Main Article Content

Abstract

Background: Upaya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di sekolah melalui edukasi pengenalan dan pengendalian bahaya potensial terutama bagi para guru penting dilakukan agar proses belajar-mengajar tidak terhambat yang diakibatkan oleh guru yang cidera atau sakit. Meningkatkan pengetahuan setiap guru tentang berbagai bahaya potensial pekerjaannya dan mampu melakukan langkah pengendalian terhadap bahaya potensial yang ditemukan. Metode: Metode yang digunakan adalah penyuluhan atau edukasi ceramah dengan penyajian materi selama 30 menit, diikuti diskusi tanya jawab. Peserta yang terlibat adalah guru SD Muhammadiyah 16 dan 52 Bukit Duri. Peningkatan pengetahuan diukur dengan melakukan pre-tes sebelum ceramah dan dilakukan post-test setelah ceramah. Hasil pre-test dan post-test dilakukan analisis menggunakan program IBM SPSS Statistic 24 metode uji paired T-test. Hasil: Nilai Korelasi antara 2 variabel pretest dan posttest responden penyuluhan “Edukasi Potensi Bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Guru di SDN Muhammadiyah 16 dan 52 Bukit Duri” sebesar 0,632, artinya terdapat hubungan yang hubungan kuat dan positif. Nilai probabilitas/p value uji T Paired sebesar 0,027, artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan, sebab nilai p value < 0,05 (95 % kepercayaan). Kesimpulan: Edukasi pengenalan dan pengendalian bahaya potensial pekerjaan efektif dalam meningkatkan pengetahuan Guru SD Muhammadiyah 16 dan 52 Bukit Duri.

Keywords

Bahaya Potensial Guru Hirarki Kontrol Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bahaya Potensial Guru Hirarki Kontrol Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Article Details

How to Cite
Mawanti, W. T., Harahap, R. E. G., Yati, K., Setiawan, A. A., Khoirunisa, I., Intan, A., & Abdulloh, A. (2025). Edukasi Pengenalan Dan Pengendalian Bahaya Potensial Pekerjaan Pada Guru SD Muhammadiyah 16 Dan 15 Bukit Duri. Jurnal SOLMA, 14(2), 2678–2683. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.15248

References

  1. Canadian Centre of Occupational Health and Safety. Occupations and Workplace. Available at: https://www.ccohs.ca/oshanswers/occup_workplace/teacher.html
  2. Centers for Diseases Control and Prevention. Hierarchy of Controls. https://www.cdc.gov/niosh/topics/hierarchy/default.html
  3. H, Rahardjo SS. Faktor risiko gangguan muskuloskeletal pada guru sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip). 2021;9(2):180–8.
  4. Health and Safety Executive. Health and safety checklist for classrooms. https://www.hse.gov.uk/risk/classroom-checklist.htm
  5. Kaiko Mubita1. Management of Safety and Health in Schools: Benefits, Challenges and Prospects. International Journal of Social Science and Education Research Studies ISSN(print): 2770-2782, ISSN(online): 2770-2790.Volume 03 Issue 04 April 2023
  6. Mark Hayford Dwira. Ergonomics And Occupational Health Hazards And Safety Of Teachers In Ghanaian Schools. A Case Of Mampong Municipality. 2014. https://Www.Academia.Edu/7407541/Ergonomics_And_Occupational_Health_Hazards_And_Safety_Of_Teachers_In_Ghanaian_Schools_A_Case_Of_Mampong_Municipality
  7. Mustari, Muhammadong. Perlindungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Bagi Guru SMPN/SMP Swasta Se Kabupaten Maros. Universitas Negeri Makassar
  8. Nur Asniati Djaali.,et.al. Penerapan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Melalui Sosialisasi Potensi Bahaya Di Sekolah. http://dx.doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.290
  9. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja,Jaminan Kematian, Dan Jaminan Hari Tua. https://peraturan.bpk.go.id/Details/195976/permenaker-no-5-tahun-2021
  10. Peraturan pemerinta Nomor 74 tahun 2008 tentang guru. https://peraturan.bpk.go.id/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008
  11. Peraturan Presiden No.7 Tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja. https://peraturan.bpk.go.id/Details/101622/perpres-no-7-tahun-2019
  12. Setyawati H, Rahardjo SS. Faktor risiko gangguan muskuloskeletal pada guru sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip). 2021;9(2):180–8.
  13. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
  14. Viviane Farid Fahmy. Prevalence, risk factors and quality of life impact of work-related musculoskeletal disorders among school teachers in Cairo, Egypt. Fahmy et al. BMC Public Health (2022) 22:2257 https://doi.org/10.1186/s12889-022-14712-6Setyawati
  15. Wahyuni S, Adi MIS. Analisis faktor risiko psikososial pada guru sekolah dasar. J Kesehatan Kerja dan Lingkungan. 2019;11(1):35–41.