Main Article Content

Abstract

Background: Pada era digital media pembelajaran komputer dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika salah satunya GeoGebra. Pemanfaatan aplikasi GeoGebra memberikan beberapa keuntungan diantaranya dapat menghasilkan gambar–gambar berupa grafik dengan cepat dan teliti, dan memberikan pengalaman visual yang lebih jelas. Kegiatan ini bertujuan mendeskripsikan respon dan minat belajar siswa terhadap penggunaan GeoGebra pada pembelajaran matematika Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Responden merupakan siswa dari SMK Putra Jaya School Batam kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan sebanyak 20 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil: Meningkatnya antusias dan minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika khususnya Trigonometri. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai persentase respon siswa adalah sebesar 82% berada pada kategori sangat baik dan pesrsentase minat belajar siswa yaitu sebesar 80% berada pada kategori baik. Kesimpulan: Siswa lebih cepat memahami materi tersebut dengan menggunakan aplikasi GeoGebra. Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan aplikasi GeoGebra ini diharapkan siswa mampu memahami materi matematika dengan baik, dan diharapkan guru dapat memanfaatkan aplikasi GeoGebra dalam setiap proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika.

Keywords

GeoGebra Matematika Trigonometri

Article Details

How to Cite
Widya Reza, Faradiba Jabnabillah, & Sabariansyah. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Matematika . Jurnal SOLMA, 12(1), 219–225. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10615

References

Read More

Most read articles by the same author(s)