Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Kekerasan seksual ialah kejahatan yang bersifat universal. Kejahatan ini terjadi di semua lapisan masyarakat di seluruh dunia, tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Menurut WHO sebanyak 852 juta perempuan yang berusia 15-49 tahun menjadi korban kekerasan seksual atau fisik. Usia remaja yang terbilang masih muda dan kurangnya pengetahuan merupakan salah satu penyebab remaja menjadi korban kekerasan seksual. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku remaja mengenai pencegahan kekerasan seksual. Metode: Persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: Skor rata rata sebelum konseling kelompok adalah 23,00 dan skor rata rata setelah diberikan konseling kelompok mengenai pencegahan kekerasan seksual adalah 27,03. Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat bagi remaja, karena dapat memberikan pengaruh konseling kelompok dengan perilaku pencegahan kekerasan seksual pada remaja.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anwar, K. (2021). Urgensi evaluasi dalam proses pembelajaran. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).
- Azadirachta, F. L., & Sumarmi, S. (2017). Pendidikan Gizi menggunakan media buku saku meningkatkan pengetahuan dan praktik konsumsi sayur dan buah pada siswa sekolah dasar. Media Gizi Indonesia, 12(2), 107-115.
- Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri., 12(1), 21.
- Centers for Desease Control and Prevention. (2014). Teen Dating Violence, diunduh https://www.cdc.gov/violenceprevention/intimatepartnerviolence/teen_dating_violence.html
- Decker, M. R., Peitzmeier, S., Olumide, A., Acharya, R., Ojengbede, O., Covarrubias, L., Gao, E., Cheng, Y., Delany-Moretlwe, S., & Brahmbhatt, H. (2014). Prevalence and health impact of intimate partner violence and non-partner sexual violence among female adolescents aged 15-19 years in vulnerable urban environments: A multi-country study. Journal of Adolescent Health, 55(6), S58–S67. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.08.022
- Dini, R. R., Ramli, M., & Setiyowati, A. J. (2022). Keterampilan Asertif sebagai Teknik Bimbingan untuk Mencegah Kekerasan Seksual melalui Permainan Kotak Ajaib dalam Media Autoplay. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(3).
- Doerr, C. M., Hoeffler, A., Goessmann, K., Olorunlambe, W., & Hecker, T. (2023). Sexual violence affects adolescents’ health and prosocial behaviour beyond other violence exposure. European Journal of Psychotraumatology, 14(2). https://doi.org/10.1080/20008066.2023.2263319
- Fitra, N. A., & Karneli, Y. (2023). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person Centered Therapy dalam Membantu Trauma Pada Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 519-525.
- Hermina, C., & Hariyono, D. S. (2018). Kajian Metode Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum. Psycho Idea, 16(2), 163-174.
- Iskandar, W., Azizah, N., & Satriani, S. (2022). Pengaruh Pelecehan Seksual Terhadap Mental Siswa di Duta Pelajar Gowa. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(02), 44-52.
- Knipschild, R., Klip, H., Winkelhorst, K., Stutterheim, T., & van Minnen, A. (2024). BLAME-LESS STUDY: a two-arm randomized controlled trial evaluating the effects of an online psychoeducation programme for adolescents who have experienced physical/sexual violence or sexual abuse. Rationale, study design, and methods. European Journal of Psychotraumatology, 15(1). https://doi.org/10.1080/20008066.2024.2315794
- Lindert, J., von Ehrenstein, O. S., Grashow, R., Gal, G., Braehler, E., & Weisskopf, M. G. (2014). Sexual and physical abuse in childhood is associated with depression and anxiety over the life course: systematic review and meta-analysis. International journal of public health, 59, 359-372.
- Logie, C. H., Okumu, M., Coelho, M., Loutet, M. G., Berry, I., Lukone, S. O., Kisubi, N., Musoke, D. K., & Kyambadde, P. (2023). Sexual violence stigma experiences among refugee adolescents and youth in Bidi Bidi refugee settlement, Uganda: Qualitative insights informed by the stigma power process framework. SSM - Mental Health, 4. https://doi.org/10.1016/j.ssmmh.2023.100242
- Mannika, G. (2018). Studi deskriptif potensi terjadinya kekerasan seksual pada remaja perempuan. Calyptra, 7(1), 2540-2553.
- Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2015). Pengembangan buku saku pengenalan pertolon gan dan perawatan cedera olahraga untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 11(1).
- Muthoharoh, N. (2017). Efektivitas Konseling Individu Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Korban Pelecehan Seksual di Balai Perlindungan dan Rehabilitas Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
- Ningsih, S. H. E. S. B. (2018). Kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Bidan, 4(2), 267040.
- Priyanto, Mamdukh Adi. (2018). Kasus Kekerasan Anak danPerempuan di Jateng Peringkat 3 besar di Indonesia.
- Ratih Wahyu, S., Noviekayati, I. G. A. A., & Saragih, S. (2018). Konseling kelompok untuk menurunkan depresi pada remaja introvert korban kekerasan seksual. Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1).
- Stocco, C. S., Zubiolo, T. F. M., Beltrame, M. H. A., & Dell’Agnolo, C. M. (2024). Sexual violence against children and adolescents in Paraná State: geospatial analysis and main socioeconomic indicators. Jornal de Pediatria, 100(5), 498–504. https://doi.org/10.1016/j.jped.2024.03.014
- Suwandi, J., Chusniatun, C., & Kuswardani, K. (2019). Karakteristik Kekerasan Seksual Terhadap Anak Perempuan Di Wonogiri Dan Boyolali. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 65-77.
