Main Article Content
Abstract
Background: Salah satu faktor penting yang dapat mempercepat dan memperkaya perkembangan sosial-emosional anak adalah keterlibatan orang tua di lembaga PAUD. Untuk mencapai hal ini, orang tua harus memahami pentingnya stimulasi perkembangan sejak usia dini dan bagaimana melakukan asesmen perkembangan pada anak. Tujuan: Memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini mulai dari pentingnya, stimulasi perkembangan sampai asesmen perkembangannya. Metode: Lembaga mitra SPS Negeri Bale Bermain Bunga Mawar, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Peserta yang hadir 33 orang tua. Metode yang dilakukan pendidikan masyarakat berupa seminar parenting. Pengambilan data dengan memberikan instrumen berupa angket kepada orang tua dalam format google form. Hasil: Banyak pertanyaan dari orang tua menunjukkan bahwa orang tua sangat antusias saat narasumber menjelaskan materi. Selain itu, orang tua menerima contoh praktis tentang cara mendorong perkembangan sosial emosional anak usia dini dan bagaimana melakukan asesmen perkembangan sosial emosional untuk anaknya. Kesimpulan: Perlunya peran aktif orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional dengan berbagai bentuk stimulasi yang tepat dan sesuai untuk anak usia dini melalui kegiatan bermain. Dilanjutkan dengan melakukan asesmen perkembangan pada anak usia dini untuk melihat proses tumbuh kembangnya.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial
- Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70.
- Clara, E., & Wardani, A. A. D. (2020). Sosiologi Keluarga. Unj Press.
- Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190.
- RPTRA, P. K. M. R. P. A. (2019). Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat (PKM).
- ERIKSON, T. P. P. E. H. (n.d.). B. Pokok Bahasan II. Siklus kehidupan manusia, 12.
- Hapidin, H., Gunarti, W., Pujianti, Y., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Proyek Bermuatan Konten STEAM melalui Media Komik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(2), 126–133.
- Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2021). Manajamen Pendidikan TK/PAUD (3rd ed.). Universitas Terbuka. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=40190
- Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2022). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. UNJ Press.
- Henri, G. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Permendikbud Nomor 137 Dan146. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 17(2), 70–76.
- Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis komparasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini (STPPA) berdasarkan permendikbud no. 137 tahun 2014 dengan permendikbudristek no. 5 tahun 2022. Jurnal Intisabi, 1(1), 29–40.
- ID’HA, T. U. (2021). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Melalui Teknik Checklist Di Tk Aisyiyah 8 Melirang. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 3(1), 1–9.
- Irma, M. C. H. N., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108.
- Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.
- My, W., & Pujianti, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5–6 Tahun Melalui Media Kartu Kata (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Puri Hasana, Bekasi Barat, 2021). Al Hanin Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 59–67.
- Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102.
- Pujianti, Y. (2022). Mengembangkan Konsep Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran (Penelitian Tindakan Di Tk B Labschool Stai Bani Saleh, Bekasi). Al Hanin, 2(2), 56–66.
- Sabekti, G. (2022). Peran dan kerjasama pemerintah, orang tua dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah lembaga paud. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, 1, 187–193.
- Yenti, S., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819.
References
Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial
Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70.
Clara, E., & Wardani, A. A. D. (2020). Sosiologi Keluarga. Unj Press.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190.
RPTRA, P. K. M. R. P. A. (2019). Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat (PKM).
ERIKSON, T. P. P. E. H. (n.d.). B. Pokok Bahasan II. Siklus kehidupan manusia, 12.
Hapidin, H., Gunarti, W., Pujianti, Y., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Proyek Bermuatan Konten STEAM melalui Media Komik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(2), 126–133.
Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2021). Manajamen Pendidikan TK/PAUD (3rd ed.). Universitas Terbuka. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=40190
Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2022). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. UNJ Press.
Henri, G. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Permendikbud Nomor 137 Dan146. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 17(2), 70–76.
Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis komparasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini (STPPA) berdasarkan permendikbud no. 137 tahun 2014 dengan permendikbudristek no. 5 tahun 2022. Jurnal Intisabi, 1(1), 29–40.
ID’HA, T. U. (2021). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Melalui Teknik Checklist Di Tk Aisyiyah 8 Melirang. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 3(1), 1–9.
Irma, M. C. H. N., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108.
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.
My, W., & Pujianti, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5–6 Tahun Melalui Media Kartu Kata (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk Puri Hasana, Bekasi Barat, 2021). Al Hanin Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 59–67.
Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102.
Pujianti, Y. (2022). Mengembangkan Konsep Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran (Penelitian Tindakan Di Tk B Labschool Stai Bani Saleh, Bekasi). Al Hanin, 2(2), 56–66.
Sabekti, G. (2022). Peran dan kerjasama pemerintah, orang tua dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah lembaga paud. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, 1, 187–193.
Yenti, S., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819.