Main Article Content

Abstract

Background: Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro mengalami kesulitan dalam pemanfaatan media belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hambatan utama melibatkan pemahaman guru terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada para guru dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis ICT serta memanfaatkan aplikasi liveworksheet. Metode: Melalui pendekatan Seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro, (20 orang) berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaannya adalah Asset Based Community Development (ABCD). Pengumpulan data dilakukan melalui penyelenggaraan angket dan dokumentasi. Hasil: Guru-guru memiliki keterampilan dan pengetahuan terkait pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis digital. Terdapat perubahan yang cukup signifikan dalam tingkat keseriusan dan pemahaman guru selama mengikuti pelatihan, yang tercermin dari hasil evaluasi peserta yang mencapai 98%. Sebagai rekomendasi, disarankan agar manfaat dari pelatihan ini dapat diterapkan dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Melalui usaha berkesinambungan dalam melibatkan siswa, membuat program pengembangan kompetensi guru dalam merancang dan menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis liveworksheet dapat berlangsung dengan tepat, sehingga profesionalisme guru dapat terus meningkat secara berkelanjutan.

Keywords

Guru Pembelajaran Digital Soal Evaluasi Digital learning Evaluation Teacher

Article Details

How to Cite
Habibullah, M. R., & Suttrisno, S. (2024). Pendampingan Penyusunan Soal Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum 1 Bulu Balen Bojonegoro. Jurnal SOLMA, 13(1), 547–560. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13409

References

Read More