Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Kurikulum Merdeka mengharuskan guru menyusun modul ajar berdasarkan tes diagnostik dan menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun, banyak guru masih mengalami kesulitan dalam kedua aspek tersebut. Metode: Program ini memberikan pelatihan kepada guru di SD Negeri 1 Pesanggrahan tentang pelaksanaan tes diagnostik, pengembangan modul ajar, dan penggunaan PMM. Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat tahap: persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan keberlanjutan. Hasil: Pelatihan ini meningkatkan pemahaman guru tentang tes diagnostik, meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun modul ajar, memfasilitasi penggunaan PMM, serta menghasilkan modul ajar yang siap digunakan. Kesimpulan: Program ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Plumbon melalui pengembangan modul ajar dan penerapan kurikulum yang lebih efektif.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ahyanil, L.N., Purwaningrum, J.P., & Prihandono, A. (2024). Pendampingan Pembuatan Digital Interactive ModuleP5 Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Bagi Guru SD 2 Puyoh Kabupaten Kudus. Jurnal Solma, 13(1), pp. 254-262. Doi: https://doi.org/10.2236/solma.v13i1.13298
- Andika, W.D., Sumarni, S., Syafdaningsih, Utami, F., Akbar, Siregar, R.R., Astika, R.T., Carisa, A., & Angraini, M.N. (2024). Pelatihan Modul Ajar Berbasis STEAM. Jurnal Solma, 13(1), pp. 301-309. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13832
- Aprilisa, S., Felani, R.O, & Sidqi, M.N. Pelatihan Guru dalam Mengoptimalkan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Di SPM Negeri 4 Kota Lubuklinggau. Jurnal PKM Linggau, 4(1), pp. 59-68.
- Araya, W., & Fallas, J.A. (2024). University of Costa Rica’s English Diagnostic Test 2022: Evidence Of Validity And Reliability. Research in Pedagogy, Vol. 14, No. 1, pp. 1-15. https://doi.org/10.5937/IstrPed2401001A
- Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
- Asriadi, Sukaria, M.I., Perdana, R., Jafar, I., & Nurdin, M. (2023). PKM Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Penggerak di Kabupaten Wajo. VOKATEK, 1(3), pp. 171-177. https://journal.diginus.id/index.php/VOKATEK/index.
- Cabrera, R.N., Menchaca, V.D., Simonsson, M., & Silva, H. (2024). Faculty perceptions of online instruction and educational technology in higher education. International Journal of Technology in Education and Science (IJTES), 8(1), 1-19. https://doi.org/10.46328/ijtes.528
- Darnita, Y., Wibowo, S. H., Toyib, R., Muntahanah, M., & Witriyono, H. (2022). Sosialisasi Platform Teknologi Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 10 Bengkulu Utara. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 96–106. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i1.1710
- Destiansari, E., Anwar, Y., Susanti, R., Madang, K., Meilinda, Slamet, A., Anggraini, N., Amizera, S., & Somakim. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Guru-guru IPA di OKU Selatan. Jurnal SOLMA, 12 (3), pp. 1141-1149. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13063.
- Erlita, Y., Saragih, F.H., Nasution, R.D., Manalu, L.C., & Wulandari, T.R.A. (2024). Pendampingan Guru Penggerak dalam Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdidas, 5(3), pp. 246-254. https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i3.939.
- Fajriyah, K., Priyanto, W., Untari, M.F.A., & Putriyanti, L. (2024). Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsar Semarang. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(2), pp. 100-107.
- Firmansyah, Astrid, A., Pratama, I.P., Zulkipli, Ferianto, Prasada, E.A. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SD Negeri 13 Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir. Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), pp. 77-87.
- Guven, D., Gazelci, S. R & Gulay Ogelman, H. (2022). Examining the relationships between the burnout levels and creative thinking levels of special education teachers. International Journal Contemporary Educational Research, 9(3), 509-518. https://doi.org/10.33200/ijcer.1064934.
- Heryahya, A., Herawati, E.S.B., Susandi, A.D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(2), pp. 548-562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826.
- Iramadhani, D., Safriana, Astuti, W., Muna, Z., Puspa, C.D., &bSyahridha. (2024). Pelatihan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif untuk Guru MGMP IPA sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pengenalan Karakter Siswa. Jurnal Solma, 13(1), pp. 66-77. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13297
- Kayaalp, F., Gökbulut, B., Meral, E., & Başcı-Namlı, Z. (2022). The effect of digital material preparation training on technological pedagogical content knowledge self-confidence of pre-service social studies teachers. Kuramsal Eğitimbilim Dergisi [Journal of Theoretical Educational Science], 15(3), 475-503.
