Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan numerasi siswa di Yayasan Sevilla Madani. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pemanfaatan limbah kertas sebagai media pembelajaran interaktif. Metode: Kegiatan ini dilakukan di Yayasan Sevilla Madani Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan 53 siswa didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan edukatif, di mana siswa dilibatkan secara aktif dalam proses belajar melalui media interaktif yang dibuat dari kertas bekas dan kardus, serta observasi dan wawancara untuk pengumpulan data. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yakni literasi meningkat dari 65% menjadi 80%, dan numerasi meningkat dari 60% menjadi 75%, meskipun peningkatan kemampuan literasi dan numerasi belum signifikan. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan minat belajar siswa, namun diperlukan metode tambahan untuk mencapai peningkatan yang lebih signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi.

Keywords

Limbah kertas Literasi Numerasi Pembelajaran interaktif Limbah kertas Literasi Numerasi Pembelajaran interaktif

Article Details

How to Cite
Arifin, A. H., Sudarmo, A., Andriyansah, A., Safitri, J., Geraldina, I., & Kardini, N. L. (2024). Pemanfaatan Limbah Kertas Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak di Yayasan Sevilla Madani. Jurnal SOLMA, 13(3), 1780–1789. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16704

References

Read More

Most read articles by the same author(s)