Main Article Content

Abstract

Background: Berdasarkan hasil studi pendahuluan oleh tim Pengabdian Pada Masyarakat di Kabupaten Lahat dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat, diperoleh informasi bahwa guru masih mengalami kesulitan ketika merancang dan menerapkan pembelajaran literasi numerasi pada materi pelajaran di Sekolah Dasar. Pelatihan dan pembinaan ini diharapkan guru-guru SD di Kabupaten Lahat dapat membuat dan mengunakan media pembelajaran interaktif berbasis literasi numerasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Metode: Pelatihan dan pembinaan diikuti oleh guru Sekolah Dasar di Kabupaten Lahat dengan jumlah 30 orang. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan, dengan teknik, yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab, simulasi dan penugasan. Hasil: Pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis literasi numerasi bagi guru sekolah dasar di kabupaten lahat telah memberikan peningkatan pemahaman kepada peserta pelatihan atau guru tehadap media interaktif berbasis literasi dan numerasi. Kesimpulan: Peserta pelatihan atau guru telah berhasil membuat produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis literasi numerasi.

Keywords

Literasi Media Pembelajaran Interaktif Numerasi Pelatihan Literasi Media Pembelajaran Interaktif Numerasi Pelatihan

Article Details

How to Cite
Suganda M, V. A., Harini, B., Okta Safitri, M. L., & Budiansyah, B. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Literasi Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 13(2), 1427–1434. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.13185

References

  1. Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Wahyu, I., Utami, P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/ELSE.V3I1.2541
  2. Herawan, E. (2022). Literasi Numerasi di Era Digital Bagi Pendidik. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1), 30–41. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19826
  3. Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/JIIP.V5I2.478
  4. Nabilah, S., Pujiastuti, H., & Syamsuri, S. (2023). Systematic Literature Review : Literasi Numerasi dalam pembelajaran Matematika, Jenjang, Materi, Model dan Media Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2436–2443. https://doi.org/10.54371/JIIP.V6I4.1448
  5. Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. INFORMATIKA, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/INFORMATIKA.V8I1.1532
  6. Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10280
  7. Pulungan, M., Usman, N., Toybah, T., Maharani, S. D., & Suganda, V. A. (2020). Media Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru SD Negeri 2 Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.36706/JISD.V7I2.13252
  8. Safitri, M. L. O., Iqbal, M., Dino, D., Mursyid, H., Tarigan, D., Elia, W., & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://doi.org/10.22236/SOLMA.V12I2.11867
  9. Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I4.2767