Main Article Content
Abstract
Background: Kualitas pembelajaran belum optimal karena guru-guru di Indonesia, khususnya di Kabupaten Banyuasin II, belum memiliki kemampuan yang memadai untuk membangun LMS (Learning Management System) berbasis pembelajaran terdiferensiasi. Tujuan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Banyuasin II bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, kemampuan, dan profesionalisme guru dalam membangun LMS berbasis pembelajaran terdiferensiasi menggunakan metode Canvas. Metode: Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui berbagai taktik, antara lain praktik sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Materi pelatihan ini disusun dalam dua bagian. Bagian pertama berfokus pada pengetahuan dasar tentang LMS, pembelajaran terdiferensiasi, dan LMS berbasis pembelajaran terdiferensiasi. Bagian kedua pelatihan berfokus pada pembangunan LMS canvas berbasis pembelajaran terdiferensiasi. Hasil: Peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan pengetahuan dan pemahaman berdasarkan nilai pretest dan posttest. Selain itu, peserta juga menyatakan sangat puas dengan pelatihan yang diterimanya dalam mengembangkan LMS Canvas berbasis pembelajaran terdiferensiasi melalui umpan balik dan kuesioner kepuasan. Kesimpulan: Guru SMP se-Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin yang mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan LMS berbasis pembelajaran terdiferensiasi berbantuan Canvas telah mampu mencapai tujuan yang diharapkan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Afra, V., Novia, H., Sasmita, D., Fauzy, M. R., Wijaya, R., & Rozak, A. (2023). Penggunaan Learning Management System Berbasis Canvas Instructure Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Dahlia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.475
- Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., & Yanti, L. D. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. JIEPP: Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(April), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
- Anugerah, R. P., & Kusuma, W. A. (2021). Keefektivitasan Penggunaan Platform Lms Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Metode Literature. J-Icon. J-ICON, 9(2), 127–132. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.4319
- Arinaitwe, D. (2021). Practices and strategies for enhancing learning through collaboration between vocational teacher training institutions and workplaces. Empirical Research in Vocational Education and Training. https://doi.org/10.1186/s40461-021-00117-z
- Ariyanto, I. (2022). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Bantaeng [Universitas Telkom]. https://repositori.telkomuniversity.ac.id/pustaka/178523/pengembangan-sistem-manajemen-pembelajaran-jarak-jauh-untuk-meningkatkan-kualitas-belajar-siswa-di-sma-negeri-4-bantaeng.html
- Barua, L., & Lockee, B. B. (2024). A review of strategies to incorporate flexibility in higher education course designs. Discover Education. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00213-8
- Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A. (2019). How Does Changing “One-Size-Fits-All” to Differentiated Instruction Affect Teaching? Review of Research in Education, 43(1), 336–362. https://doi.org/10.3102/0091732X18821130
- Carillo, B. T. (2024). Student-Centered Classrooms: Public Elementary School Teachers’ Engagement Strategies for Learners in the 21st Century. Nexus International Journal of Science and Education, 1(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.11242858/NIJSE.2024
- Cruz, C., & Pinilla, L. S. (2020). Identification of Key Performance Indicators in Project-Based Organisations through the Lean Approach. Sustainability, 12(15), 5977. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3390/su12155977
- Esternon, C. E. G., Lopres, J. R., Gomez, B. L., Lopres, G. M., Marie, G., Pilapil, P., Ramirez, W. N., Anjao, R. M., & Apatan, C. F. (2023). Instructional Readiness and Stress Level of Special Education Teachers on Blended Learning Approach during COVID-19 : Implications for Post-Pandemic. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 6(6), 47–72. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v6i6p105
- Fathurohman, A., Kurdiati, L. A., Syarifuddin, Susiloningsih, E., & Putri, R. M. (2023). New Technology for Teaching and Learning Science for Educators and Students as Support for the Independent Curriculum: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1394–1402. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6136
- Fathurohman, A., Susiloningsih, E., Samsuryadi, Marlina, L., Oklilas, A. F., Kurdiati, L. A., & Supriasih, E. (2023). Pengembangan App Mobile Berbasis STEM Materi Hukum Newton Tentang Gerak (HNG) sebagai Sumber Belajar Guru dan Siswa SMA. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sain, 9(1), 131–146. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.365
- Harris, L., Dargusch, J., Ames, K., Bloomfield, C., Harris, L., Dargusch, J., Ames, K., Bloomfield, C., Dargusch, J., & Ames, K. (2022). Catering for ‘ very different kids ’: distance education teachers ’ understandings of and strategies for student engagement. International Journal of Inclusive Education, 26(8), 848–864. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1735543
