Acquisition and Adolescent Perceptions in Cultural Education. Information, 15(261). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/info15050261
  4. Darlis, A., Sinaga, A. I., & Perkasyah, M. F. (2022). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Analytica Islamica, 11(2), 393–401.
  5. Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
  6. Handayani, N. N. L. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Lampuhyang, 14(2).
  7. Hardi, E., & Mudjiran. (2022). Diversitas Sosiokultural Dalam Wujud Pendidikan Multikultural, Gender dan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8931–8942.
  8. Izza, N., Setianti, Y., & Tiara, O. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusi. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 272–284. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.236
  9. Jibililu, O. S. (2024). Evaluating the Impact of Instructional Materials on Social Studies Learning Outcomes in Senior High Schools of the Bono East Region of. Social Education Research, 380–397.
  10. Karam, M., Fares, H., & Al-majeed, S. (2021). Quality Assurance Framework for the Design and Delivery of Virtual , Real-Time Courses. Information, 12(93), 1–19.
  11. Kolenatý, M., Kroufek, R., & Činčera, J. (2022). What Triggers Climate Action: The Impact of a Climate Change Education Program on Students’ Climate Literacy and Their Willingness to Act. Sustainability (Switzerland), 14(16). https://doi.org/10.3390/su141610365
  12. Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., & Deing, A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.
  13. Legi, H., Samosir, L., & Tambunan, L. L. (2023). Manajemen konflik dalam implementasi kurikulum merdeka di era digital. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 196–203.
  14. Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2).
  15. Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. JKIP: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 190–203.
  16. Masyithoh, S. (2021). Implementasi Program Pendidikan yang Diindividualkan (PPA) Di SD Inklusif di Wilayah Jakarta Selatan. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(2), 277–294.
  17. Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. ScienceEdu Jurnal Pendidikan IPA, VI(1), 55–63.
  18. Murtadlo, Roeminingsih, E., Hazin, M., & Amalia, K. (2023). Optimalisasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dengan Pelatihan Bagi Sekolah Dasar di Pulau Bawean. Dedicate: Journal of Community Engangement in Education, 2(2), 48–60.
  19. Mustoip, S. (2023). Analisis penilaian perkembangan dan pendidikan karakter di kurikulum merdeka sekolah dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151.
  20. Muttaqien, M. D. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Disability Studies and Research (JDSR), 2(2), 12–23.
  21. Nofitasari, F. E., Indiati, I., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8811–8820.
  22. Nurjanah, E. A., & Mustofa, R. H. (2024). Transformasi Pendidikan : Menganalisis Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada 3 SMA Penggerak di Jawa Tengah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 69–86.
  23. Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis yang Diampu oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1).
  24. Prastikawati, E. F., Adeoye, M. A., & Ryan, J. C. (2024). 230 Indonesian Journal on Learning and Advanced Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 6(2), 230–253. https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i2.23431
  25. Rizqina, A. A., Khoerunnisa, N., & Ulya, C. (2023). Refleksi Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 2 Padamara. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 70–83.
  26. Setyawati, R. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pancaindera Manusia Pada Siswa Kelass 4C SD Negeri Ngaglik 01 Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 232–259.
  27. Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.
  28. Susiloningsih, E., Fathurohman, A., & Kurdiati, L. A. (2024). Training on Making Independent Curriculum Teaching Modules Based on Differentiation Learning for Teachers in Dempo Utara District. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 312–320. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.16486
  29. Syafary, I. M., Hamdani, M. I. I., & Arifin, I. F. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Jurnal Sandhyakala, 5(1).
  30. Tarbiyatun, E., & Rahayuningsih, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Project Guna Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi (Studi Kasus SMK Negeri 1 Juwiring Klaten). PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 574–584.
  31. Tolppanen, S., Kang, J., & Riuttanen, L. (2022). Changes in students ’ knowledge , values , worldview , and willingness to take mitigative climate action after attending a course on holistic climate change education. Journal of Cleaner Production, 373(August), 133865. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.133865
  32. Toro-troconis, M., Inzolia, Y., & Ahmad, N. (2023). Exploring Attitudes towards Embedding Education for Sustainable Development in Curriculum Design. International Journal of Higher Education, 12(4), 42–54. https://doi.org/10.5430/ijhe.v12n4p42
  33. Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. JPGSD, 11(2), 365–379.

Most read articles by the same author(s)