Main Article Content
Abstract
Background: Business Model Canvas (BMC) telah terbukti sebagai alat yang efektif dalam membantu UMKM, termasuk bisnis makanan beku, untuk merancang strategi bisnis yang lebih terstruktur dan kompetitif. Namun, banyak pelaku usaha, termasuk Pengurus Masjid Al-Amanah Kujang, menghadapi kendala dalam perencanaan bisnis, pemasaran, serta manajemen sumber daya yang optimal. Mitra memiliki keterbatasan dalam memahami strategi bisnis yang efektif, sehingga memerlukan pendampingan dalam mengimplementasikan BMC sebagai alat perencanaan bisnis. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menerapkan model bisnis kanvas sebagai alat perencanaan bagi usaha frozen food, membantu Pengurus Masjid Al-amanah Kujang,memahami elemen penting seperti segmen pelanggan, proposisi nilai, distribusi, dan struktur biaya, serta meningkatkan pemahaman strategis dan efisiensi operasional melalui inovasi. Metode: Mitra PKM adalah Pengurus Masjid Al-amanah Kujang, dengan menggunakan metode pendekatan partisipatif dengan melibatkan pelaku usaha frozen food di wilayah sasaran. Metode yang diterapkan meliputi: sosialisasi, workshop implementasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra yang awalnya kurang memahami perencanaan bisnis kini mampu mengidentifikasi elemen penting dalam BMC, mengelola sumber daya, serta menyusun strategi pemasaran dan diversifikasi produk dengan lebih efektif. Hasil evaluasi kuantitatif menunjukkan peningkatan omzet bisnis mitra sebesar 25% dan pertumbuhan pelanggan baru sebanyak 30% dalam tiga bulan terakhir. Dengan demikian, penerapan BMC terbukti efektif dalam membantu pengelolaan usaha frozen food secara lebih strategis dan berkelanjutan. Kesimpulan: Penerapan model bisnis kanvas terbukti efektif dalam membantu Pengurus Masjid Al-amanah Kujang dalam mengeola usaha frozen food dengan lebih terencana dan strategis.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alfaried, M., Achmad Fauzi, Syahirah, P., Eka Suci, R., & Pamungkas, S. A. (2023). Peran Dan Fungsi Biaya Relevan Dalam Mengambil Keputusan Pesanan Khusus. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 134–143. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.682
- Andini Nur Paujiah, Raihani Salsabila, Santi Pertiwi Hari Sandi, & Dwi Epty Hidayaty. (2023). Sales Fluctuations to Maintain Profits at Alif Frozen Food Stores. Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology, 1(4), 263–274. https://doi.org/10.55927/marcopolo.v1i4.4370
- Aqilla, T., Purnama, N. R., Perdana, A. W., Nurfadillah, N., Irwan, I., Aprilla, R. M., & Efendi, M. J. (2023). Proses Pembekuan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di CV. Novira Abadi. Jurnal Kelautan Dan Perikanan Indonesia, 3(1), 1–10. http://jurnal.usk.ac.id/JKPIhttp://doi.org/10.24815/jkpi.v3i1.28674
- Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151–157. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571
- Aziz, A. A., Daud, S., & Sorooshian, S. (2019). Exploring Quality Influencing Factors for Frozen Food Industry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 697(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/697/1/012018
- Barber, C., & Tietje, B. (2004). A Distribution Services Approach for Developing Effective Competitive Strategies Against “Big Box” Retailers. Journal of Retailing and Consumer Services, 11, 95–107. https://doi.org/10.1016/S0969-6989(03)00009-2
- Benny, Yang, A. andriyanti, Yang, D., Yusuftan, L. S., & Ong, W. (2023). Analisis Manajemen Operasional Pada Pt. Indofood. Jurnal Mirai Management, 8(1), 357–378.
- del Rosal, J. C., Segura, M., & Maroto, C. (2021). Food market segmentation based on consumer preferences using outranking multicriteria approaches. International Transactions in Operational Research, 30. https://doi.org/10.1111/itor.12956
- Dewa, I., & Yuliani, A. E. (2022). Pemodelan Bisnis Online UMKM Makanan Menggunakan Business Model Canvas. Insititut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2020(Gambar 1), 510–514.
- Fawaid, A., & Fatmala, E. (2020). Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 109. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.342
- Funde, Y., & Shrivastava, A. (2023). Exploring Factors Driving the Choice of Frozen Food in the Indian Market. SCMS Journal of Indian Management, 20(3), 57–69.
