Main Article Content
Abstract
Background: Setelah pandemi Covid-19, kebijakan kurikulum disesuaikan dengan kondisi saat itu, salah satunya melalui penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menekankan pembelajaran yang lebih mendalam dan fleksibel, serta memberi kebebasan kepada guru untuk menyesuaikan metode belajar dengan kebutuhan siswa. Dalam pelaksanaannya, digunakan penilaian diagnostik kognitif dan non-kognitif. Kegiatan ini bertujuan mendampingi 24 guru SD di Kota Prabumulih dalam mengembangkan instrumen diagnostik untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Metode: pada kegiatan pengabdian memberikan pelatihan berupa pendampingan pengembangan instrumen diagnostik dengan luring dan daring. Pengumpulan data dengan pemberian pretest dan post tes serta nilai N-gain. Hasil: kegiatan pengabdian pendampingan pemgembangan instrumen diagnostik memberikan dampak yang positif bagi guru SD di Kota Prabumulih. Jika dilihat ketika pretest nilai masih kecil, namun berbeda halnya setelah diberikan pelatihan pendampingan hasil posttest sebesar 81,67 meningkat dari pretets sebesar 36.67. Data diperkuat dengan data N-Gain score sebesar 0,70 terkategori “Tinggi”. Kesimpulan: Guru SD di Kota Prabumulih memahami bagaimana cara mengembangkan instrumen diagnostik baik kognitif maupun non kognitif.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aegustinawati, A. and Sunarya, Y. (2023) ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Paedagogy, 10(3), p. 759. Available at: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568.
- Anzani, V., Juandi, D. and Cahya, E. (2024) ‘Apakah Realistic Mathematics Education Berpengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis?’, Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2). Available at: https://doi.org/10.62203/jkjip.v1i2.44.
- Ardianti, Y. and Amalia, N. (2022) ‘Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), pp. 399–407. Available at: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.
- Cholilah, M. et al. (2023) ‘Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21’, Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 01(02), pp. 57–66. Available at: https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02.
- Csapó, B. and Molnár, G. (2019) ‘Online diagnostik assessment in support of personalized teaching and learning: The eDia sistem’, Frontiers in Psychology, 10(JULY). Available at: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01522.
- Hilman, I., Akmal, R. and Nugraha, F. (2023) ‘Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Assessment Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar’, Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), pp. 161–167.
- Jang, E.E. and Wagner, M. (2013) ‘Diagnostik Feedback in the Classroom’, in The Companion to Language Assessment. Wiley, pp. 693–711. Available at: https://doi.org/10.1002/9781118411360.wbcla081.
- Kabanga, T. et al. (2023) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sdn 3 Tikala.
- Nurhasanah, A., Acesta, A. and Simbolon, M.E. (2023) ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Assesmen Diagnostik Non Kognitif Jenjang Sekolah Dasar’, Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), pp. 46–54. Available at: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.8851.
- Permana, H. and Bakri, F. (2022) ‘Pelatihan Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika Untuk Mengetahui Miskonsepsi Pada Peserta Didik’, Mitra Teras Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 29–6. Available at: https://doi.org/10.58797/teras.0101.
- Qotimah, I. and Rusman, R. (2024) ‘Teacher efforts’ to prepare implementation of Kurikulum Merdeka in elementary school’, Inovasi Kurikulum, 21(1), pp. 27–40. Available at: https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.62003.
- Rahmadayanti, D. and Hartoyo, A. (2022) ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(4), pp. 7174–7187. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
- Rahman, K. and Ririen, D. (2023) ‘Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif dalam Kebijakan Sekolah’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), pp. 1815–1823. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.3954.
- Supriyadi, S. et al. (2022) ‘Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka’, Journal of Community Emprowerment, (2), pp. 63–69. Available at: https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce.
- Wahab, A., Junaedi, J. and Azhar, Muh. (2021) ‘Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI’, Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 1039–1045. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
References
Aegustinawati, A. and Sunarya, Y. (2023) ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Paedagogy, 10(3), p. 759. Available at: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568.
Anzani, V., Juandi, D. and Cahya, E. (2024) ‘Apakah Realistic Mathematics Education Berpengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis?’, Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2). Available at: https://doi.org/10.62203/jkjip.v1i2.44.
Ardianti, Y. and Amalia, N. (2022) ‘Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), pp. 399–407. Available at: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.
Cholilah, M. et al. (2023) ‘Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21’, Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 01(02), pp. 57–66. Available at: https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02.
Csapó, B. and Molnár, G. (2019) ‘Online diagnostik assessment in support of personalized teaching and learning: The eDia sistem’, Frontiers in Psychology, 10(JULY). Available at: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01522.
Hilman, I., Akmal, R. and Nugraha, F. (2023) ‘Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Assessment Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar’, Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), pp. 161–167.
Jang, E.E. and Wagner, M. (2013) ‘Diagnostik Feedback in the Classroom’, in The Companion to Language Assessment. Wiley, pp. 693–711. Available at: https://doi.org/10.1002/9781118411360.wbcla081.
Kabanga, T. et al. (2023) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sdn 3 Tikala.
Nurhasanah, A., Acesta, A. and Simbolon, M.E. (2023) ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Assesmen Diagnostik Non Kognitif Jenjang Sekolah Dasar’, Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), pp. 46–54. Available at: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.8851.
Permana, H. and Bakri, F. (2022) ‘Pelatihan Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika Untuk Mengetahui Miskonsepsi Pada Peserta Didik’, Mitra Teras Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 29–6. Available at: https://doi.org/10.58797/teras.0101.
Qotimah, I. and Rusman, R. (2024) ‘Teacher efforts’ to prepare implementation of Kurikulum Merdeka in elementary school’, Inovasi Kurikulum, 21(1), pp. 27–40. Available at: https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.62003.
Rahmadayanti, D. and Hartoyo, A. (2022) ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(4), pp. 7174–7187. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Rahman, K. and Ririen, D. (2023) ‘Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif dalam Kebijakan Sekolah’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), pp. 1815–1823. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.3954.
Supriyadi, S. et al. (2022) ‘Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka’, Journal of Community Emprowerment, (2), pp. 63–69. Available at: https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce.
Wahab, A., Junaedi, J. and Azhar, Muh. (2021) ‘Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI’, Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 1039–1045. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845