Main Article Content

Abstract

Background: Salah satu faktor penting yang dapat mempercepat dan memperkaya perkembangan sosial-emosional anak adalah keterlibatan orang tua di lembaga PAUD. Untuk mencapai hal ini, orang tua harus memahami pentingnya stimulasi perkembangan sejak usia dini dan bagaimana melakukan asesmen perkembangan pada anak. Tujuan: Memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini mulai dari pentingnya, stimulasi perkembangan sampai asesmen perkembangannya. Metode: Lembaga mitra SPS Negeri Bale Bermain Bunga Mawar, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Peserta yang hadir 33 orang tua. Metode yang dilakukan pendidikan masyarakat berupa seminar parenting. Pengambilan data dengan memberikan instrumen berupa angket kepada orang tua dalam format google form. Hasil: Banyak pertanyaan dari orang tua menunjukkan bahwa orang tua sangat antusias saat narasumber menjelaskan materi. Selain itu, orang tua menerima contoh praktis tentang cara mendorong perkembangan sosial emosional anak usia dini dan bagaimana melakukan asesmen perkembangan sosial emosional untuk anaknya. Kesimpulan: Perlunya peran aktif orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional dengan berbagai bentuk stimulasi yang tepat dan sesuai untuk anak usia dini melalui kegiatan bermain. Dilanjutkan dengan melakukan asesmen perkembangan pada anak usia dini untuk melihat proses tumbuh kembangnya.

Keywords

Peran orang tua Perkembangan sosial emosional Pulau Untung Jawa Kajian psikologi dan sosiologi SPS (Satuan PAUD Sejenis)

Article Details

How to Cite
Pujianti, Y., Komara , E., Koswara , N., Nuryati , E., & Aminah, S. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini : Tinjauan Psikologi dan Sosiologi: Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini : Tinjauan Psikologi dan Sosiologi. Jurnal SOLMA, 13(2), 1327–1337. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.13526

References

Read More