- Kesumawati, N., Destiniar, Octaria, D., Ningsih, Y.L., Fitriasari, P., Mulbasari, A.S., Nopriyanti, T.D., Retta, A.M. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Bagi Guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), pp. 246 – 256. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4589
- Kiral, B. (2019). Exploring the relationship between teachers’ locus of control with different variables. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 14(2), 88-104. https://doi.org/10.29329/epasr.2019.201.5
- Kotorov, L., Krasylnykova, Y., Sanagustin, M.P., Mansilla, F., & Broisin, J. (2024). Supporting Decision-Making for Promoting Teaching and Learning Innovation: A Multiple Case Study. Journal of Learning Analytics, Volume 11(1), 21–36. https://doi.org/10.18608/jla.2024.8131.
- Laeli CMH, Gunarhadi, Muzzazinah (2023). The 3 Tiers Multiple-Choice Diagnostic Test for Primary Students’ Science Misconception. Pegem Journal of Education and Instruction, Vol. 13, No. 2, 2023 (pp. 103-111) Instruction, Vol. 13, No. 2, 2023, 103-111.
- Plailek, T., Essien., A.M., & Sawangdee, Y. (2022). Enhancement of Undergraduate Students’ Competency in Creating English Learning Innovation through Hybrid Learning with Peer Coaching. Journal of Educational Issues, 8(1), pp. 250-260. https://doi.org/10.5296/jei.v8i1.19600
- Sadykov, S., Bulatbayeva, K., Rezuanova, G., & Mukhamedkhanova, A. (2023). The effect of health-saving educational technologies on development of natural abilities of schoolchildren. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(2), 323-339. https://doi.org/10.46328/ijemst.3134
- Suciptaningsih, O.A., Dewi, R.S.I., Anggraini, A.E., Rahayu, W., & Divina, A. (2024). Peran Guru Penggerak dalam Akselerasi Kurikulum Merdeka di SDN Purwodadi 4. Jurnal Solma, 13(2), pp. 651-663. https://doi.org/10.2236/solma.v13i2.15169
- Susandi, A.D., Wahyuningrum, E., Sudirman, S., Yumiati, Y., Jusniani, N., & Rohmah, F. (2024). Pendampingan Pemahaman Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal SOLMA, 13 (2), pp. 1444-1454. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15424
- Taufik, M., In’am, & Susanti, R.D. (2024). Optimalisasi impelementasi kurikulum Merdeka dengan penyusunan modul ajar matematika. Jurnal SOLMA, 13 (2), pp. 898-906. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.13993
- Wenda, D.D.N., Imron, I.F., Putri, K.E., Sahari, S., Kurnia, I., Permana, E.P., Damariswara, R., handayani, R., & Wiganata, S.A. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru SDN Jatirejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7 (3), pp. 848-855. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21024
References
Ahyanil, L.N., Purwaningrum, J.P., & Prihandono, A. (2024). Pendampingan Pembuatan Digital Interactive ModuleP5 Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Bagi Guru SD 2 Puyoh Kabupaten Kudus. Jurnal Solma, 13(1), pp. 254-262. Doi: https://doi.org/10.2236/solma.v13i1.13298
Andika, W.D., Sumarni, S., Syafdaningsih, Utami, F., Akbar, Siregar, R.R., Astika, R.T., Carisa, A., & Angraini, M.N. (2024). Pelatihan Modul Ajar Berbasis STEAM. Jurnal Solma, 13(1), pp. 301-309. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13832
Aprilisa, S., Felani, R.O, & Sidqi, M.N. Pelatihan Guru dalam Mengoptimalkan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Di SPM Negeri 4 Kota Lubuklinggau. Jurnal PKM Linggau, 4(1), pp. 59-68.
Araya, W., & Fallas, J.A. (2024). University of Costa Rica’s English Diagnostic Test 2022: Evidence Of Validity And Reliability. Research in Pedagogy, Vol. 14, No. 1, pp. 1-15. https://doi.org/10.5937/IstrPed2401001A
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Asriadi, Sukaria, M.I., Perdana, R., Jafar, I., & Nurdin, M. (2023). PKM Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Penggerak di Kabupaten Wajo. VOKATEK, 1(3), pp. 171-177. https://journal.diginus.id/index.php/VOKATEK/index.
Cabrera, R.N., Menchaca, V.D., Simonsson, M., & Silva, H. (2024). Faculty perceptions of online instruction and educational technology in higher education. International Journal of Technology in Education and Science (IJTES), 8(1), 1-19. https://doi.org/10.46328/ijtes.528
Darnita, Y., Wibowo, S. H., Toyib, R., Muntahanah, M., & Witriyono, H. (2022). Sosialisasi Platform Teknologi Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 10 Bengkulu Utara. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 96–106. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i1.1710
Destiansari, E., Anwar, Y., Susanti, R., Madang, K., Meilinda, Slamet, A., Anggraini, N., Amizera, S., & Somakim. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Guru-guru IPA di OKU Selatan. Jurnal SOLMA, 12 (3), pp. 1141-1149. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13063.
