Main Article Content
Abstract
Background: Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro mengalami kesulitan dalam pemanfaatan media belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hambatan utama melibatkan pemahaman guru terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada para guru dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis ICT serta memanfaatkan aplikasi liveworksheet. Metode: Melalui pendekatan Seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro, (20 orang) berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaannya adalah Asset Based Community Development (ABCD). Pengumpulan data dilakukan melalui penyelenggaraan angket dan dokumentasi. Hasil: Guru-guru memiliki keterampilan dan pengetahuan terkait pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis digital. Terdapat perubahan yang cukup signifikan dalam tingkat keseriusan dan pemahaman guru selama mengikuti pelatihan, yang tercermin dari hasil evaluasi peserta yang mencapai 98%. Sebagai rekomendasi, disarankan agar manfaat dari pelatihan ini dapat diterapkan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Melalui usaha berkesinambungan dalam melibatkan siswa, membuat program pengembangan kompetensi guru dalam merancang dan menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis liveworksheet dapat berlangsung dengan tepat, sehingga profesionalisme guru dapat terus meningkat secara berkelanjutan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aditomo, A. (2021). Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021.
- Azizah, Aima Z, R. (2023). Inovasi E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Fungsi Kuadrat di SMAN 15 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21567–21576.
- Chamidi, A. S., Kurniawan, B., & Soleh, A. N. (2023). Pendekatan ABCD dan Manajemen. Yayasan Wiyata Bastari Samasta. https://books.google.co.id/books?id=FtGwEAAAQBAJ
- Haling, A., Mawarni, S., & Aswan, D. (2023). Workshop Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Bagi Guru SMAN 1 Majene Provinsi Sulawesi Barat. Paramacitra : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 9–14.
- Hotimah, H. (2017). Strategi pendidikan profesi guru (PPG) unesa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta PPG pasca SM-3T. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01).
- Huraerah, A. (2008). PENGORGANISASIAN dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Humaniora. https://books.google.co.id/books?id=nHO0DwAAQBAJ
- Marwan Pulungan, Siti Dewi Maharani, Evy Ratna Kartika Waty, Mazda Leva Okta Safitri, Vina Amalia Suganda, & Fadhilah Tu Husni. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
- Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=7cdIDAAAQBAJ
- Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Dalam Jurnal Edueksos, III(1).
- Pane, E. P., Novendra, R., Afriansyah, & Agus Kartini, S. (2022). Pelatihan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Dengan LiveWorksheet Bagi Guru SMK Negeri 8 Pekanbaru. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 5–8. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v3i1.84
- Rahmi Susanti, Erna Retna Safitri, Sardianto MS, L.R. Retno Susanti, H., & Makmum Raharjo, Adeng Slamet, S. O. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INSPIRATIF MELALUI MEDIA CANVA DAN LIVEWORKSHEET UNTUK GURU DI KOTA PALEMBANG DAN PANGKAL PINANG Olehת מה שבאמת לנגד העינים. JPM (Jurnal Pengabdian Mandiri), 1(4), 557.
- Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361
- Safitri, M. L. O., Iqbal, M., Dino, D., Mursyid, H., Tarigan, D., Elia, W., & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/11867
- Sumanik, N. B., & Siregar, L. F. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Lkpd Melalui Liveworsheets Dan Canva Di Smpn 3 Merauke. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 3(1), 14–24.
- Suttrisno, & Eko Arief Cahyono. (2022). Pemberdayaan Guru Honorer Melalui Launching Sobat Pintar Akademia (Sopia) dan Aplikasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 136–146. https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i1.462
- Thannimalai, T., Ponniah, K., Nawastheen, F. M., Jose, F. T., & Jaiseelan, S. (2022). Attitudes and acceptance of information and communication technology (ICT) among urban and rural teachers in teaching and facilitation. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 9(7), 16–23. https://doi.org/10.21833/ijaas.2022.07.003
- Wijaya, H., Purnomo, M. E., & Alwi, Z. (2023). The Need Analysis of the Electronic Students Worksheet of Observation Report Text Based on Merdeka Curriculum in Senior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3063–3074. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3690
- Zubaedi. (2016). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=L8u2DwAAQBAJ
References
Aditomo, A. (2021). Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021.
Azizah, Aima Z, R. (2023). Inovasi E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Fungsi Kuadrat di SMAN 15 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21567–21576.
Chamidi, A. S., Kurniawan, B., & Soleh, A. N. (2023). Pendekatan ABCD dan Manajemen. Yayasan Wiyata Bastari Samasta. https://books.google.co.id/books?id=FtGwEAAAQBAJ
Haling, A., Mawarni, S., & Aswan, D. (2023). Workshop Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Bagi Guru SMAN 1 Majene Provinsi Sulawesi Barat. Paramacitra : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 9–14.
Hotimah, H. (2017). Strategi pendidikan profesi guru (PPG) unesa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta PPG pasca SM-3T. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(01).
Huraerah, A. (2008). PENGORGANISASIAN dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Humaniora. https://books.google.co.id/books?id=nHO0DwAAQBAJ
Marwan Pulungan, Siti Dewi Maharani, Evy Ratna Kartika Waty, Mazda Leva Okta Safitri, Vina Amalia Suganda, & Fadhilah Tu Husni. (2022). Development of E-Student Worksheets in the form of Picture Stories Using Live Worksheets in Primary Schools. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.1759
Nasdian, F. T. (2014). Pengembangan Masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=7cdIDAAAQBAJ
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Dalam Jurnal Edueksos, III(1).
Pane, E. P., Novendra, R., Afriansyah, & Agus Kartini, S. (2022). Pelatihan Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Dengan LiveWorksheet Bagi Guru SMK Negeri 8 Pekanbaru. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 5–8. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v3i1.84
Rahmi Susanti, Erna Retna Safitri, Sardianto MS, L.R. Retno Susanti, H., & Makmum Raharjo, Adeng Slamet, S. O. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INSPIRATIF MELALUI MEDIA CANVA DAN LIVEWORKSHEET UNTUK GURU DI KOTA PALEMBANG DAN PANGKAL PINANG Olehת מה שבאמת לנגד העינים. JPM (Jurnal Pengabdian Mandiri), 1(4), 557.
Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361
Safitri, M. L. O., Iqbal, M., Dino, D., Mursyid, H., Tarigan, D., Elia, W., & Widya Nandasari, D. (2023). Pelatihan dan Bimbingan Penggunaan Canva dan Liveworksheets sebagai Aplikasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 12(2), 546–554. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/11867
Sumanik, N. B., & Siregar, L. F. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Lkpd Melalui Liveworsheets Dan Canva Di Smpn 3 Merauke. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 3(1), 14–24.
Suttrisno, & Eko Arief Cahyono. (2022). Pemberdayaan Guru Honorer Melalui Launching Sobat Pintar Akademia (Sopia) dan Aplikasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 136–146. https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i1.462
Thannimalai, T., Ponniah, K., Nawastheen, F. M., Jose, F. T., & Jaiseelan, S. (2022). Attitudes and acceptance of information and communication technology (ICT) among urban and rural teachers in teaching and facilitation. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 9(7), 16–23. https://doi.org/10.21833/ijaas.2022.07.003
Wijaya, H., Purnomo, M. E., & Alwi, Z. (2023). The Need Analysis of the Electronic Students Worksheet of Observation Report Text Based on Merdeka Curriculum in Senior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3063–3074. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3690
Zubaedi. (2016). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=L8u2DwAAQBAJ