Main Article Content

Abstract

Background: Kualitas pembelajaran belum optimal karena guru-guru di Indonesia, khususnya di Kabupaten Banyuasin II, belum memiliki kemampuan yang memadai untuk membangun LMS (Learning Management System) berbasis pembelajaran terdiferensiasi. Tujuan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Banyuasin II bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, kemampuan, dan profesionalisme guru dalam membangun LMS berbasis pembelajaran terdiferensiasi menggunakan metode Canvas. Metode: Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui berbagai taktik, antara lain praktik sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Materi pelatihan ini disusun dalam dua bagian. Bagian pertama berfokus pada pengetahuan dasar tentang LMS, pembelajaran terdiferensiasi, dan LMS berbasis pembelajaran terdiferensiasi. Bagian kedua pelatihan berfokus pada pembangunan LMS canvas berbasis pembelajaran terdiferensiasi. Hasil: Peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan pengetahuan dan pemahaman berdasarkan nilai pretest dan posttest. Selain itu, peserta juga menyatakan sangat puas dengan pelatihan yang diterimanya dalam mengembangkan LMS Canvas berbasis pembelajaran terdiferensiasi melalui umpan balik dan kuesioner kepuasan. Kesimpulan: Guru SMP se-Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin yang mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan LMS berbasis pembelajaran terdiferensiasi berbantuan Canvas telah mampu mencapai tujuan yang diharapkan.

Keywords

LMS Canvas Pembelajaran Berdiferensiasi LMS Canvas Pembelajaran Berdiferensiasi

Article Details

How to Cite
Fathurohman, A., Susiloningsih, E., Saparini, S., Auliya Kurdiati, L., & Kistiono, K. (2025). Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Keterlibatan Peserta Didik melalui Pelatihan LMS Berbasis Canvas dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal SOLMA, 14(1), 1556–1570. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17094

