Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan numerasi siswa di Yayasan Sevilla Madani. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pemanfaatan limbah kertas sebagai media pembelajaran interaktif. Metode: Kegiatan ini dilakukan di Yayasan Sevilla Madani Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan 53 siswa didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan edukatif, di mana siswa dilibatkan secara aktif dalam proses belajar melalui media interaktif yang dibuat dari kertas bekas dan kardus, serta observasi dan wawancara untuk pengumpulan data. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yakni literasi meningkat dari 65% menjadi 80%, dan numerasi meningkat dari 60% menjadi 75%, meskipun peningkatan kemampuan literasi dan numerasi belum signifikan. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan minat belajar siswa, namun diperlukan metode tambahan untuk mencapai peningkatan yang lebih signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi.

Keywords

Limbah kertas Literasi Numerasi Pembelajaran interaktif Limbah kertas Literasi Numerasi Pembelajaran interaktif

Article Details

How to Cite
Arifin, A. H., Sudarmo, A., Andriyansah, A., Safitri, J., Geraldina, I., & Kardini, N. L. (2024). Pemanfaatan Limbah Kertas Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak di Yayasan Sevilla Madani. Jurnal SOLMA, 13(3), 1780–1789. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16704

References

  1. Arfah, M. (2017). Pemanfaatan limbah kertas menjadi kertas daur ualng bernilai tambah oleh mahasiswa. Buletin Utama Teknik, 13(1), 28–31.
  2. Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Paud di Kota Tangerang dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151–157. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571
  3. Defalque, C. M., Marins, F. A. S., da Silva, A. F., & Rodríguez, E. Y. A. (2021). A review of waste paper recycling networks focusing on quantitative methods and sustainability. Journal of Material Cycles and Waste Management, 23(1), 55–76. https://doi.org/10.1007/s10163-020-01124-0
  4. Dianastiti, Y., Rico Andhika Putra, & Gumelar, W. T. G. (2024). Edukasi Pentingnya Literasi Dan Numerasi Bagi Siswa Sekolah Tingkat Dasar. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 70–73. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.354
  5. Dwtiyanti, N., & Wulandari, S. (2022). Pemanfaatan Limbah Kertas dan Kardus Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Rumah. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1211
  6. Grotlüschen, A., Desjardins, R., & Liu, H. (2020). Literacy and numeracy: Global and comparative perspectives. International Review of Education, 66(2–3), 127–137. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09854-x
  7. Madini, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Literasi Dan Numerasi SMP Dharma Wanita 9 Taman. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.693
  8. Rosidin. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada. Istifkar: jurnal pendidikan islam, 2(1).
  9. Rusnilawati, R., Mirza, A. S., & ... (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Edukatif dari Sampah Anorganik bagi Siswa dan Guru di SLB N Semarang. Proceeding of The …, 197–205. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/118/115
  10. Salminen, J., Khanolainen, D., Koponen, T., Torppa, M., & Lerkkanen, M. K. (2021). Development of Numeracy and Literacy Skills in Early Childhood—A Longitudinal Study on the Roles of Home Environment and Familial Risk for Reading and Math Difficulties. Frontiers in Education, 6(October). https://doi.org/10.3389/feduc.2021.725337
  11. Sholeh, M. I., Fathurro’uf, M., Sokip, S., Syafi’i, A., ’Azah, N., & Andayani, D. (2023). Partisipasi Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Pesantren. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 121–141. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.759
  12. Siregar, K. S., Harahap, M. S., Simatupang, N., & Harahap, R. (2023). Utilization of Waste Paper as a Learning Media in Elementary School N 200105 Padang Sidempuan City. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 345–350. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1591
  13. Sobry, M., & Sa’i, M. (2020). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pemanfaatan Media Sederhana Dan Modern. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 97–118. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2347
  14. Sugiarti, S., & Akhodiyah, S. (2024). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Melalui Kampus Mengajar Di SD Negeri 01 Rejosari. Journal of Sustainable …, 2(1), 33–42. https://www.journal-computing.org/index.php/journalscd/article/view/559%0Ahttps://www.journal-computing.org/index.php/journalscd/article/download/559/235
  15. Touhey, R. (2023). Building a Bridge. Conflicting Visions, 25–46. https://doi.org/10.59962/9780774829021-006
  16. Zutiasari, I., Rahayu, W. P., Fitri, R., Martha, J. A., Malang, U. N., & Lifestyle, W. (2023). Pemilahan Sampah Dan Pemanfaatan Limbah Kertas Sebagai Edukasi Zero Waste Lifesyle Menuju Wairausaha Berbasis Lingkungan. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(3), 86–90.