Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan teknologi yang eksponensial memberikan pengaruh pada sebagian besar aspek kehidupan manusia. Salah satu konsekuensinya adalah siswa kini dapat dengan mudah mengambil sumber daya pendidikan. Meskipun demikian, hasil wawancara menunjukkan bahwa kemajuan digitalisasi belum sejalan dengan tingkat literasi digital di kalangan siswa. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa SMK memperoleh manfaat dari pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi digital sebagai media pemerolehan literatur, dengan maksud untuk menumbuhkan minat literasi digital yang lebih besar. Metode: Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahap. Pada tahap awal, tim pelaksana bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menyusun jadwal kegiatan pada tahap perencanaan. Selanjutnya, anggota PkM bertugas untuk menyiapkan semua materi yang diperlukan untuk penyajian. Tahap kedua adalah pelaksanaan kegiatan oleh tim PkM yang bermitra dengan para pendidik di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2.  Terakhir, tahap ketiga adalah evaluasi. PkM dilaksanakan selama tiga hari, tepatnya pada tanggal 3 September 2024 sampai dengan tanggal 5 September 2024. Sebanyak 30 siswa mengikuti pengabdian kepada masyarakat ini. Hasil: Hasil evaluasi yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan bahwa 88 persen peserta aktif dalam PkM ini memenuhi kriteria. Lebih lanjut, hasil tersebut menunjukkan tingkat kepuasan peserta. Kesimpulan: Jumlah siswa yang terlibat dalam PkM ini menjadi bukti pernyataan tersebut. Selain itu, pemanfaatan literasi digital meningkatkan minat siswa di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2.

Keywords

Digital Literacy Literature Students Literasi Digital Sastra Siswa

Article Details

How to Cite
Mubarok, Y., & Sugiyo, S. (2024). Eksplorasi Literasi Digital dan Pendidikan Sastra di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal SOLMA, 13(3), 1574–1581. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16224

References

  1. Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi Wattpad: Studi kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36–45. https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6
  2. Aulia, F. N., Millah, N. H., Nurholiza, Alfazriani, R. S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Dampak gerakan literasi terhadap pengembangan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 151–160. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.811
  3. Bawden, D. (2008). Origins and concepts of digital literacy. Dalam C. Lankshear & M. Knobel (Ed.), Digital literacies: Concepts, policies and practices (pp. 17–32). Peter Lang.
  4. Dewi, P. A. C. (2023). Literasi dampak dan tantangan digitalisasi bagi anak usia sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1389. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15035
  5. Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
  6. Haryati, Thasimmim, S. N., Fadhli, K., Indrawan, & Agus, M. (2021). Komunikasi persuasi dalam penguatan literasi membaca bagi anak sekolah dasar dimasa pandemi. Jurnal Awam, 1(2), 9–15.
  7. Kurniati, G., Egilistiani, R., Wahyuni, Y., & Tisnawijaya, C. (2021). Pengayaan literasi digital di MI Jam’iyyatul Khair: Edpuzzle sebagai media alternatif dalam pembelajaran daring. Acitya Bhakti, 1(2), 116–124. https://doi.org/10.32493/acb.v1i2.10838
  8. Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak literasi digital terhadap peningkatan keprofesionalan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1). https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.486
  9. Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi media dan digital di Indonesia: Sebuah tinjauan sistematis. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 8(2), 205–222. https://doi.org/10.32509/am.v1i01.480
  10. Litt, E. (2013). Measuring users’ internet skills: A review of past assessments and a look toward the future. New Media & Society, 15(4), 612–630. https://doi.org/10.1177/1461444813475424
  11. Maharsi, S. (2000). Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap bidang akuntansi manajemen. Jurnal Akuntansi dan keuangan, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.9744/jak.2.2.pp.%20127-137
  12. Mujianto, H., & Nurhadi, Z. F. (2022). Dampak literasi media berbasis digital terhadap perilaku anti penyebaran hoaks. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 21(1), 31. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v21i1.6419
  13. Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
  14. Nuryadin, N. (2017). Strategi pendidikan Islam di era digital. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 209–226. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i1.637
  15. Pitrianti, S., Sampetoding, E. A. M., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023). Literasi digital pada masyarakat desa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.655
  16. Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Semantik, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p11-24
  17. Rahim, A., & Indah, M. (2024). Pentingnya pendidikan literasi digital di kalangan remaja. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 51–56.
  18. Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimb
  19. Sonck N., Livingstone, S., Kuiper, E., & de Haan, J. (2011). Digital literacy and safety skills. EU Kids Online, London School of Economics & Political Science.
  20. Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
  21. Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283. https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i2.773
  22. Wahbi, A. A., & Ariwibowo, P. (2019). Konsep literasi ekonomi digital: Analisa dampak teknologi terhadap prilaku gaya hidup guru SMP se-Tangerang Selatan. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(01), 37–44. https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.486
  23. Yasmansyah, Y., & Zakir, S. (2022). Arah baru pendidikan agama Islam di era digitalisasi. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.55583/jkip.v3i1.270
  24. Yohamintin, Y., Gumala, Y., Pratiwi, V., & Awiria, A. (2021). Pembinaan literasi membaca melalui self motivation sebagai upaya mengembangkan life skill dan meningkatkan hasil belajar pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–243. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10267
  25. Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 17–23. https://doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871