Main Article Content
Abstract
Background: Penelitian dan publikasi merupakan salah satu tuntutan profesi guru, sehingga perlu dilakukan pembinaan agar kemampuan tersebut terus meningkat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan karya tulis ilmiah guru Sekolah Menengah Pertama-Muhammadiyah Borading School (SMP MBS) Jombang. Metode: Kegiatan ini dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh 25 guru SMP MBS Jombang. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil: Guru telah menghasilkan delapan karya ilmiah yang akan dipresentasikan pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM dan dipublikasi pada prosiding. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada mitra sasaran berupa guru-guru SMP MBS Jombang telah tercapai dengan sangat baik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Abrar, M., Rachmawati, R., Masbirorotni, M., & Fajaryani, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 617–622.
- Adu, S. S., & Cendana, W. (2022). Penerapan Model Think, Pair, and Share Berbasis Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Madako Elementary School, 1(2), 132–150. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes
- Alfina, A., Irmadurisa, A., Zannah, A. R., Ivansyah, A. R., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 78–87. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes
- Amalia, A. N., Putriani, I., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Multimedia PANDACA (Pandai Tanda Baca) untuk Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 2(1), 35–47. https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.162
- Ampry, E. S., Arsiah, A., Fatwa, M. F., Inayah A.M., M., & Arifuddin, A. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 176–186. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.58
- Ardiansyah, A., Maruwae, A., Panigoro, M., Alwi, N. M., & Taan, H. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11447
- Ashoumi, H., & Hariono, T. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Tentang Pentingnya Penggunaan Gawai Sebagai Media Belajar Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2927
- Atika, A. R., Westhisi, S. M., & Zahro, I. F. (2019). Pelatihan Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 266–271.
- Bachtiar, M., & Nurocmah, A. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru untuk MeningkatkanProfesionalitas Akademik Guru. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–53. https://ojs.unm.ac.id/inovasi/article/view/20351
- Darmono, D. (2022). Bimtek Literasi Sains Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Belida Indonesia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 15–18.
- Dwiyanti, A. N., & Rahayuni, G. (2019). Analisis Sikap Literasi Sains Calon Guru SD Berdasarkan Programme for International Student Assesment (PISA). Jurnal Pancar, 3(1), 226–231. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/293
- Ekawarna, E., & Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 195–205. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519
- Evans, C., Waring, M., & Christodoulou, A. (2017). Building teachers’ research literacy: integrating practice and research. Research Papers in Education, 32(4), 403–423. https://doi.org/10.1080/02671522.2017.1322357
- Hamidsyukrie, Z. R., Syafruddin, S., & Muntari, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA/MA di Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.514
- Hudha, A. M., Husamah, H., & Hadi, S. (2011). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran laboratorium untuk menunjang pelaksanaan KTSP bagi guru IPA Biologi SMP Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Dedikasi, 8, 43–51.
- Husamah, H., Rahardjanto, A., Hadi, S., & Lestari, N. (2022). Pendampingan dalam pembinaan kelompok karya ilmiah remaja SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 4(3), 376–386.
- Idris, I., Hasjaya, A., Sulkipli, M., Maryam, A., & Ahmad, R. E. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madako Elementary School, 1(2), 151–162. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.55
- Mahdiyah, M. (2015). Perumusan Masalah Penelitian. In Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (pp. 1–32). Universitas Terbuka.
- Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/61289
- Miharja, F. J., Husamah, H., & Masrudi, M. (2020). Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Piloting dalam Lesson Study for Learning Community di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 134–142. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.311
- Milla, D., & Bili, K. D. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Katolik Gugus Kabalidana Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi NTT. Unram Journal of Community Service, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i1.186
- Muhajir, S. N., Masara, A., & Ramdani, G. (2021). Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika. JURNAL Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(1), 24. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1259
- Muhalisiah, M., Darmiyanti, A., & Muna’fiah, N. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah. As-Sabiqun, 5(1), 110–123. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2700
- Mujiwati, E. S., Permana, E. P., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., Zunaidah, F. N., Aka, K. A., & Saidah, K. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS, 1(1), 53–68. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/
- Mulyan, A., Muzzakir, A., & Isnaini, L. M. Y. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–4.
- Nurhanifah, A., & Diah Utami, R. (2023). Analisis Peran Guru dalam Pembudayaan Literasi Sains pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 463–479. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5287
- Pahar, K. dan E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 71–78.
- Paimun, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menulis Artikel Melalui Workshop. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34682
- Permana, T. I., & Fatmawati, D. (2020). Mempersiapkan SMP Muhammadiyah 1 Malang Meraih Predikat Sekolah Adiwiyata. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 180–187. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.310
- Rabiudin, R. (2023). Synteshis of Teacher skill teaching scientific literacy through high-level. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(1), 21–30.
