Main Article Content

Abstract

Background: Business Model Canvas (BMC) telah terbukti sebagai alat yang efektif dalam membantu UMKM, termasuk bisnis makanan beku, untuk merancang strategi bisnis yang lebih terstruktur dan kompetitif. Namun, banyak pelaku usaha, termasuk Pengurus Masjid Al-Amanah Kujang, menghadapi kendala dalam perencanaan bisnis, pemasaran, serta manajemen sumber daya yang optimal. Mitra memiliki keterbatasan dalam memahami strategi bisnis yang efektif, sehingga memerlukan pendampingan dalam mengimplementasikan BMC sebagai alat perencanaan bisnis. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menerapkan model bisnis kanvas sebagai alat perencanaan bagi usaha frozen food, membantu Pengurus Masjid Al-amanah Kujang,memahami elemen penting seperti segmen pelanggan, proposisi nilai, distribusi, dan struktur biaya, serta meningkatkan pemahaman strategis dan efisiensi operasional melalui inovasi. Metode: Mitra PKM adalah Pengurus Masjid Al-amanah Kujang, dengan menggunakan metode pendekatan partisipatif dengan melibatkan pelaku usaha frozen food di wilayah sasaran. Metode yang diterapkan meliputi: sosialisasi, workshop implementasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra yang awalnya kurang memahami perencanaan bisnis kini mampu mengidentifikasi elemen penting dalam BMC, mengelola sumber daya, serta menyusun strategi pemasaran dan diversifikasi produk dengan lebih efektif. Hasil evaluasi kuantitatif menunjukkan peningkatan omzet bisnis mitra sebesar 25% dan pertumbuhan pelanggan baru sebanyak 30% dalam tiga bulan terakhir. Dengan demikian, penerapan BMC terbukti efektif dalam membantu pengelolaan usaha frozen food secara lebih strategis dan berkelanjutan. Kesimpulan: Penerapan model bisnis kanvas terbukti efektif dalam membantu Pengurus Masjid Al-amanah Kujang dalam mengeola usaha frozen food dengan lebih terencana dan strategis. 

Keywords

Model Bisnis Kanvas Frozen Food UMKM Pengembangan Bisnis Model Bisnis Kanvas Frozen Food UMKM Pengembangan Bisnis

Article Details

How to Cite
Geraldina, I., Arifin, A. H., Safitri, J., Andriyansah, A., & Masditok, T. (2025). Penerapan Business Model Canvas untuk Bisnis Makanan Beku di Masjid Al Amanah Kujang. Jurnal SOLMA, 14(1). https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16856

References

Read More

Most read articles by the same author(s)