- Hidayah, R., Farid, E. S., & Adda, H. W. (2023). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana. Jurnal EMA, 8(1), 10. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.316
- Hoffman, D. W. (2023). Kepuasan Pelanggan di Era Digital. Takaza.
- Hvostikova, V. A., Elfimova, I. F., Rodionova, V. N., Lavrenova, G. A., Shishkin, I. A., & Karuna, S. N. (2020). Cost Management to Realize the Innovative Potential of Food Production and Ensure Economic Security. 148(RuDEcK), 243–248. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200730.045
- Iqbal. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food (Studi Kasus Afza Frozen Food di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro). Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com
- Kristiandi, K., Mahmuda, D., Yunita, N. F., & Maryono, M. (2022). Pendampingan Pembuatan Dan Pengemasan Frozen Food Pada Ibu Rumah Tangga. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 216. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1037
- Kurniawati, R., Aulawi, H., & Rismawati, S. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis dengan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM). Jurnal Kalibrasi, 20(2), 93–101. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.20-2.1152
- Larasati, F., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Jasa Pengiriman Surat Kilat Khusus PT. Pos Indonesia di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 530–538. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28797
- Marniati, Prof.Adjunct, D. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. 2.
- Milyan, Idaman, & Sahili, L. O. (2021). Analisis Sosial Budaya Terhadap Partisipasi Angkatan Kerja Wanita Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 03(01), 147–157.
- Mirtsch, M., Koch, C., Ashari, P. A., Blind, K., & Castka, P. (2023). Quality assurance in supply chains during the COVID-19 pandemic: empirical evidence on organisational resilience of conformity assessment bodies. Total Quality Management and Business Excellence, 34(5–6), 615–636. https://doi.org/10.1080/14783363.2022.2078189
- Permana, D. C., Ferdiansyah, R., Safira, F. P., Gumilang, Z. T. A., Pangestu, A. J., & Abdul Rozak, R. W. (2023). Otomasi Industri Sebuah Peluang Atau Ancaman. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3), 139–146. https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.515
- Porter, M. E. (1985). TECHNOLOGY AND COMPETITIVE ADVANTAGE. Journal of Business Strategy, 5(3), 60–78. https://doi.org/10.1108/eb039075
- Pramayoga, P. M. . (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota malang (Studi kasus pada Industri Kreatif di Kota malang). Jurnal Ilmiah.
- Puji Santoso, & A. Dewantoro Marsono. (2023). Analysis of Business Model Development in Culinary Businesses Using a Cost-Restricted Business Model Canvas for PNM Mekaar Customers, Banjarnegara Branch. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(8), 1899–1914. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i8.5293
- Rafi, A. M. (2022). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Usaha Akan Berhasil atau Gagal. Mekari Journal, 04.
- Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, 4(1), 108–123. s.raharja2017@unpad.ac.id%0AABSTRACT
- Rajeba, H. N. (2023). Strategi Pemasaran Restoran Cepat Saji Domino’s Pizza Cabang Cilegon Dalam Meningkatkan Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum, 1(1), 151–160. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.183
- Ridwan, A., Ferdinant, P. F., & Ekasari, W. (2020). Perancangan mitigasi risiko rantai pasok produk pallet dan dunnage menggunakan metode House of Risk. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(1), 35. https://doi.org/10.36055/tjst.v16i1.8028
- Rumra, A. (2022). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Kota Ambon (Studi Kasus Pada Ritel Modern Indomart Di Desa Batu Merah Kota Ambon). Hipotesa, 16(1), 1–17.
- Saadiah, T. ~A. ~B. T. H., Maryana, M. ~N., Nursalwani, M., Suhana, Z., Airina, R. ~K. R. I., & Intan, M. S. (2021). Impact of participation on Agro-food entrepreneurship (Frozen food) and marketing strategy training module among housewife and single mother in Kelantan. American Institute of Physics Conference Series, 2347, 20105. https://doi.org/10.1063/5.0051829
- Sedyaningrum, M., Prasetya, A., & Mawardi, M. K. (2019). The Effect of Strategic Supplier Partnership on Supply Chain Integration, Supply Chain Performance and Farmers Performance. Wacana, 22(1), 1–9.
