Main Article Content

Abstract

Background: Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro mengalami kesulitan dalam pemanfaatan media belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hambatan utama melibatkan pemahaman guru terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada para guru dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis ICT serta memanfaatkan aplikasi liveworksheet. Metode: Melalui pendekatan Seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro, (20 orang) berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaannya adalah Asset Based Community Development (ABCD). Pengumpulan data dilakukan melalui penyelenggaraan angket dan dokumentasi. Hasil: Guru-guru memiliki keterampilan dan pengetahuan terkait pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis digital. Terdapat perubahan yang cukup signifikan dalam tingkat keseriusan dan pemahaman guru selama mengikuti pelatihan, yang tercermin dari hasil evaluasi peserta yang mencapai 98%. Sebagai rekomendasi, disarankan agar manfaat dari pelatihan ini dapat diterapkan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Melalui usaha berkesinambungan dalam melibatkan siswa, membuat program pengembangan kompetensi guru dalam merancang dan menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis liveworksheet dapat berlangsung dengan tepat, sehingga profesionalisme guru dapat terus meningkat secara berkelanjutan.

Keywords

Guru Pembelajaran Digital Soal Evaluasi Digital learning Evaluation Teacher

Article Details

How to Cite
Habibullah, M. R., & Suttrisno, S. (2024). Pendampingan Penyusunan Soal Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro. Jurnal SOLMA, 13(1), 547–560. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13409

References

  1. Aditomo, A. (2021). Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021.
  2. Azizah, Aima Z, R. (2023). Inovasi E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Fungsi Kuadrat di SMAN 15 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21567–21576.
  3. Chamidi, A. S., Kurniawan, B., & Soleh, A. N. (2023). Pendekatan ABCD dan Manajemen. Yayasan Wiyata Bastari Samasta. https://books.google.co.id/books?id=FtGwEAAAQBAJ
  4. Haling, A., Mawarni, S., & Aswan, D. (2023). Workshop Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Bagi Guru SMAN 1 Majene Provinsi Sulawesi Barat. Paramacitra : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 9–14.
  5. Hotimah, H. (2017). Strategi pendidikan profesi guru (PPG) unesa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta PPG pasca SM-3T. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01).
  6. Huraerah, A. (2008). PENGORGANISASIAN dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Humaniora. https://books.google.co.id/books?id=nHO0DwAAQBAJ
  7. Marwan Pulungan, Siti Dewi Maharani, Evy Ratna Kartika Waty, Mazda Leva Okta Safitri, Vina Amalia Suganda, & Fadhilah Tu Husni. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
  8. Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=7cdIDAAAQBAJ
  9. Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Dalam Jurnal Edueksos, III(1).
  10. Pane, E. P., Novendra, R., Afriansyah, & Agus Kartini, S. (2022). Pelatihan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Dengan LiveWorksheet Bagi Guru SMK Negeri 8 Pekanbaru. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 5–8. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v3i1.84
  11. Rahmi Susanti, Erna Retna Safitri, Sardianto MS, L.R. Retno Susanti, H., & Makmum Raharjo, Adeng Slamet, S. O. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INSPIRATIF MELALUI MEDIA CANVA DAN LIVEWORKSHEET UNTUK GURU DI KOTA PALEMBANG DAN PANGKAL PINANG Olehת מה שבאמת לנגד העינים. JPM (Jurnal Pengabdian Mandiri), 1(4), 557.
  12. Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361
  13. Safitri, M. L. O., Iqbal, M., Dino, D., Mursyid, H., Tarigan, D., Elia, W., & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/11867
  14. Sumanik, N. B., & Siregar, L. F. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Lkpd Melalui Liveworsheets Dan Canva Di Smpn 3 Merauke. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 3(1), 14–24.
  15. Suttrisno, & Eko Arief Cahyono. (2022). Pemberdayaan Guru Honorer Melalui Launching Sobat Pintar Akademia (Sopia) dan Aplikasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 136–146. https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i1.462
  16. Thannimalai, T., Ponniah, K., Nawastheen, F. M., Jose, F. T., & Jaiseelan, S. (2022). Attitudes and acceptance of information and communication technology (ICT) among urban and rural teachers in teaching and facilitation. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 9(7), 16–23. https://doi.org/10.21833/ijaas.2022.07.003
  17. Wijaya, H., Purnomo, M. E., & Alwi, Z. (2023). The Need Analysis of the Electronic Students Worksheet of Observation Report Text Based on Merdeka Curriculum in Senior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3063–3074. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3690
  18. Zubaedi. (2016). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=L8u2DwAAQBAJ