Main Article Content

Abstract

Background: Kegiatan belajar yang diterapkan oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pagar Alam masih menggunakan media pembelajaran yang sangat sederhana, yaitu menggunakan papan tulis dan kertas. Walaupun teknologi digital sudah semakin berkembang, tetapi para guru di SLB belum memanfaatkannya dengan maksimal karena kurangnya kemampuan dalam menggunakan teknologi. Tujuan kegiatan ini adalah memberdayakan kelompok belajar yaitu guru Sekolah Luar Biasa Negeri di Kota Pagar Alam dengan memberikan kemampuan soft skills agar dapat menyediakan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode: Kegiatan ini dilakukan di SLB Pagar Alam dengan peserta berjumlah 19 orang memiliki beberapa tahapan yaitu, analisis kebutuhan kegiatan, perancangan teknologi yang akan digunakan, pendampingan dan implementasi, dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan ini guru dapat membuat media pembelajaran berupa presentasi, video, poster dan game edukasi sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada siswa SLB. Bertambahnya pemahaman mengenai prinsip pembelajaran berdiferensiasi serta didapatnya keterampilan guru dalam menggunakan Canva, Capcut dan Educandy. Kesimpulan: Seluruh peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menghasilkan media pembelajaran yang baru untuk meningkatkan pembelajaran yang optimal.

Keywords

Kelompok Belajar Media Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Pemberdayaan Kelompok Belajar Media Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Pemberdayaan

Article Details

How to Cite
Aminah, S., Apriana, A., & Susanti, T. (2024). Pemberdayaan Komunitas Belajar (KomBel) Sekolah Luar Biasa Pagar Alam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal SOLMA, 13(3), 1770–1779. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16149

References

  1. Al Irsyadi, F. Y., Susanti, L. D., & Kurniawan, Y. I. (2021). Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.54082/jiki.7
  2. Aminah, S., Gusmaliza,D., Puspita, D. (2024). Optimalisasi Pembuatan Media Promosi Menggunakan Canva Pada PAUD An Naba Kota Pagar Alam. 2(2), 33–39. https://doi.org/10.59395/ahsana.v2i2.336
  3. Cindy, A. H., Hariyati, N., Haq, M. S., Setiawan, A. C., Berliana, D. A. D., & Aulia, A. Z. (2024). Pelatihan Digitalisasi Penerapan Model dalam Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru Di Siln Singapura. Journal of Cummunity Engagement in Education, 3(1), 1–16.
  4. Dewi, C. (2023). Training To Create Digital Learning Media Through Canva and Camtasia. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 7(2), 269–292.
  5. Effendy, V., Alibasa, M. J., & Herdiani, A. (2023). Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Video Ajar dengan Capcut.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2309–2317. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5981%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/5981/3377
  6. Ester, V. (2021). Hak Anak Berkebutuhan Khusus untuk Mendapatkan Pendidikan di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Samarinda. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(9), 337–347. https://doi.org/10.56393/decive.v1i9.523
  7. Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., Rohmah, N. D., Putri, A. K., Arista, A. D., Sari, D. W., Komara, O. C. R., & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 117–124. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23049
  8. Halil, R., Wahyudi, H., & Darmawan, H. (2024). Pelatihan bagi Guru Bahasa Arab dalam Menggunakan Educandy sebagai Media Pembelajaran di Kabupaten Kampar. 6, 1–15.
  9. Mulia, I., S, L. Y., & W, N. M. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Bahasa Arab VIII AKelas DI SMP MASHITA Batam. 2(2), 10–23.
  10. Nurul, A., & Lilik, S. H. (2023). Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. JDIMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(2), 49–54.
  11. Praptaningrum, A. (2020). PENERAPAN BAHAN AJAR AUDIO UNTUK ANAK TUNANETRA TINGKAT SMP DI INDONESIA Agnes Praptaningrum seperangkat tunanetra dan noncetak . Bahan ajar cetak dapat. 5, 1–19.
  12. Puspita, D., & Dewi, N. C. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital dengan Canva bagi Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 4382–4387. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2075%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/2075/1420
  13. Rofiah, N. H., Setyawati, N., Peni, N., & ... (2024). Professional Development Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 5(November 2023), 1–10. http://jurnal.unpad.ac.id/sawala/article/view/50937
  14. Rosyida Nurul Anwar. (2022). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Guru Di Kota Madiun. 24(2), 17–33.
  15. Supriyadi, Dina Maulina, Irwandani, M. K. (2024). Pemberdayaan Komunitas Belajar Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3, 12–21. https://doi.org/10.46843/jmp.v3i1.294
  16. Sutarsi Suhaeb, Anita Candra Dewi, N. (2024). Pelatihan Implementasi Media Berbasis IT Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Di Sulawesi Selatan. 02, 5–16.
  17. Yusma Dewi, Januar, H., Nuvitalia, D., & Hartati4. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.