Erlita, Y., Saragih, F.H., Nasution, R.D., Manalu, L.C., & Wulandari, T.R.A. (2024). Pendampingan Guru Penggerak dalam Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Abdidas, 5(3), pp. 246-254. https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i3.939.
Fajriyah, K., Priyanto, W., Untari, M.F.A., & Putriyanti, L. (2024). Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsar Semarang. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(2), pp. 100-107.
Firmansyah, Astrid, A., Pratama, I.P., Zulkipli, Ferianto, Prasada, E.A. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SD Negeri 13 Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir. Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), pp. 77-87.
Guven, D., Gazelci, S. R & Gulay Ogelman, H. (2022). Examining the relationships between the burnout levels and creative thinking levels of special education teachers. International Journal Contemporary Educational Research, 9(3), 509-518. https://doi.org/10.33200/ijcer.1064934.
Heryahya, A., Herawati, E.S.B., Susandi, A.D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(2), pp. 548-562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826.
Iramadhani, D., Safriana, Astuti, W., Muna, Z., Puspa, C.D., &bSyahridha. (2024). Pelatihan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif untuk Guru MGMP IPA sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pengenalan Karakter Siswa. Jurnal Solma, 13(1), pp. 66-77. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13297
Kayaalp, F., Gökbulut, B., Meral, E., & Başcı-Namlı, Z. (2022). The effect of digital material preparation training on technological pedagogical content knowledge self-confidence of pre-service social studies teachers. Kuramsal Eğitimbilim Dergisi [Journal of Theoretical Educational Science], 15(3), 475-503.
Kesumawati, N., Destiniar, Octaria, D., Ningsih, Y.L., Fitriasari, P., Mulbasari, A.S., Nopriyanti, T.D., Retta, A.M. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Bagi Guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), pp. 246 – 256. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4589
Kiral, B. (2019). Exploring the relationship between teachers’ locus of control with different variables. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 14(2), 88-104. https://doi.org/10.29329/epasr.2019.201.5
Kotorov, L., Krasylnykova, Y., Sanagustin, M.P., Mansilla, F., & Broisin, J. (2024). Supporting Decision-Making for Promoting Teaching and Learning Innovation: A Multiple Case Study. Journal of Learning Analytics, Volume 11(1), 21–36. https://doi.org/10.18608/jla.2024.8131.
Laeli CMH, Gunarhadi, Muzzazinah (2023). The 3 Tiers Multiple-Choice Diagnostic Test for Primary Students’ Science Misconception. Pegem Journal of Education and Instruction, Vol. 13, No. 2, 2023 (pp. 103-111) Instruction, Vol. 13, No. 2, 2023, 103-111.
Plailek, T., Essien., A.M., & Sawangdee, Y. (2022). Enhancement of Undergraduate Students’ Competency in Creating English Learning Innovation through Hybrid Learning with Peer Coaching. Journal of Educational Issues, 8(1), pp. 250-260. https://doi.org/10.5296/jei.v8i1.19600
Sadykov, S., Bulatbayeva, K., Rezuanova, G., & Mukhamedkhanova, A. (2023). The effect of health-saving educational technologies on development of natural abilities of schoolchildren. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(2), 323-339. https://doi.org/10.46328/ijemst.3134
Suciptaningsih, O.A., Dewi, R.S.I., Anggraini, A.E., Rahayu, W., & Divina, A. (2024). Peran Guru Penggerak dalam Akselerasi Kurikulum Merdeka di SDN Purwodadi 4. Jurnal Solma, 13(2), pp. 651-663. https://doi.org/10.2236/solma.v13i2.15169
Susandi, A.D., Wahyuningrum, E., Sudirman, S., Yumiati, Y., Jusniani, N., & Rohmah, F. (2024). Pendampingan Pemahaman Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal SOLMA, 13 (2), pp. 1444-1454. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15424
Taufik, M., In’am, & Susanti, R.D. (2024). Optimalisasi impelementasi kurikulum Merdeka dengan penyusunan modul ajar matematika. Jurnal SOLMA, 13 (2), pp. 898-906. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.13993
Wenda, D.D.N., Imron, I.F., Putri, K.E., Sahari, S., Kurnia, I., Permana, E.P., Damariswara, R., handayani, R., & Wiganata, S.A. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru SDN Jatirejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7 (3), pp. 848-855. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21024