Main Article Content

Abstract

Background: Siswa abad ke-21 dituntut untuk berprestasi, salah satunya dibidang ilmiah atau penulisan karya ilmiah. Hal ini dapat dikembangkan atau diberdayakan oleh pihak sekolah, melalui pembinaan Kelompok Karya Ilmiah Remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk membina Kelompok Karya Ilmiah Remaja yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Metode: Kegiatan ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Malang pada bulan Agustus hingga Oktober 2022. Dengan jumlah 3 peserta (1 Kelompok KIR). Pada kegiatan ini menggunakan pendekatan sosialisasi dan pendampingan. Hasil: Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu Karya Ilmiah Remaja, membangun minat siswa dalam kepenulisan, pendampingan dan pembinaan terhadap siswa. Kesimpulan: Kesimpulan dari kegiatan ini ialah dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai metode penelitian yang baik, meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan penelitian ilmiah, meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan laporan hasil penelitian, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil penelitian.

Keywords

Assistance KIR Research Scientific Writing ilmiah kepenulisan KIR pendampingan penelitian

Article Details

How to Cite
Rahardjanto, A., Nurazisah, Y. L., Galuh, S. T., Wahyudi, M. D. R., Husamah, H., & Hadi, S. (2023). Pembinaan Kelompok Karya Ilmiah Remaja di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal SOLMA, 12(3), 1597–1601. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13302

References

  1. Yudhyarta, D. Y., Susanti, E., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-10.
  2. Nora, A. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja di SMAN 101 Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 3(2), 48-53.
  3. Permana, E. P., Mujiwati, E. S., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., ... & Saidah, K. (2017). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru sekolah dasar pada anggota gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 53-68.
  4. Rahman, T. (2018). Kiat-kiat menulis karya Ilmiah Remaja (Vol. 1). CV. Pilar Nusantara.
  5. Lisaniyah F. Manajemen Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (Studi Kasus MAN 2 Lamongan). Tadris. 2019;13(2):22–35.
  6. Winarsih L. Strategi Pembinaan Karakter Anggota Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (Kir) Sma Negeri 1 Badegan Ponorogo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2017;5(02):193–207.
  7. Raharjo BB, and Parmin D. Pembentukan Kader Konservasi Di Sekolah Sekitar Kampus UNNES Melalui Pemberdayaan Kelompok Ilmiah Remaja. Rekayasa. 2018;16(1).
  8. Surapati, M. U., Rasyid, A., & Nurjanah, N. (2020). Strategi Humas Dalam Mempromosikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 9(1), 347-362.
  9. Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 83-95.
  10. Marselina, S. (2018). Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah melalui strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation siswa kelas XI MAN I kota Sungai Penuh. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14-21.
  11. Suminar, W. (2018). Manajemen peserta didik untuk meningkatkan prestasi siswa pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacitan. Muslim Heritage, 2(2), 389-406.
  12. Lestari, R. Y. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan watak kewarganegaraan peserta didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Most read articles by the same author(s)