Main Article Content

Abstract

Background: Metode Game-Based Learning menjadi alternatif pembelajaran yang memotivasi siswa SMA dalam belajar, sehingga dapat menstimulasi siswa untuk merefleksikan hasil belajar. Metode ini dapat diterapkan kepada siswa SMA agar memahami konsep Gut Microbiome dengan mudah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi peran penting Gut Microbiome melalui permainan kartu “Gutsy Game”. Metode: Edukasi Gut Microbiome diikuti oleh 59 siswa MA Sabilarrasyad Samarinda, melalui 4 tahapan yaitu Pre-test, pemaparan materi, praktek Gutsy Game, Post-test dan evaluasi kegiatan. Nilai pre-test dan post-test diperoleh dari pertanyaan seputar materi Gut Microbiome sedangkan evaluasi kegiatan diukur menggunakan kuisioner yang ditentukan berdasarkan Indeks Kepuasan Kegiatan. Hasil: Pemahaman siswa tentang konsep Gut Microbiome meningkat 20%, materi informatif (62%), relevan (70%), memotivasi pola hidup sehat (83%), dan pelaksanaan kegiatan memuaskan (70%). Berdasarkan Indeks Kepuasaan, siswa menilai kegiatan edukasi baik (83,3), menunjukkan metode permainan Gutsy Game berhasil menarik minat siswa untuk belajar. Kesimpulan: Gutsy Game dapat digunakan untuk memahami konsep dasar keseimbangan Gut Microbiome dan meningkatkan minat belajar pada siswa MA Sabilarrasyad Samarinda.

Keywords

Dysbiosis Kartu Mikrobioma Probiotik Stimulasi Card Dysbiosis Microbiome Probiotics Stimulation

Article Details

How to Cite
Yuliatin, E., Hariani, N., Patang, F., Budiman, B., Kurniati, R., Hasibuan, F. R., & Ilmi, A. N. (2025). Edukasi Gut Microbiome melalui Game-Based Learning bagi Siswa MA Sabilarrasyad Samarinda . Jurnal SOLMA, 14(1), 34–41. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16861

References

  1. Armet, A. M., Deehan, E. C., O’Sullivan, A. F., Mota, J. F., Field, C. J., Prado, C. M., Lucey, A. J., & Walter, J. (2022). Rethinking healthy eating in light of the gut microbiome. Cell Host & Microbe, 30(6), 764–785. https://doi.org/10.1016/j.chom.2022.04.016
  2. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.
  3. Coil, D. A., Ettinger, C. L., & Eisen, J. A. (2017). Gut Check: The evolution of an educational board game. PLoS Biology, 15(4), 1–8. https://doi.org/10.1371/journal.pbio.2001984
  4. Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124–130. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885
  5. Dimri, S., & Rizzo, A. (2022). The Gut Microbiome: An Overview. Journal of Student Research, 11(4), 1–14. https://doi.org/10.47611/jsrhs.v11i4.3111
  6. Efthimiou, G., & Tucker, N. P. (2021). Microbes Against Humanity, a workshop game for horrible students: using a creative card game in higher education microbiology teaching. In Access microbiology (Vol. 3, Issue 2, p. 186). https://doi.org/10.1099/acmi.0.000186
  7. Lapidot, Y., Maya, M., Reshef, L., Cohen, D., Ornoy, A., Gophna, U., & Muhsen, K. (2023). Relationships of the gut microbiome with cognitive development among healthy school-age children. Frontiers in Pediatrics, 11, 1198792. https://doi.org/10.3389/fped.2023.1198792
  8. Lyles, J. K., & Oli, M. (2020). The student-centered classroom: The new gut feeling. FEMS Microbiology Letters, 367(22), 1–8. https://doi.org/10.1093/femsle/fnaa191
  9. Nakayama, J., Watanabe, K., Jiang, J., Matsuda, K., Chao, S. H., Haryono, P., La-Ongkham, O., Sarwoko, M. A., Sujaya, I. N., Zhao, L., Chen, K. T., Chen, Y. P., Chiu, H. H., Hidaka, T., Huang, N. X., Kiyohara, C., Kurakawa, T., Sakamoto, N., Sonomoto, K., … Lee, Y. K. (2015). Diversity in gut bacterial community of school-age children in Asia. Scientific Reports, 5, 1–12. https://doi.org/10.1038/srep08397
  10. Pasumarthy, N., Patibanda, R., Tai, Y. L. (Ellie), van den Hoven, E., Danaher, J., & Khot, R. A. (2022). Gooey Gut Trail: Board Game Play to Understand Human-Microbial Interactions. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 6, 1–31.
  11. Perrotta, C., Featherstone, G., Aston, H., & Houghton, E. (2013). Game-based learning: Latest evidence and future directions. NFER (National Foundation for Educational Research), April 2013, 49.
  12. Rinninella, E., Raoul, P., Cintoni, M., Franceschi, F., Miggiano, G. A. D., Gasbarrini, A., & Mele, M. C. (2019). What is the Healthy Gut Microbiota Composition? A Changing Ecosystem across Age, Environment, Diet, and Diseases. Microorganisms, 7(1). https://doi.org/10.3390/microorganisms7010014
  13. Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
  14. Yam, K. (2023). The Human Gut Game: An Inquiry-Based Simulation That Teaches Students How Their Diet and Life Choices Influence the Diversity of Their Gut Microbiome. The American Biology Teacher, 85, 106–110.
  15. Yogi Anggraena, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, Leli Alhapip, D. S. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.

Most read articles by the same author(s)