- Ramlawati, R., Yunus, S. R., Putri, N. A., & Novianti, A. (2022). Profil Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru IPA Universitas Negeri Makassar ( UNM ). Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022, 2188–2197.
- Ridwan Institute. (2021). Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar. In Ridwan Institute. https://ridwaninstitute.co.id/cara-mencari-jurnal-internasional-di-google-scholar/
- Santoso, B. W. J., Nugroho, Y., & Parapat, D. O. A. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.43237
- Shofiyah, A. (2022). Survei Tingkat Pemahaman Guru Tk Pada Literasi Sains Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 17(1), 112–125. http://doi.org/10.21009/JIV.1702.10
- Slameto, S. (2016). Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p54-73
- Sriwahyuni, E. (2022). Penyegaran Motivasi Guru Melalui Seminar Karya Tulis Ilmiah Di Sma Al-Khairaat Kota Ternate. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 63–72. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1241
- Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556
- Sumiati, H., Nurhidayah, M., Malli, R., Palangkay, R. D., Makassar, U. M., Sultan, J., & 259 Makassar, A. N. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah PTK Di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Masyarakat Membangun Negeri, 6(2), 15–24.
- Susiati, A., Adisyahputra, A., & Miarsyah, M. (2018). Correlation of comprehension reading skill and higher-order thinking skill with scientific literacy skill of senior high school biology teacher. Biosfer, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.1
- Tagela, U., & Sanoto, H. (2021). Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah bagi Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 3 Tejorejo, Kabupaten Kendal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 340–346. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p340-346
- Thoharudin, M., Huda, F. A., & Suryadi, T. (2021). Meningkatkan Semangat Menulis Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 70–75. https://doi.org/10.24071/aa.v3i2.3208
- Wahyu Rahmadania, F. (2023). Edukasi Pengembangan Ide Bisnis Berkelanjutan. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.35814/abdi.v3i1.4888
- Wulandari, N., Haifaturrahmah, H., Muhdar, S., Sari, N., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 88–98. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes
- Yulia, N., Isasi Sutiswa, S., & Herdiana, I. (2023). Edukasi Pentingnya Mengkonsumsi Probiotik Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Dysbiosis Di Kelurahan Setiaratu Kota Tasikmalaya. Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52–56. https://doi.org/10.37160/emass.v5i1.38
- Yunus, R., & Hamim, U. (2020). Penyuluhan pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi desa Padengo Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato.
- Zainuddin, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 567–582. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839
References
Abrar, M., Rachmawati, R., Masbirorotni, M., & Fajaryani, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Karya Ilmiah Di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 617–622.
Adu, S. S., & Cendana, W. (2022). Penerapan Model Think, Pair, and Share Berbasis Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Madako Elementary School, 1(2), 132–150. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes
Alfina, A., Irmadurisa, A., Zannah, A. R., Ivansyah, A. R., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 78–87. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes
Amalia, A. N., Putriani, I., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Multimedia PANDACA (Pandai Tanda Baca) untuk Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 2(1), 35–47. https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.162
Ampry, E. S., Arsiah, A., Fatwa, M. F., Inayah A.M., M., & Arifuddin, A. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 176–186. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.58
Ardiansyah, A., Maruwae, A., Panigoro, M., Alwi, N. M., & Taan, H. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11447
Ashoumi, H., & Hariono, T. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Tentang Pentingnya Penggunaan Gawai Sebagai Media Belajar Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2927
Atika, A. R., Westhisi, S. M., & Zahro, I. F. (2019). Pelatihan Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 266–271.
Bachtiar, M., & Nurocmah, A. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru untuk MeningkatkanProfesionalitas Akademik Guru. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–53. https://ojs.unm.ac.id/inovasi/article/view/20351
Darmono, D. (2022). Bimtek Literasi Sains Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Belida Indonesia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 15–18.
Dwiyanti, A. N., & Rahayuni, G. (2019). Analisis Sikap Literasi Sains Calon Guru SD Berdasarkan Programme for International Student Assesment (PISA). Jurnal Pancar, 3(1), 226–231. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/293
Ekawarna, E., & Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 195–205. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519
Evans, C., Waring, M., & Christodoulou, A. (2017). Building teachers’ research literacy: integrating practice and research. Research Papers in Education, 32(4), 403–423. https://doi.org/10.1080/02671522.2017.1322357
Hamidsyukrie, Z. R., Syafruddin, S., & Muntari, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA/MA di Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.514
Hudha, A. M., Husamah, H., & Hadi, S. (2011). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran laboratorium untuk menunjang pelaksanaan KTSP bagi guru IPA Biologi SMP Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Dedikasi, 8, 43–51.
