Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Pelatihan dan pengembangan perlu dilakukan untuk mengasah soft skill seseorang, terutama para siswa dari lulusan SMK yang memiliki kejuruan pada bidang-bidang yang digelutinya. Studi ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif dalam meningkatkan bisnis pada siswa lulusan SMK. Metode: Metode yang digunakan yaitu in deep interview, studi literatur yang relevan, menyusun rencana kegiatan seminar dan workshop, pelaksanaan kegiatan PKM, evaluasi kegiatan, serta penyusunan dan penyerahan laporan kegiatan. Hasil: Kegiatan ini menjadi upaya untuk menggerakkan minat bakat siswa SMK karena dapat di sesuaikan dengan tingkat kemampuan dan keahlian yang dimilikinya. Kesimpulan: Siswa-siswa SMK menjadi lebih memahami tentang kewirausahaan yang berbasis industri kreatif. Pemahaman dan pengetahuan tersebut dapat di implementasikan untuk kegiatan berwirausaha yang akan di jalankan siswa atau kelompok usaha yang ada di kota batu.

Keywords

Industri Kreatif Kewirausahaan Pelatihan Pengembangan pelatihan pengembangan Kewirausahaan program kreatif kewirausahaan

Article Details

How to Cite
Kusuma Ningsih, R., Pardiman, P., & Harijanto, D. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Industri Kreatif Pada Siswa Lulusan SMK di Kota Batu . Jurnal SOLMA, 13(1), 168–177. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14130

References

  1. Adekiya, A., & Ibrahim, F. (2016). Entrepreneurship intention among students. The antecedent role of culture and entrepreneurship training and development. The International Journal of Management Education, 14. 116-132.
  2. Al Hakim, A. L., & Indrawati, L. R. (2021). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Melalui Kegiatan Pelatihan Pemuda Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 4(2), 88.
  3. Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2018). Entrepreneurial intention among engineering students: The role of entrepreneurship education. European Research on Management and Business Economics, 24, 53–61.
  4. Daoed, T. S., Nasution, M. A., & Firah, A. (2020). Pengembangan Peran Sekolah Dan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Meningkatkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Kurikulum 2013 Pada Siswa/I SMKS TIK Darussalam Medan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 56-64.
  5. Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2016). Upaya peningkatan kreativitas seni rupa siswa melalui teknik pencetakan dengan bantuan media asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1). 7-14
  6. Deviyanti, I. S., Kunhadi, D., Sutejo, B., & Chusaini, A. (2022, December). Pendampingan dan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Produksi dan Bisnis Dalam Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Siswa SMKN 3 Buduran Sidoarjo. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan.
  7. Diandra, D. (2019, August). Program pengembangan kewirausahaan untuk menciptakan pelaku usaha sosial yang kompetitif. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 1340-1347).
  8. Ermawati, N., Soesilowati, E., & Prasetyo, P. E. (2017). Pengaruh need for achivment dan locus of control terhadap intensi berwirausaha melalui sikap siswa kelas xii smk negeri se kota semarang. Journal of Economic Education, 6(1), 66-74
  9. Fitrihana, N. (2017). Model Bisnis Kanvas untuk Mengembangkan Teaching Factory Di SMK Tata Busana Guna Mendukung Tumbuhnya Industri Kreatif. Jurnal Taman Vokasi, 5(2), 212-218.
  10. Hasanah, L. L. N. E. (2015). Pengembangan wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.
  11. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
  12. Ie, M., & Tunjungsari, H. K. (2021). PENGENALAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN BERBASIS INDUSTRI KREATIF BAGI SISWA SMP AL-JANNAH, PONDOK RANGON, JAKARTA TIMUR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1).
  13. Iswanto, P. et al. (2015). The Development of the Values Education in Vocational High School in Indonesia. International Journal of Vocational Education and Training Research. 215; 1(1): 1-4
  14. Jatmoko, D. (2013). Relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan terhadap kebutuhan dunia industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
  15. Jayalakshmi, P. & Saranya, A. S. (2015). Entrepreneurial intention among students of arts and science colleges in chennai: an empirical study. International Journal on Information Sciences and Computing, 9(1), 6-15.
  16. Kurniawan, H., Mulyono, H., & Samudra, A. A. (2024). Pelatihan Pengembangan Game Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 5(1), 8-13.
  17. Kusumastuti, R. (2013). Upaya SMK bidang studi bisnis manajemen dalam memenuhi kebutuhan softskill dunia industri. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
  18. Lelahester, R. İ. N. A., Murtini, W., & Indriayu, M. (2018). Establishment of Entrepreneurial character in the foundation based school system through project based learning. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 128-140.
  19. Lynch, M., Kamovich, U., Longva, K. K., Steinert, M. (2021). Combining technology and entrepreneurial education through design thinking: Students' reflections on the learning process. Technological Forecasting & Social Change, 164. 1-11.
  20. Marbun, M. E., & Prastawa, S. (2023). Implementasi Industri Kreatif Pada Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirusahaan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Surakarta. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 3(2), 542-551.
  21. Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).
  22. Meilasari, R. D. D., Harahap, O. F. M., Butar-Butar, K., Nurlaila, N., Maysaroh, M., & Fadilah, F. (2020). Inovasi Dan Kreativitas Siswa SMK Kampus Mengikuti Praktik Kerja Industri. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(2), 253-259.
  23. M. Schaper , T. Volery, P. Weber , & K. Lewis. 2011. Entrepreneurship and Small Business, John Wiley & Sons Australia Ltd, c.1, p.4-5.
  24. Pracihara, B. S. (2018). SMK Seni Dalam Konstelasi Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2018 (pp. 1-5). State University of Surabaya.
  25. Rina, L. (2019). Student Leadership in School: Internalization of Entrepreneurial Competence and Character. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 21(1), 1-8
  26. Rusman, M. (2018). Dongkrak industri kreatif capai Rp1.000T. bisnissulawesi.com
  27. Suharson, A. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI Semester 1. Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif. Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya. Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Keramik. Penerbit Andi.
  28. Syariful. (2018). Ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal di Bangka Belitung. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 1-17.
  29. Widodo, W. N. P. (2012). Pengembangan model pembelajaran soft skills dan hard skills untuk siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3).
  30. Wiyanto, W. (2021). Pelatihan Penerapan Berfikir Kritis dengan Model PBL bagi Siswa SMK YPUI Parung Bogor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(3), 417-423.