Main Article Content
Abstract
Background: Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sukorejo sudah berjalan dengan baik dalam segi pembuatan produk dan pengemasan produk. Produk utama yang banyak diminati adalah makanan jajanan jadul. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan ekonomi dimasa revolusi industry 4.0 di Sukorejo. UMKM di Sukorejo memproduksi Jajanan Jadul dikarenakan peminatnya masih sangat tinggi. Metode: pelaksanaan pelatihan digital marketing dilaksanakan dengan tahapan-tahapan pelatihan mulai dari pengenalan E-commerce Shopee, cara pembuatan toko online dan tahapan penjualan. Subyek dalam penulisan ini adalah pemilik UMKM di RW 08 Kelurahan Sukorejo Bojonegoro. Jumlah subyek terdiri dari 30 Peserta yang diambil secara random. Motode kegiatan dilakukan dengan pemaparan pelatihan penjualan online di Shopee dengan menggunakan pendekatan demontrasi. Hasil: Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan adanya bantuan pelatihan dan aplikasi e-commerce dapat meningkatkan motivasi bagi mitra untuk melaksanakan pemasaran terhadap produknya supaya omsetnya meningkat, mulai dari tahap Persiapan pelatihan, pelatihan membuat toko online di shopee, pelatihan pengemasan dan mengatur resi penjualan serta pelaporan kegiatan. Berdasarkan kegiatan pengabdian pelatihan digital marketing UMKM dapat diambil kesimpulan bahwa peserta UMKM sangat semangat dalam memperhatikan pelatihan digital marketing. Menanyakan hal-hal yang belum jelas serta antusias untuk belajar berjualan di akun Shopee. Peserta dapat memulai dari produk jajanan atau makanan ringan yang dijadikan makanan khas UMKM di Sukorejo Bojonegoro
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ala’uddin, M. (2019). Fungsi Umkm Dalam Meningkatkan Prekonomian Masyarakat. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 5(1), 80–90.
- Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20.
- Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–84.
- Gunawan, D. (2022). Keputuan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. Medan: Inovasi Pratama Internasional.
- Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Journal of Business and Management), 14(1), 15–30.
- Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
- Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 21–34.
- Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.
- Putri, E. H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Samarinda). EJournal Administrasi Negara, 5(1), 5431–5445.
- Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan pelabelan. Materi Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kelompok UPPKS.
- Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), 117–125.
- Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
- Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Proceedings, 1(1).
- Sudaryat, Y. (2010). Manajemen Pelatihan. Artikel. Diunduh Di Http://File. Upi. Edu/Direktori/FPBS/JUR. _Pend. _Bahasa_Daerah/196302101987031yayat_Sudaryat/Mkl_Bind/Manajemen_Pelatihan. Pdf Pada Tanggal, 15.
- Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50.
References
Ala’uddin, M. (2019). Fungsi Umkm Dalam Meningkatkan Prekonomian Masyarakat. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 5(1), 80–90.
Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20.
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–84.
Gunawan, D. (2022). Keputuan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. Medan: Inovasi Pratama Internasional.
Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Journal of Business and Management), 14(1), 15–30.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 21–34.
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.
Putri, E. H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Samarinda). EJournal Administrasi Negara, 5(1), 5431–5445.
Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan pelabelan. Materi Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kelompok UPPKS.
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), 117–125.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Proceedings, 1(1).
Sudaryat, Y. (2010). Manajemen Pelatihan. Artikel. Diunduh Di Http://File. Upi. Edu/Direktori/FPBS/JUR. _Pend. _Bahasa_Daerah/196302101987031yayat_Sudaryat/Mkl_Bind/Manajemen_Pelatihan. Pdf Pada Tanggal, 15.
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50.