Main Article Content

Abstract

Background: Metode Game-Based Learning menjadi alternatif pembelajaran yang memotivasi siswa SMA dalam belajar, sehingga dapat menstimulasi siswa untuk merefleksikan hasil belajar. Metode ini dapat diterapkan kepada siswa SMA agar memahami konsep Gut Microbiome dengan mudah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi peran penting Gut Microbiome melalui permainan kartu “Gutsy Game”. Metode: Edukasi Gut Microbiome diikuti oleh 59 siswa MA Sabilarrasyad Samarinda, melalui 4 tahapan yaitu Pre-test, pemaparan materi, praktek Gutsy Game, Post-test dan evaluasi kegiatan. Nilai pre-test dan post-test diperoleh dari pertanyaan seputar materi Gut Microbiome sedangkan evaluasi kegiatan diukur menggunakan kuisioner yang ditentukan berdasarkan Indeks Kepuasan Kegiatan. Hasil: Pemahaman siswa tentang konsep Gut Microbiome meningkat 20%, materi informatif (62%), relevan (70%), memotivasi pola hidup sehat (83%), dan pelaksanaan kegiatan memuaskan (70%). Berdasarkan Indeks Kepuasaan, siswa menilai kegiatan edukasi baik (83,3), menunjukkan metode permainan Gutsy Game berhasil menarik minat siswa untuk belajar. Kesimpulan: Gutsy Game dapat digunakan untuk memahami konsep dasar keseimbangan Gut Microbiome dan meningkatkan minat belajar pada siswa MA Sabilarrasyad Samarinda.

Keywords

Dysbiosis Kartu Mikrobioma Probiotik Stimulasi Card Dysbiosis Microbiome Probiotics Stimulation

Article Details

How to Cite
Yuliatin, E., Hariani, N., Patang, F., Budiman, B., Kurniati, R., Hasibuan, F. R., & Ilmi, A. N. (2025). Edukasi Gut Microbiome melalui Game-Based Learning bagi Siswa MA Sabilarrasyad Samarinda . Jurnal SOLMA, 14(1), 34–41. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16861

References

Read More

Most read articles by the same author(s)