Main Article Content

Abstract

Background: Masyarakat di Desa Salukanan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan sebagian besar adalah petani. Desa salukanan memiliki bibit beras pulu mandoti dengan kualitas tinggi yang hanya dapat tumbuh dengan baik di desa tersebut. Kegiatan PKM ini dimaksudkan untuk memberikan solusi kepada mitra dalam mengatasi minimnya pendapatan karena keterbatasan pemasaran produk pulu mandoti. Metode: Metode pelaksanaan berupa adanya tahap pendampingan dan pelatihan penggunaan teknologi digital untuk memaksimalkan branding dan pemasaran produk kepada Mitra yaitu 15 anggota kelompok PKK Desa Salukanan.   Hasil: Melalui Pelatihan Pemasaran Digital, anggota kelompok PKK telah memahami bagaimana mengelola usaha dengan memasarkan produk secara digital. Kesimpulan: Dengan implementasi pendampingan berbasis digital marketing, kelompok PKK di Kabupaten Enrekang dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka selanjutnya, meningkatkan pendapatan, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi lokal secara berkelanjutan.

Keywords

Digital marketing pemasaran produk pendapatan usaha pulu mandoti DIgital marketing operating revenues product marketing pulu mandoti

Article Details

How to Cite
Nasrullah, N., Soraya, Z., Lestari, N. P., Anggoro, M. Y. A. R., Rosdiayanti, R., & Handriani, H. (2023). Pendampingan Pemasaran Produk Olahan Pulu Mandoti Berbasis Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Usaha Ibu Pkk Di Kabupaten Enrekang . Jurnal SOLMA, 12(3), 1309–1317. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12901

References

  1. Ahmad, A.R. 2016. Menciptakan Desa Mandiri Kesahatan di Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Jurnal BALIRESO. 1 (1):70-82.
  2. Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268
  3. Apulu, I., Latham, A. and Moreton, R., 2011. Factors affecting the effective utilisation and adoption of sophisticated ICT solutions: Case studies of SMEs in Lagos, Nigeria. Journal of Systems and Information Technology.
  4. Busthanul, N. 2016. Modal Sosial: Peran, Unsur, dan Pengaruhnya Terhadap Usaha Tani Padi “Pulu Mandoti” di Enrekang. Inovasi ipteks perguruan tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 5 januari 2016, Makassar, Indonesia. Pp.140-157.
  5. Dahlan, T., Murfiah, U., & Indriani, R. (2018). Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UKM Kerajinan Anyam Pandan di Kecamatan Rajapolah Tasikmalaya. Jurnal Solma, 7(2), 153–160.
  6. Hadiyati, E. (2008). Model Pemasaran dalam pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, 5(1).
  7. Hakim, A. L., Faizah, E. N., Fajri, M. B., Rosiawan, R. W., & Bait, J. F. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1382-1388.
  8. Hiden, H., & Ningsih, V. (2021). Inovasi Pemanfaatan Limbah Batang Pisang Menjadi Camilan “Kedebong Taro” Bernilai Ekonomis Di Desa Bagik Polak Barat. Jurnal Bakti Nusa, 2(2), 39–46. https://doi.org/10.29303/baktinusa.v2i2.27
  9. Husein, A. Al, Gematul, Hifziah, H., & Saputra, L. (2022). Pengabdian Kukerta Unri Desa Pongkai : Menguak Sisi Lain Gedebok Pisang Menjadi Olahan Makanan Ringan Sebagai Produk UMKM Muhd. Maspul Journal of Community Empowerment, 04(02), 250–255.
  10. Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347
  11. Jacobson, J. (2020). You are a brand: social media managers’ personal branding and “the future audience.” Journal of Product and Brand Management, 29(6), 715–727. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2299
  12. Kurniawan, A., Gunalan, D. N. S., Khaeron, K., & Fauzi, A. (2021). Pendampingan Digital Marketing dalam Usaha Rumah Tangga melalui Penggunaan Marketplace di Desa Karya Mulya. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 157-166.
  13. Meisha, N. P. A., Laksmi, N. P. H. S., Aryati, A. D., Prastika, R. T., Krismawintari, N. P. D., & Susanto, P. C. (2021). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Pada Subak, Kwt Dan Up2K Desa Catur Kintamani-Bangli. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK) (Vol. 4).
  14. Putri, M. 2017. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin. Makassar.
  15. Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
  16. Susanti, P. (2015). Sistem Informasi Reservasi Dan Pengelolaan Keuangan Pada Hotel De ’ Premium Palembang Berbasis Web Dan SMS Gateway Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
  17. Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Most read articles by the same author(s)