- Selvam, P. M. (2022). an Analysis of Maslow Hierarchy Approaches and Impact of Self Esteem Among Adolescents. O) Available Online @ Www.Iaraindia.Com RESEARCH EXPLORER-A Blind Review & Refereed Quarterly International Journal, X(63185), 2349–1647. www.iaraindia.com
- Setyawan, A. A., Mudhofar, F., Arum, Y., Susila, I., & Nasir, M. (2022). Strategic Partnership between SME Retailers and Modern Suppliers in Indonesia: A Relationship Marketing Approach. Organizations and Markets in Emerging Economies, 13(2), 317–335. https://doi.org/10.15388/omee.2022.13.82
- Sinuraya, J., Makmur Tarigan, Wiwin Sry A B, & Orli Binta Tumanggor. (2023). Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Frozen Food Dapoer Mama Ana Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Kota Medan Sumatera Utara. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 2(01), 26–33. https://doi.org/10.54209/jumas.v2i01.36
- Sula, A. E., & Chamalinda, K. N. L. (2021). Analisis Bisnis Dan Tren Konsumsi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Terhadap Frozen Food Pada Masa Pandemi Covid 19. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 13(1), 52–68. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v13i1.1599
- Sulistyaningsih, E., Murti, W., & Kurniati, A. (2023). Determinan Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Makanan Franchise Di Dki Jakarta. Urnal Multidisiplin Borobudur, 1(1). https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/jmb/article/view/1211%0Ahttps://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/jmb/article/download/1211/978
- Syarifuddin, A. D. I., Basalamah, S., Sinring, B., & Mas’ud, M. (2021). Open Access The Effect of Marketing Mix on Consumer Purchase Intention and Decisions on Frozen Food in Makassar , Indonesia Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin , Salim Basalamah , Bahar Sinring ,. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(4), 32–40.
- Tangus, D., & Omar, N. (2017). Effects of Market Expansion Strategies on Performance of Commercial Banks in Mombasa County. International Journal of Economics, Business and Management Research, 1(02), 39–50. https://ijebmr.com/uploads/ART_01_12.pdf
- Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 1, 204–220. https://doi.org/10.21009/japa.0102.05
- Wang, H. (2010). Analysis and Control of Quality and Safety in the Instant Frozen Dumplings Supply Chain. 4249–4255. https://doi.org/10.1061/41139(387)595
- Wati, Mustika, D., Alfisah, E., & Purboyo. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Frozen Food Bon-Bon Banjarmasin. 2023(Senasekon), 371–379.
- Wicaksana, W. R., Paramastri, B., & Ardyanfitri, H. (2021). Purchase Intention Produk Frozen Food Berdasarkan Perceived Quality Dan Price Fairness. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.15642/manova.v4i1.382
- Widowati, D., & Ningtiyas, L. M. W. (2022). Analisis Penyimpanan dan Penempatan Barang Pada PT Bintang Dagang Internasional (Haistar) Surabaya Dalam Mendukung Ketersediaan Barang di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 6(2), 100–114. https://doi.org/10.25139/jiabi.v6i2.5212
- Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi, 9(2), 1–74. https://doi.org/10.32502/jimn
- Yam, K., & Lee, D. S. (2012). Emerging food packaging technologies: An overview (pp. 1–9). https://doi.org/10.1016/B978-1-84569-809-6.50001-4
References
Alfaried, M., Achmad Fauzi, Syahirah, P., Eka Suci, R., & Pamungkas, S. A. (2023). Peran Dan Fungsi Biaya Relevan Dalam Mengambil Keputusan Pesanan Khusus. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 134–143. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.682
Andini Nur Paujiah, Raihani Salsabila, Santi Pertiwi Hari Sandi, & Dwi Epty Hidayaty. (2023). Sales Fluctuations to Maintain Profits at Alif Frozen Food Stores. Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology, 1(4), 263–274. https://doi.org/10.55927/marcopolo.v1i4.4370
Aqilla, T., Purnama, N. R., Perdana, A. W., Nurfadillah, N., Irwan, I., Aprilla, R. M., & Efendi, M. J. (2023). Proses Pembekuan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di CV. Novira Abadi. Jurnal Kelautan Dan Perikanan Indonesia, 3(1), 1–10. http://jurnal.usk.ac.id/JKPIhttp://doi.org/10.24815/jkpi.v3i1.28674
Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151–157. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571
Aziz, A. A., Daud, S., & Sorooshian, S. (2019). Exploring Quality Influencing Factors for Frozen Food Industry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 697(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/697/1/012018
Barber, C., & Tietje, B. (2004). A Distribution Services Approach for Developing Effective Competitive Strategies Against “Big Box” Retailers. Journal of Retailing and Consumer Services, 11, 95–107. https://doi.org/10.1016/S0969-6989(03)00009-2
Benny, Yang, A. andriyanti, Yang, D., Yusuftan, L. S., & Ong, W. (2023). Analisis Manajemen Operasional Pada Pt. Indofood. Jurnal Mirai Management, 8(1), 357–378.
