Main Article Content
Abstract
Background: Pada era digital media pembelajaran komputer dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika salah satunya GeoGebra. Pemanfaatan aplikasi GeoGebra memberikan beberapa keuntungan diantaranya dapat menghasilkan gambar–gambar berupa grafik dengan cepat dan teliti, dan memberikan pengalaman visual yang lebih jelas. Kegiatan ini bertujuan mendeskripsikan respon dan minat belajar siswa terhadap penggunaan GeoGebra pada pembelajaran matematika Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Responden merupakan siswa dari SMK Putra Jaya School Batam kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan sebanyak 20 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil: Meningkatnya antusias dan minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika khususnya Trigonometri. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai persentase respon siswa adalah sebesar 82% berada pada kategori sangat baik dan pesrsentase minat belajar siswa yaitu sebesar 80% berada pada kategori baik. Kesimpulan: Siswa lebih cepat memahami materi tersebut dengan menggunakan aplikasi GeoGebra. Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan aplikasi GeoGebra ini diharapkan siswa mampu memahami materi matematika dengan baik, dan diharapkan guru dapat memanfaatkan aplikasi GeoGebra dalam setiap proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Shandy, A. (2018). Pemanfaatan apliksi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Pros. Semin. Nas., 3(1), 312–322.
- Andri, R., Purni, M. H., & Aulia, A. R. A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., 1(1), 11–19.
- Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., 5(1), 10–19.
- Judith, H., & Markus, H. (2011). Introduction to GeoGebra 4. Florida: Florida state university
- Ali, M. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., no. November, 469–477.
- Luckson, K. (2013). Information and Communication Technology (ICT) and Attainment of the Millennium Development Goals (MDGs): The Interdependence between MDGs’ Educational and Socio-economic Goals. J. Commun., 4(1), 33–40.
- Hussen, S., et al. (2021). Developing online interactive learning media by using easyclass with geogebra to help students representation mathematic on linear programming. J. Phys. Conf, 1(3), 1–11.
- Yimer, S.T., & Feza, N.N. (2020). Learners’ Conceptual Knowledge Development and Attitudinal Change towards Calculus Using Jigsaw Co-operative Learning Strategy Integrated with GeoGebra. Int. Electron. J. Math. Educ, 1(5), 1–26.
- Septian, A., Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through GeoGebra-assisted project-based learning models. J. Phys. Conf., 16(5), 2–10.
- Rahman, O., & Johar, R. (2021). Improving high school students’ critical thinking ability in linear programming through problem based learning assisted by GeoGebra. J. Phys. Conf, 18(2).
- Velikova, E., & Petkova, M. (2019). Analysing Students’ Creativity in Integrating GeoGebra Applets in Solving Geometrical Problems. Baltic. J. Mod. Comput, 8(2).
- Tola, B.B., & France, M. (2022). The effect of geogebra on STEM students learning trigonometric functions. Cogent Education, 9(1), 1–18.
- Hobri, R.P., & Murtikusuma, L. (2019). Hermawan, I. Development of e-comic using pixton and kelase web on linear program of two variables assisted by GeoGebra. J. Phys. Conf, 12(6), 1–10.
- Birgin, O., & Acar, H. (2020). The effect of computer-supported collaborative learning using GeoGebra software on 11th grade student’s mathematics achievement in exponential and logarithmic functions. Int. J. Math. Educ. Sci. Technol.
- Pamungkas, M.D., Rahmawati, F., & Dinara, H.A. (2020). Integrating GeoGebra into Space Geometry in College. J. Phys. Conf, 19(8), 999–1006.
- Kepceoglu, I., & Yavuz, I. (2016). Teaching a concept with GeoGebra: Periodicity of trigonometric functions. Educ. Res, 11(1), 573–581.
- Martin, B., & Arif, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 4(1), 134–143.
References
Shandy, A. (2018). Pemanfaatan apliksi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Pros. Semin. Nas., 3(1), 312–322.
Andri, R., Purni, M. H., & Aulia, A. R. A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., 1(1), 11–19.
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., 5(1), 10–19.
Judith, H., & Markus, H. (2011). Introduction to GeoGebra 4. Florida: Florida state university
Ali, M. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., no. November, 469–477.
Luckson, K. (2013). Information and Communication Technology (ICT) and Attainment of the Millennium Development Goals (MDGs): The Interdependence between MDGs’ Educational and Socio-economic Goals. J. Commun., 4(1), 33–40.
Hussen, S., et al. (2021). Developing online interactive learning media by using easyclass with geogebra to help students representation mathematic on linear programming. J. Phys. Conf, 1(3), 1–11.
Yimer, S.T., & Feza, N.N. (2020). Learners’ Conceptual Knowledge Development and Attitudinal Change towards Calculus Using Jigsaw Co-operative Learning Strategy Integrated with GeoGebra. Int. Electron. J. Math. Educ, 1(5), 1–26.
Septian, A., Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through GeoGebra-assisted project-based learning models. J. Phys. Conf., 16(5), 2–10.
Rahman, O., & Johar, R. (2021). Improving high school students’ critical thinking ability in linear programming through problem based learning assisted by GeoGebra. J. Phys. Conf, 18(2).
Velikova, E., & Petkova, M. (2019). Analysing Students’ Creativity in Integrating GeoGebra Applets in Solving Geometrical Problems. Baltic. J. Mod. Comput, 8(2).
Tola, B.B., & France, M. (2022). The effect of geogebra on STEM students learning trigonometric functions. Cogent Education, 9(1), 1–18.
Hobri, R.P., & Murtikusuma, L. (2019). Hermawan, I. Development of e-comic using pixton and kelase web on linear program of two variables assisted by GeoGebra. J. Phys. Conf, 12(6), 1–10.
Birgin, O., & Acar, H. (2020). The effect of computer-supported collaborative learning using GeoGebra software on 11th grade student’s mathematics achievement in exponential and logarithmic functions. Int. J. Math. Educ. Sci. Technol.
Pamungkas, M.D., Rahmawati, F., & Dinara, H.A. (2020). Integrating GeoGebra into Space Geometry in College. J. Phys. Conf, 19(8), 999–1006.
Kepceoglu, I., & Yavuz, I. (2016). Teaching a concept with GeoGebra: Periodicity of trigonometric functions. Educ. Res, 11(1), 573–581.
Martin, B., & Arif, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 4(1), 134–143.