- World Health Organization, 2021, World Health Statistic 2021 : Monitoring Health For The SDGs.
- Yuniarni, D., Satwika, P. A., & Solichah, N. (2024). Pengembangan Buku Saku: Pendampingan Orang Tua untuk Optimalisasi Perkembangan NAM Anak Usia Dini di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 295-303.
References
Anwar, K. (2021). Urgensi evaluasi dalam proses pembelajaran. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).
Azadirachta, F. L., & Sumarmi, S. (2017). Pendidikan Gizi menggunakan media buku saku meningkatkan pengetahuan dan praktik konsumsi sayur dan buah pada siswa sekolah dasar. Media Gizi Indonesia, 12(2), 107-115.
Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri., 12(1), 21.
Centers for Desease Control and Prevention. (2014). Teen Dating Violence, diunduh https://www.cdc.gov/violenceprevention/intimatepartnerviolence/teen_dating_violence.html
Decker, M. R., Peitzmeier, S., Olumide, A., Acharya, R., Ojengbede, O., Covarrubias, L., Gao, E., Cheng, Y., Delany-Moretlwe, S., & Brahmbhatt, H. (2014). Prevalence and health impact of intimate partner violence and non-partner sexual violence among female adolescents aged 15-19 years in vulnerable urban environments: A multi-country study. Journal of Adolescent Health, 55(6), S58–S67. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.08.022
Dini, R. R., Ramli, M., & Setiyowati, A. J. (2022). Keterampilan Asertif sebagai Teknik Bimbingan untuk Mencegah Kekerasan Seksual melalui Permainan Kotak Ajaib dalam Media Autoplay. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(3).
Doerr, C. M., Hoeffler, A., Goessmann, K., Olorunlambe, W., & Hecker, T. (2023). Sexual violence affects adolescents’ health and prosocial behaviour beyond other violence exposure. European Journal of Psychotraumatology, 14(2). https://doi.org/10.1080/20008066.2023.2263319
Fitra, N. A., & Karneli, Y. (2023). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Person Centered Therapy dalam Membantu Trauma Pada Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 519-525.
Hermina, C., & Hariyono, D. S. (2018). Kajian Metode Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum. Psycho Idea, 16(2), 163-174.
Iskandar, W., Azizah, N., & Satriani, S. (2022). Pengaruh Pelecehan Seksual Terhadap Mental Siswa di Duta Pelajar Gowa. JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(02), 44-52.
Knipschild, R., Klip, H., Winkelhorst, K., Stutterheim, T., & van Minnen, A. (2024). BLAME-LESS STUDY: a two-arm randomized controlled trial evaluating the effects of an online psychoeducation programme for adolescents who have experienced physical/sexual violence or sexual abuse. Rationale, study design, and methods. European Journal of Psychotraumatology, 15(1). https://doi.org/10.1080/20008066.2024.2315794
Lindert, J., von Ehrenstein, O. S., Grashow, R., Gal, G., Braehler, E., & Weisskopf, M. G. (2014). Sexual and physical abuse in childhood is associated with depression and anxiety over the life course: systematic review and meta-analysis. International journal of public health, 59, 359-372.
Logie, C. H., Okumu, M., Coelho, M., Loutet, M. G., Berry, I., Lukone, S. O., Kisubi, N., Musoke, D. K., & Kyambadde, P. (2023). Sexual violence stigma experiences among refugee adolescents and youth in Bidi Bidi refugee settlement, Uganda: Qualitative insights informed by the stigma power process framework. SSM - Mental Health, 4. https://doi.org/10.1016/j.ssmmh.2023.100242
Mannika, G. (2018). Studi deskriptif potensi terjadinya kekerasan seksual pada remaja perempuan. Calyptra, 7(1), 2540-2553.
Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2015). Pengembangan buku saku pengenalan pertolon gan dan perawatan cedera olahraga untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 11(1).
Muthoharoh, N. (2017). Efektivitas Konseling Individu Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Korban Pelecehan Seksual di Balai Perlindungan dan Rehabilitas Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Ningsih, S. H. E. S. B. (2018). Kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Karawang. Jurnal Bidan, 4(2), 267040.
Priyanto, Mamdukh Adi. (2018). Kasus Kekerasan Anak danPerempuan di Jateng Peringkat 3 besar di Indonesia.
Ratih Wahyu, S., Noviekayati, I. G. A. A., & Saragih, S. (2018). Konseling kelompok untuk menurunkan depresi pada remaja introvert korban kekerasan seksual. Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1).
Stocco, C. S., Zubiolo, T. F. M., Beltrame, M. H. A., & Dell’Agnolo, C. M. (2024). Sexual violence against children and adolescents in Paraná State: geospatial analysis and main socioeconomic indicators. Jornal de Pediatria, 100(5), 498–504. https://doi.org/10.1016/j.jped.2024.03.014
Suwandi, J., Chusniatun, C., & Kuswardani, K. (2019). Karakteristik Kekerasan Seksual Terhadap Anak Perempuan Di Wonogiri Dan Boyolali. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 65-77.
World Health Organization, 2021, World Health Statistic 2021 : Monitoring Health For The SDGs.
Yuniarni, D., Satwika, P. A., & Solichah, N. (2024). Pengembangan Buku Saku: Pendampingan Orang Tua untuk Optimalisasi Perkembangan NAM Anak Usia Dini di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 295-303.