- Hidayatullah, A. R., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Pengalaman Pengguna Lms Dan Mengidentifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak. Jurnal Syntax Admiration, 2(9). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.301
- Jamaluddin, Mustami, M. K., Ismail, M. I., & Mania, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Tik dan Bahan Cetak Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Sinjai. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 621–640. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1956
- Kerimbayev, N., Umirzakova, Z., Shadiev, R., & Jotsov, V. (2023). A student centered approach using modern technologies in distance learning : a systematic review of the literature. Smart Learning Environments. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00280-8
- Khabib, S., Nurjati, N., Bandjarjani, W., & Rahayu, E. Y. (2021). Kesiapan Guru SMA Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Masa Pandemi Covid-19: Pengelolaan Canvas Instructure LMS. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(2), 186–194. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4177
- Mills, M., Monk, S., Keddie, A., Renshaw, P., Christie, P., Geelan, D., & Gowlett, C. (2014). Differentiated learning: from policy to classroom. Oxford Review of Education, 40(3), 331–348. https://doi.org/10.1080/03054985.2014.911725
- Mulyani, E., Prabawati, M. N., Yulianto, E., & Mansyur, M. Z. (2024). Pengembangan Bahan Ajar untuk Konten Learning Management System MOODLE bagi MGMP Matematika SMP Kabupaten Tasikmalaya. CATIMORE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.155
- Munawaroh, L., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 170–180. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11988
- Nasrulloh, S. F., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Learning Management System Perguruan Tinggi Berdasarkan Permendikbud No . 3 Tahun 2020. Jurnal Nuansa Informatika, 16(3), 60–67. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4991
- Novayanto, A. D., & Pribadi, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15623
- Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan Dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2349
- Pratama, M. E. G., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan Learning Management System (LMS) Untuk Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Syntax Admiration, 2(8). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i8.288
- Priyono, F. H., Sutimin, L. A., & Ardianto, D. T. (2022). Inovasi Media Elektronik Modul (E-Modul) bagi Anak Usia Dini : Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5648–5658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2881
- Pujasari, r. S. (2021). Video conferencing on canvas for distance learning during covid-19 in indonesian context. Unnes-teflin national seminar, 4(1). https://www.researchgate.net/profile/ratu-pujasari/publication/354888371_video_conferencing_on_canvas_for_distance_learning_during_covid-19_in_indonesian_context_vol_4_no_1_2021_proceedings_of_the_unnes-teflin_national_seminar/links/6152d654154b3227a8b3fac1/video-conferencing-on-canvas-for-distance-learning-during-covid-19-in-indonesian-context-vol-4-no-1-2021-proceedings-of-the-unnes-teflin-national-seminar.pdf
- Purba, Y. O., & Lumbangaol, S. T. P. (2023). Pelatihan Guru SMP Tentang Media Pembelajaran Matematika dan IPA Berbasis ICT Pada Kurikulum Merdeka Belajar. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 1(3), 126–134. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i3.375
- Raquel, A., & Santos, C. (2022). Developing peer mentors ’ collaborative and metacognitive skills with a technology-enhanced peer learning program. Computers and Education Open, 3(December 2021), 100070. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100070
- Saputra, E., Wulan, R., & Ali, N. (2023). Impelentasi Kurikulum Merdeka Dengan Memanfaatkan Perangkat Digital Di SD IT Al Barkah Bekasi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyrakat, 06(06), 667–675. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20616
- Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta, 5(2), 104–126. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1049
- Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470
- Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046–3054. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.9706
- Susanti, E., Pratiwi, W. D., & Araiku, J. (2022). Pelatihan Pengoperasian Canvas Instructure sebagai Learning Management System beserta Potensinya. Jurnal Anugerah, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.3918
- Susiloningsih, E., Fathurohman, A., & Kurdiati, L. A. (2024). Training on Making Independent Curriculum Teaching Modules Based on Differentiation Learning for Teachers in Dempo Utara District. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 312–320. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.16486