del Rosal, J. C., Segura, M., & Maroto, C. (2021). Food market segmentation based on consumer preferences using outranking multicriteria approaches. International Transactions in Operational Research, 30. https://doi.org/10.1111/itor.12956
Dewa, I., & Yuliani, A. E. (2022). Pemodelan Bisnis Online UMKM Makanan Menggunakan Business Model Canvas. Insititut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2020(Gambar 1), 510–514.
Fawaid, A., & Fatmala, E. (2020). Home Industry Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 109. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.342
Funde, Y., & Shrivastava, A. (2023). Exploring Factors Driving the Choice of Frozen Food in the Indian Market. SCMS Journal of Indian Management, 20(3), 57–69.
Hidayah, R., Farid, E. S., & Adda, H. W. (2023). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Upaya Pengembangan Usaha Sweet Banana. Jurnal EMA, 8(1), 10. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.316
Hoffman, D. W. (2023). Kepuasan Pelanggan di Era Digital. Takaza.
Hvostikova, V. A., Elfimova, I. F., Rodionova, V. N., Lavrenova, G. A., Shishkin, I. A., & Karuna, S. N. (2020). Cost Management to Realize the Innovative Potential of Food Production and Ensure Economic Security. 148(RuDEcK), 243–248. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200730.045
Iqbal. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food (Studi Kasus Afza Frozen Food di Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro). Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 8.5.2017, 2003–2005. www.aging-us.com
Kristiandi, K., Mahmuda, D., Yunita, N. F., & Maryono, M. (2022). Pendampingan Pembuatan Dan Pengemasan Frozen Food Pada Ibu Rumah Tangga. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 216. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1037
Kurniawati, R., Aulawi, H., & Rismawati, S. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis dengan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM). Jurnal Kalibrasi, 20(2), 93–101. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.20-2.1152
Larasati, F., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Jasa Pengiriman Surat Kilat Khusus PT. Pos Indonesia di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 530–538. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28797
Marniati, Prof.Adjunct, D. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. 2.
Milyan, Idaman, & Sahili, L. O. (2021). Analisis Sosial Budaya Terhadap Partisipasi Angkatan Kerja Wanita Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 03(01), 147–157.
Mirtsch, M., Koch, C., Ashari, P. A., Blind, K., & Castka, P. (2023). Quality assurance in supply chains during the COVID-19 pandemic: empirical evidence on organisational resilience of conformity assessment bodies. Total Quality Management and Business Excellence, 34(5–6), 615–636. https://doi.org/10.1080/14783363.2022.2078189
Permana, D. C., Ferdiansyah, R., Safira, F. P., Gumilang, Z. T. A., Pangestu, A. J., & Abdul Rozak, R. W. (2023). Otomasi Industri Sebuah Peluang Atau Ancaman. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3), 139–146. https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.515
Porter, M. E. (1985). TECHNOLOGY AND COMPETITIVE ADVANTAGE. Journal of Business Strategy, 5(3), 60–78. https://doi.org/10.1108/eb039075
Pramayoga, P. M. . (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota malang (Studi kasus pada Industri Kreatif di Kota malang). Jurnal Ilmiah.
Puji Santoso, & A. Dewantoro Marsono. (2023). Analysis of Business Model Development in Culinary Businesses Using a Cost-Restricted Business Model Canvas for PNM Mekaar Customers, Banjarnegara Branch. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(8), 1899–1914. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i8.5293
Rafi, A. M. (2022). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Usaha Akan Berhasil atau Gagal. Mekari Journal, 04.
Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, 4(1), 108–123. s.raharja2017@unpad.ac.id%0AABSTRACT
Rajeba, H. N. (2023). Strategi Pemasaran Restoran Cepat Saji Domino’s Pizza Cabang Cilegon Dalam Meningkatkan Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum, 1(1), 151–160. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.183
Ridwan, A., Ferdinant, P. F., & Ekasari, W. (2020). Perancangan mitigasi risiko rantai pasok produk pallet dan dunnage menggunakan metode House of Risk. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(1), 35. https://doi.org/10.36055/tjst.v16i1.8028
Rumra, A. (2022). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Kota Ambon (Studi Kasus Pada Ritel Modern Indomart Di Desa Batu Merah Kota Ambon). Hipotesa, 16(1), 1–17.
Saadiah, T. ~A. ~B. T. H., Maryana, M. ~N., Nursalwani, M., Suhana, Z., Airina, R. ~K. R. I., & Intan, M. S. (2021). Impact of participation on Agro-food entrepreneurship (Frozen food) and marketing strategy training module among housewife and single mother in Kelantan. American Institute of Physics Conference Series, 2347, 20105. https://doi.org/10.1063/5.0051829
Sedyaningrum, M., Prasetya, A., & Mawardi, M. K. (2019). The Effect of Strategic Supplier Partnership on Supply Chain Integration, Supply Chain Performance and Farmers Performance. Wacana, 22(1), 1–9.
Selvam, P. M. (2022). an Analysis of Maslow Hierarchy Approaches and Impact of Self Esteem Among Adolescents. O) Available Online @ Www.Iaraindia.Com RESEARCH EXPLORER-A Blind Review & Refereed Quarterly International Journal, X(63185), 2349–1647. www.iaraindia.com
Setyawan, A. A., Mudhofar, F., Arum, Y., Susila, I., & Nasir, M. (2022). Strategic Partnership between SME Retailers and Modern Suppliers in Indonesia: A Relationship Marketing Approach. Organizations and Markets in Emerging Economies, 13(2), 317–335. https://doi.org/10.15388/omee.2022.13.82
Sinuraya, J., Makmur Tarigan, Wiwin Sry A B, & Orli Binta Tumanggor. (2023). Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Frozen Food Dapoer Mama Ana Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Kota Medan Sumatera Utara. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 2(01), 26–33. https://doi.org/10.54209/jumas.v2i01.36
Sula, A. E., & Chamalinda, K. N. L. (2021). Analisis Bisnis Dan Tren Konsumsi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Terhadap Frozen Food Pada Masa Pandemi Covid 19. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 13(1), 52–68. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v13i1.1599
Sulistyaningsih, E., Murti, W., & Kurniati, A. (2023). Determinan Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Makanan Franchise Di Dki Jakarta. Urnal Multidisiplin Borobudur, 1(1). https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/jmb/article/view/1211%0Ahttps://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/jmb/article/download/1211/978
Syarifuddin, A. D. I., Basalamah, S., Sinring, B., & Mas’ud, M. (2021). Open Access The Effect of Marketing Mix on Consumer Purchase Intention and Decisions on Frozen Food in Makassar , Indonesia Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin , Salim Basalamah , Bahar Sinring ,. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(4), 32–40.
Tangus, D., & Omar, N. (2017). Effects of Market Expansion Strategies on Performance of Commercial Banks in Mombasa County. International Journal of Economics, Business and Management Research, 1(02), 39–50. https://ijebmr.com/uploads/ART_01_12.pdf
Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 1, 204–220. https://doi.org/10.21009/japa.0102.05
Wang, H. (2010). Analysis and Control of Quality and Safety in the Instant Frozen Dumplings Supply Chain. 4249–4255. https://doi.org/10.1061/41139(387)595
Wati, Mustika, D., Alfisah, E., & Purboyo. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Frozen Food Bon-Bon Banjarmasin. 2023(Senasekon), 371–379.
Wicaksana, W. R., Paramastri, B., & Ardyanfitri, H. (2021). Purchase Intention Produk Frozen Food Berdasarkan Perceived Quality Dan Price Fairness. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.15642/manova.v4i1.382
Widowati, D., & Ningtiyas, L. M. W. (2022). Analisis Penyimpanan dan Penempatan Barang Pada PT Bintang Dagang Internasional (Haistar) Surabaya Dalam Mendukung Ketersediaan Barang di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 6(2), 100–114. https://doi.org/10.25139/jiabi.v6i2.5212
Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi, 9(2), 1–74. https://doi.org/10.32502/jimn
Yam, K., & Lee, D. S. (2012). Emerging food packaging technologies: An overview (pp. 1–9). https://doi.org/10.1016/B978-1-84569-809-6.50001-4