Husamah, H., Rahardjanto, A., Hadi, S., & Lestari, N. (2022). Pendampingan dalam pembinaan kelompok karya ilmiah remaja SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 4(3), 376–386.
Idris, I., Hasjaya, A., Sulkipli, M., Maryam, A., & Ahmad, R. E. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madako Elementary School, 1(2), 151–162. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.55
Mahdiyah, M. (2015). Perumusan Masalah Penelitian. In Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (pp. 1–32). Universitas Terbuka.
Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/61289
Miharja, F. J., Husamah, H., & Masrudi, M. (2020). Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Piloting dalam Lesson Study for Learning Community di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 134–142. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.311
Milla, D., & Bili, K. D. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Katolik Gugus Kabalidana Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi NTT. Unram Journal of Community Service, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i1.186
Muhajir, S. N., Masara, A., & Ramdani, G. (2021). Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika. JURNAL Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(1), 24. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1259
Muhalisiah, M., Darmiyanti, A., & Muna’fiah, N. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah. As-Sabiqun, 5(1), 110–123. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2700
Mujiwati, E. S., Permana, E. P., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., Zunaidah, F. N., Aka, K. A., & Saidah, K. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS, 1(1), 53–68. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/
Mulyan, A., Muzzakir, A., & Isnaini, L. M. Y. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–4.
Nurhanifah, A., & Diah Utami, R. (2023). Analisis Peran Guru dalam Pembudayaan Literasi Sains pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 463–479. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5287
Pahar, K. dan E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 71–78.
Paimun, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menulis Artikel Melalui Workshop. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34682
Permana, T. I., & Fatmawati, D. (2020). Mempersiapkan SMP Muhammadiyah 1 Malang Meraih Predikat Sekolah Adiwiyata. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 180–187. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.310
Rabiudin, R. (2023). Synteshis of Teacher skill teaching scientific literacy through high-level. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(1), 21–30.
Ramlawati, R., Yunus, S. R., Putri, N. A., & Novianti, A. (2022). Profil Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru IPA Universitas Negeri Makassar ( UNM ). Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022, 2188–2197.
Ridwan Institute. (2021). Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar. In Ridwan Institute. https://ridwaninstitute.co.id/cara-mencari-jurnal-internasional-di-google-scholar/
Santoso, B. W. J., Nugroho, Y., & Parapat, D. O. A. (2020). Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Best Practice untuk Meraih Predikat Guru Berprestasi bagi Guru SMA Negeri 1 Semarang dengan Metode Special Projects Assignments. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.43237
Shofiyah, A. (2022). Survei Tingkat Pemahaman Guru Tk Pada Literasi Sains Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 17(1), 112–125. http://doi.org/10.21009/JIV.1702.10
Slameto, S. (2016). Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p54-73
Sriwahyuni, E. (2022). Penyegaran Motivasi Guru Melalui Seminar Karya Tulis Ilmiah Di Sma Al-Khairaat Kota Ternate. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 63–72. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1241
Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556
Sumiati, H., Nurhidayah, M., Malli, R., Palangkay, R. D., Makassar, U. M., Sultan, J., & 259 Makassar, A. N. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah PTK Di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Masyarakat Membangun Negeri, 6(2), 15–24.
Susiati, A., Adisyahputra, A., & Miarsyah, M. (2018). Correlation of comprehension reading skill and higher-order thinking skill with scientific literacy skill of senior high school biology teacher. Biosfer, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.1
Tagela, U., & Sanoto, H. (2021). Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah bagi Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 3 Tejorejo, Kabupaten Kendal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 340–346. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p340-346
Thoharudin, M., Huda, F. A., & Suryadi, T. (2021). Meningkatkan Semangat Menulis Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 70–75. https://doi.org/10.24071/aa.v3i2.3208
Wahyu Rahmadania, F. (2023). Edukasi Pengembangan Ide Bisnis Berkelanjutan. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.35814/abdi.v3i1.4888
Wulandari, N., Haifaturrahmah, H., Muhdar, S., Sari, N., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 88–98. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/mes
Yulia, N., Isasi Sutiswa, S., & Herdiana, I. (2023). Edukasi Pentingnya Mengkonsumsi Probiotik Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Dysbiosis Di Kelurahan Setiaratu Kota Tasikmalaya. Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52–56. https://doi.org/10.37160/emass.v5i1.38
Yunus, R., & Hamim, U. (2020). Penyuluhan pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi desa Padengo Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato.
Zainuddin, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 567–582. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839