- Syahri, A., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Inovasi melalui Learning Management System (LMS): Studi Awal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Journal on Education, 06(01), 8719–8729. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4329
- Tan, L. M., Laswad, F., & Chua, F. (2022). Bridging the employability skills gap : going beyond classroom walls. Pacific Accounting Review, 34(2), 225–248. https://doi.org/10.1108/PAR-04-2021-0050
- Utomo, A. P. Y., Dianastiti, F. E., Ermawati, Saragih, D. C., & Suwandi, S. (2022). Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hibrida. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 227–236. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.58001
- Yana, D., & Adam. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform LMS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. DIMENSI, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816
References
Afra, V., Novia, H., Sasmita, D., Fauzy, M. R., Wijaya, R., & Rozak, A. (2023). Penggunaan Learning Management System Berbasis Canvas Instructure Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Dahlia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.475
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., & Yanti, L. D. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. JIEPP: Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(April), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
Anugerah, R. P., & Kusuma, W. A. (2021). Keefektivitasan Penggunaan Platform Lms Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Metode Literature. J-Icon. J-ICON, 9(2), 127–132. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.4319
Arinaitwe, D. (2021). Practices and strategies for enhancing learning through collaboration between vocational teacher training institutions and workplaces. Empirical Research in Vocational Education and Training. https://doi.org/10.1186/s40461-021-00117-z
Ariyanto, I. (2022). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Bantaeng [Universitas Telkom]. https://repositori.telkomuniversity.ac.id/pustaka/178523/pengembangan-sistem-manajemen-pembelajaran-jarak-jauh-untuk-meningkatkan-kualitas-belajar-siswa-di-sma-negeri-4-bantaeng.html
Barua, L., & Lockee, B. B. (2024). A review of strategies to incorporate flexibility in higher education course designs. Discover Education. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00213-8
Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A. (2019). How Does Changing “One-Size-Fits-All” to Differentiated Instruction Affect Teaching? Review of Research in Education, 43(1), 336–362. https://doi.org/10.3102/0091732X18821130
Carillo, B. T. (2024). Student-Centered Classrooms: Public Elementary School Teachers’ Engagement Strategies for Learners in the 21st Century. Nexus International Journal of Science and Education, 1(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.11242858/NIJSE.2024
Cruz, C., & Pinilla, L. S. (2020). Identification of Key Performance Indicators in Project-Based Organisations through the Lean Approach. Sustainability, 12(15), 5977. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3390/su12155977
Esternon, C. E. G., Lopres, J. R., Gomez, B. L., Lopres, G. M., Marie, G., Pilapil, P., Ramirez, W. N., Anjao, R. M., & Apatan, C. F. (2023). Instructional Readiness and Stress Level of Special Education Teachers on Blended Learning Approach during COVID-19 : Implications for Post-Pandemic. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 6(6), 47–72. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v6i6p105
Fathurohman, A., Kurdiati, L. A., Syarifuddin, Susiloningsih, E., & Putri, R. M. (2023). New Technology for Teaching and Learning Science for Educators and Students as Support for the Independent Curriculum: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1394–1402. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6136
Fathurohman, A., Susiloningsih, E., Samsuryadi, Marlina, L., Oklilas, A. F., Kurdiati, L. A., & Supriasih, E. (2023). Pengembangan App Mobile Berbasis STEM Materi Hukum Newton Tentang Gerak (HNG) sebagai Sumber Belajar Guru dan Siswa SMA. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sain, 9(1), 131–146. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.365
Harris, L., Dargusch, J., Ames, K., Bloomfield, C., Harris, L., Dargusch, J., Ames, K., Bloomfield, C., Dargusch, J., & Ames, K. (2022). Catering for ‘ very different kids ’: distance education teachers ’ understandings of and strategies for student engagement. International Journal of Inclusive Education, 26(8), 848–864. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1735543
Hidayatullah, A. R., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Pengalaman Pengguna Lms Dan Mengidentifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak. Jurnal Syntax Admiration, 2(9). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.301
Jamaluddin, Mustami, M. K., Ismail, M. I., & Mania, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Tik dan Bahan Cetak Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Sinjai. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 621–640. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1956
