Main Article Content
Abstract
Background: Sebahagian besar orang masih menganggap matematika sebagai ilmu yang sulit dan membingungkan karena dalam praktiknya, ilmu tersebut cenderung hanya ditekankan pada penguasaan konsep dan pengaplikasian matematika dalam soal-soal standar ujian tertulis tanpa adanya integrasi dengan kehidupan nyata. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan eduksi tentang bagaimana implementasi ilmu matematika dalam dunia nyata khusus nya bidang kemaritiman dengan memberikan berbagai contoh permasalahan dan cara memecahkan masalah menggunakan ilmu matematika. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan di SMA N 21 Batam dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang. Kegiatan ini berlangsung selama enam minggu dengan intervensi memberikan edukasi tentang implementasi ilmu matematika dalam bidang kemaritiman dengan praktik penggunaan software statistika dalam proses pembelajaran matematika. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari prestest, uraian materi, praktik, sesi diskusi, dan post test. Hasil: Hasil pretest menunjukkan bahwa persentase tingkat motivasi siswa pada pembelajaran matematika masih banyak yang kurang termotivasi bahkan tidak termotivasi. sedangkan hasil post test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi siswa setelah dilakukan pelatihan software statistika menggunakan data kemaritiman. Peserta juga memperoleh pengetahuan tentang implementasi ilmu matematika dalam berbagai bidang dengan emanfaatkan software statistika. Kesimpulan: Para siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini yang ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman, motivasi dan kepuasan dalam belajar ilmu matematika. Meskipun sudah memiliki pemahaman yang cukup, namun sebaiknya siswa dan guru matematika juga mampu meningkatkan motivasi dalam mempelajari ilmu matematika dengan pendekatan studi kasus dan penggunaan berbagai software matematika dalam proses pembelajaran.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar di MA Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421–432. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1977
- Aureza, R., & Ardin, A. (2021). Pengaruh Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 35 Bekasi. Jurnal Pendidikan, 30(3), 377. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832
- Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568
- Hanum Hanifa Sukma. (2016). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Seminar Dies Natalis Ke-41, 1–8.
- Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
- Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
- Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
- Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital [Character Education in Primary School Children in the Digital Age]. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41.
- Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, November, 289–302.
- Ramadhania, S. S., & Saputro, M. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 137–144.
- Rat Dwiyana Putra, I. D. G. (2019). Peran Kepuasan Belajar Dalam Mengukur Mutu Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.756
- Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 110–117. https://doi.org/10.29210/02018190
- Simaremare, D. A., & Juniadi, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Menggunakan End User Computing Satisfication. Jurnal Infortech, 2(2), 250–257. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9257
- Statistik Sektoral Pemerintah Kota Batam Tahun 2022. (2022). Statistik Sektoral 2022. 1–370.
- Yuniarti, S., Permana, S. A., & Budiastra, A. A. K. (2022). Pengaruh Kesiapan dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 367–380.
References
Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar di MA Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421–432. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1977
Aureza, R., & Ardin, A. (2021). Pengaruh Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 35 Bekasi. Jurnal Pendidikan, 30(3), 377. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832
Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568
Hanum Hanifa Sukma. (2016). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Seminar Dies Natalis Ke-41, 1–8.
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital [Character Education in Primary School Children in the Digital Age]. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, November, 289–302.
Ramadhania, S. S., & Saputro, M. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 137–144.
Rat Dwiyana Putra, I. D. G. (2019). Peran Kepuasan Belajar Dalam Mengukur Mutu Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.756
Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 110–117. https://doi.org/10.29210/02018190
Simaremare, D. A., & Juniadi, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Menggunakan End User Computing Satisfication. Jurnal Infortech, 2(2), 250–257. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9257
Statistik Sektoral Pemerintah Kota Batam Tahun 2022. (2022). Statistik Sektoral 2022. 1–370.
Yuniarti, S., Permana, S. A., & Budiastra, A. A. K. (2022). Pengaruh Kesiapan dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 367–380.