References

  1. Afra, V., Novia, H., Sasmita, D., Fauzy, M. R., Wijaya, R., & Rozak, A. (2023). Penggunaan Learning Management System Berbasis Canvas Instructure Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Dahlia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.475
  2. Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., & Yanti, L. D. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. JIEPP: Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(April), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
  3. Anugerah, R. P., & Kusuma, W. A. (2021). Keefektivitasan Penggunaan Platform Lms Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Metode Literature. J-Icon. J-ICON, 9(2), 127–132. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.4319
  4. Arinaitwe, D. (2021). Practices and strategies for enhancing learning through collaboration between vocational teacher training institutions and workplaces. Empirical Research in Vocational Education and Training. https://doi.org/10.1186/s40461-021-00117-z
  5. Ariyanto, I. (2022). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Bantaeng [Universitas Telkom]. https://repositori.telkomuniversity.ac.id/pustaka/178523/pengembangan-sistem-manajemen-pembelajaran-jarak-jauh-untuk-meningkatkan-kualitas-belajar-siswa-di-sma-negeri-4-bantaeng.html
  6. Barua, L., & Lockee, B. B. (2024). A review of strategies to incorporate flexibility in higher education course designs. Discover Education. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00213-8
  7. Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A. (2019). How Does Changing “One-Size-Fits-All” to Differentiated Instruction Affect Teaching? Review of Research in Education, 43(1), 336–362. https://doi.org/10.3102/0091732X18821130
  8. Carillo, B. T. (2024). Student-Centered Classrooms: Public Elementary School Teachers’ Engagement Strategies for Learners in the 21st Century. Nexus International Journal of Science and Education, 1(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.11242858/NIJSE.2024
  9. Cruz, C., & Pinilla, L. S. (2020). Identification of Key Performance Indicators in Project-Based Organisations through the Lean Approach. Sustainability, 12(15), 5977. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3390/su12155977
  10. Esternon, C. E. G., Lopres, J. R., Gomez, B. L., Lopres, G. M., Marie, G., Pilapil, P., Ramirez, W. N., Anjao, R. M., & Apatan, C. F. (2023). Instructional Readiness and Stress Level of Special Education Teachers on Blended Learning Approach during COVID-19 : Implications for Post-Pandemic. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 6(6), 47–72. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v6i6p105
  11. Fathurohman, A., Kurdiati, L. A., Syarifuddin, Susiloningsih, E., & Putri, R. M. (2023). New Technology for Teaching and Learning Science for Educators and Students as Support for the Independent Curriculum: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1394–1402. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6136
  12. Fathurohman, A., Susiloningsih, E., Samsuryadi, Marlina, L., Oklilas, A. F., Kurdiati, L. A., & Supriasih, E. (2023). Pengembangan App Mobile Berbasis STEM Materi Hukum Newton Tentang Gerak (HNG) sebagai Sumber Belajar Guru dan Siswa SMA. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sain, 9(1), 131–146. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.365
  13. Harris, L., Dargusch, J., Ames, K., Bloomfield, C., Harris, L., Dargusch, J., Ames, K., Bloomfield, C., Dargusch, J., & Ames, K. (2022). Catering for ‘ very different kids ’: distance education teachers ’ understandings of and strategies for student engagement. International Journal of Inclusive Education, 26(8), 848–864. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1735543
  14. Hidayatullah, A. R., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Pengalaman Pengguna Lms Dan Mengidentifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak. Jurnal Syntax Admiration, 2(9). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.301
  15. Jamaluddin, Mustami, M. K., Ismail, M. I., & Mania, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Tik dan Bahan Cetak Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Sinjai. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 621–640. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1956
  16. Kerimbayev, N., Umirzakova, Z., Shadiev, R., & Jotsov, V. (2023). A student centered approach using modern technologies in distance learning : a systematic review of the literature. Smart Learning Environments. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00280-8
  17. Khabib, S., Nurjati, N., Bandjarjani, W., & Rahayu, E. Y. (2021). Kesiapan Guru SMA Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Masa Pandemi Covid-19: Pengelolaan Canvas Instructure LMS. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(2), 186–194. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4177
  18. Mills, M., Monk, S., Keddie, A., Renshaw, P., Christie, P., Geelan, D., & Gowlett, C. (2014). Differentiated learning: from policy to classroom. Oxford Review of Education, 40(3), 331–348. https://doi.org/10.1080/03054985.2014.911725
  19. Mulyani, E., Prabawati, M. N., Yulianto, E., & Mansyur, M. Z. (2024). Pengembangan Bahan Ajar untuk Konten Learning Management System MOODLE bagi MGMP Matematika SMP Kabupaten Tasikmalaya. CATIMORE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.155
  20. Munawaroh, L., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 170–180. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11988
  21. Nasrulloh, S. F., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Learning Management System Perguruan Tinggi Berdasarkan Permendikbud No . 3 Tahun 2020. Jurnal Nuansa Informatika, 16(3), 60–67. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4991
  22. Novayanto, A. D., & Pribadi, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15623
  23. Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan Dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2349
  24. Pratama, M. E. G., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan Learning Management System (LMS) Untuk Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Syntax Admiration, 2(8). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i8.288
  25. Priyono, F. H., Sutimin, L. A., & Ardianto, D. T. (2022). Inovasi Media Elektronik Modul (E-Modul) bagi Anak Usia Dini : Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5648–5658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2881
  26. Pujasari, r. S. (2021). Video conferencing on canvas for distance learning during covid-19 in indonesian context. Unnes-teflin national seminar, 4(1). https://www.researchgate.net/profile/ratu-pujasari/publication/354888371_video_conferencing_on_canvas_for_distance_learning_during_covid-19_in_indonesian_context_vol_4_no_1_2021_proceedings_of_the_unnes-teflin_national_seminar/links/6152d654154b3227a8b3fac1/video-conferencing-on-canvas-for-distance-learning-during-covid-19-in-indonesian-context-vol-4-no-1-2021-proceedings-of-the-unnes-teflin-national-seminar.pdf
  27. Purba, Y. O., & Lumbangaol, S. T. P. (2023). Pelatihan Guru SMP Tentang Media Pembelajaran Matematika dan IPA Berbasis ICT Pada Kurikulum Merdeka Belajar. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 1(3), 126–134. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i3.375
  28. Raquel, A., & Santos, C. (2022). Developing peer mentors ’ collaborative and metacognitive skills with a technology-enhanced peer learning program. Computers and Education Open, 3(December 2021), 100070. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100070
  29. Saputra, E., Wulan, R., & Ali, N. (2023). Impelentasi Kurikulum Merdeka Dengan Memanfaatkan Perangkat Digital Di SD IT Al Barkah Bekasi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyrakat, 06(06), 667–675. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20616
  30. Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta, 5(2), 104–126. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1049
  31. Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470
  32. Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046–3054. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.9706
  33. Susanti, E., Pratiwi, W. D., & Araiku, J. (2022). Pelatihan Pengoperasian Canvas Instructure sebagai Learning Management System beserta Potensinya. Jurnal Anugerah, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.3918
  34. Susiloningsih, E., Fathurohman, A., & Kurdiati, L. A. (2024). Training on Making Independent Curriculum Teaching Modules Based on Differentiation Learning for Teachers in Dempo Utara District. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 312–320. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.16486
  35. Syahri, A., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Inovasi melalui Learning Management System (LMS): Studi Awal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Journal on Education, 06(01), 8719–8729. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4329
  36. Tan, L. M., Laswad, F., & Chua, F. (2022). Bridging the employability skills gap : going beyond classroom walls. Pacific Accounting Review, 34(2), 225–248. https://doi.org/10.1108/PAR-04-2021-0050
  37. Utomo, A. P. Y., Dianastiti, F. E., Ermawati, Saragih, D. C., & Suwandi, S. (2022). Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hibrida. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 227–236. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.58001
  38. Yana, D., & Adam. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform LMS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. DIMENSI, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816

Most read articles by the same author(s)