Kerimbayev, N., Umirzakova, Z., Shadiev, R., & Jotsov, V. (2023). A student centered approach using modern technologies in distance learning : a systematic review of the literature. Smart Learning Environments. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00280-8
Khabib, S., Nurjati, N., Bandjarjani, W., & Rahayu, E. Y. (2021). Kesiapan Guru SMA Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Masa Pandemi Covid-19: Pengelolaan Canvas Instructure LMS. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(2), 186–194. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4177
Mills, M., Monk, S., Keddie, A., Renshaw, P., Christie, P., Geelan, D., & Gowlett, C. (2014). Differentiated learning: from policy to classroom. Oxford Review of Education, 40(3), 331–348. https://doi.org/10.1080/03054985.2014.911725
Mulyani, E., Prabawati, M. N., Yulianto, E., & Mansyur, M. Z. (2024). Pengembangan Bahan Ajar untuk Konten Learning Management System MOODLE bagi MGMP Matematika SMP Kabupaten Tasikmalaya. CATIMORE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.155
Munawaroh, L., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 170–180. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11988
Nasrulloh, S. F., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Learning Management System Perguruan Tinggi Berdasarkan Permendikbud No . 3 Tahun 2020. Jurnal Nuansa Informatika, 16(3), 60–67. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4991
Novayanto, A. D., & Pribadi, B. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15623
Prasetyo, T., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kepercayaan Dan Kepuasan Penggunaan LMS Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2349
Pratama, M. E. G., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan Learning Management System (LMS) Untuk Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Syntax Admiration, 2(8). https://doi.org/10.46799/jsa.v2i8.288
Priyono, F. H., Sutimin, L. A., & Ardianto, D. T. (2022). Inovasi Media Elektronik Modul (E-Modul) bagi Anak Usia Dini : Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5648–5658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2881
Pujasari, r. S. (2021). Video conferencing on canvas for distance learning during covid-19 in indonesian context. Unnes-teflin national seminar, 4(1). https://www.researchgate.net/profile/ratu-pujasari/publication/354888371_video_conferencing_on_canvas_for_distance_learning_during_covid-19_in_indonesian_context_vol_4_no_1_2021_proceedings_of_the_unnes-teflin_national_seminar/links/6152d654154b3227a8b3fac1/video-conferencing-on-canvas-for-distance-learning-during-covid-19-in-indonesian-context-vol-4-no-1-2021-proceedings-of-the-unnes-teflin-national-seminar.pdf
Purba, Y. O., & Lumbangaol, S. T. P. (2023). Pelatihan Guru SMP Tentang Media Pembelajaran Matematika dan IPA Berbasis ICT Pada Kurikulum Merdeka Belajar. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 1(3), 126–134. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i3.375
Raquel, A., & Santos, C. (2022). Developing peer mentors ’ collaborative and metacognitive skills with a technology-enhanced peer learning program. Computers and Education Open, 3(December 2021), 100070. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100070
Saputra, E., Wulan, R., & Ali, N. (2023). Impelentasi Kurikulum Merdeka Dengan Memanfaatkan Perangkat Digital Di SD IT Al Barkah Bekasi. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyrakat, 06(06), 667–675. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20616
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta, 5(2), 104–126. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1049
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470
Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046–3054. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.9706
Susanti, E., Pratiwi, W. D., & Araiku, J. (2022). Pelatihan Pengoperasian Canvas Instructure sebagai Learning Management System beserta Potensinya. Jurnal Anugerah, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.3918
Susiloningsih, E., Fathurohman, A., & Kurdiati, L. A. (2024). Training on Making Independent Curriculum Teaching Modules Based on Differentiation Learning for Teachers in Dempo Utara District. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 312–320. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.16486
Syahri, A., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Inovasi melalui Learning Management System (LMS): Studi Awal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Journal on Education, 06(01), 8719–8729. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4329
Tan, L. M., Laswad, F., & Chua, F. (2022). Bridging the employability skills gap : going beyond classroom walls. Pacific Accounting Review, 34(2), 225–248. https://doi.org/10.1108/PAR-04-2021-0050
Utomo, A. P. Y., Dianastiti, F. E., Ermawati, Saragih, D. C., & Suwandi, S. (2022). Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Pembelajaran Hibrida. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 227–236. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.58001
Yana, D., & Adam. (2019). Efektivitas Penggunaan Platform LMS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. DIMENSI, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816
