Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan teknologi yang eksponensial memberikan pengaruh pada sebagian besar aspek kehidupan manusia. Salah satu konsekuensinya adalah siswa kini dapat dengan mudah mengambil sumber daya pendidikan. Meskipun demikian, hasil wawancara menunjukkan bahwa kemajuan digitalisasi belum sejalan dengan tingkat literasi digital di kalangan siswa. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa SMK memperoleh manfaat dari pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi digital sebagai media pemerolehan literatur, dengan maksud untuk menumbuhkan minat literasi digital yang lebih besar. Metode: Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahap. Pada tahap awal, tim pelaksana bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menyusun jadwal kegiatan pada tahap perencanaan. Selanjutnya, anggota PkM bertugas untuk menyiapkan semua materi yang diperlukan untuk penyajian. Tahap kedua adalah pelaksanaan kegiatan oleh tim PkM yang bermitra dengan para pendidik di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2.  Terakhir, tahap ketiga adalah evaluasi. PkM dilaksanakan selama tiga hari, tepatnya pada tanggal 3 September 2024 sampai dengan tanggal 5 September 2024. Sebanyak 30 siswa mengikuti pengabdian kepada masyarakat ini. Hasil: Hasil evaluasi yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan bahwa 88 persen peserta aktif dalam PkM ini memenuhi kriteria. Lebih lanjut, hasil tersebut menunjukkan tingkat kepuasan peserta. Kesimpulan: Jumlah siswa yang terlibat dalam PkM ini menjadi bukti pernyataan tersebut. Selain itu, pemanfaatan literasi digital meningkatkan minat siswa di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2.

Keywords

Digital Literacy Literature Students Literasi Digital Sastra Siswa

Article Details

How to Cite
Mubarok, Y., & Sugiyo, S. (2024). Eksplorasi Literasi Digital dan Pendidikan Sastra di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal SOLMA, 13(3), 1574–1581. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16224

References

Read More