Main Article Content

Abstract

Background: Minimnya pengetahuan dan skill guru terkait teknologi yang dijadikan sebagai media pembelajaran menyebabkan guru kurang kreatif sehingga membuat minat belajar siswa menjadi bosan dan tidak menyenangkan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada para guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan guna meningkatkan minat belajar siswa. Metode: Kegiatan ini dimulai dengan tahap analisis dengan menanyakan kendala para guru di SDN 239 Sarajoko terkait proses pembelajaran secara online melalui aplikasi zoom bersama para guru di sdn 239 sarajoko sejumlah 13 orang dan secara offline pula di laksanakan, kemudian merancang dan melaksanakan pelatihan aplikasi canva sebagai media pembelajaran dengan melakukan presentasi materi yang setelah itu terdapat sesi tanya jawab dan tahap evaluasi hasil pelatihan serta tahap akhir dalam bentuk konsultasi yang dilakukan agar tetap melakukan hubungan komunikasi kepada mitra dan tim pengabdi. Hasil: Adapun hasil dari pengbabdian ini dapat di gambarkan dalam beberapa tahapan yaitu 3 indikator yang menjadi fokus tim pengabdi untuk diimplementasikan dalam program tersebut adalah aplikasi canva dalam membuat video, power point dan poster sebagai bahan pembelajaran. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan aplikasi canva ini sangat membantu para guru guna meningkatkan kemampuan mereka dalam memberikan metode pengajaran modern dan efektif yang akan membuat proses pembelajaran menjadi sistematis dan nyaman.

Keywords

Pelatihan Teknologi Canva Guru

Article Details

How to Cite
Saiful, S., Hamid Ismail, Muh Arief Mukhsin, Rina Asrini Bakri, & Andi Mulawakkan Firdaus. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Bulukumpa. Jurnal SOLMA, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.10168

References

  1. Canva, (2022), Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
  2. Garris, (2020), Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Dalam Jurnal Sasindo Unpam, Vol. 8, No. 2, Desember 2020. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/art icle/view/8354
  3. Dewi dan Adam, (2019), Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. https://www.journal.unrika.ac.id/index.p hp/jurnaldms/article/view/1816
  4. Tiawan, Musawarman, Luthfiyah Sakinah, Nopi Rahmawati Dan Hamzah Salman, (2020), Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK Di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/417
  5. Arifah Novia Arifin, Ismail, Firdaus Daud dan Asmawati Azis, (2021), Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Cnowledge Guru di Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748
  6. Adriani Kala’lembang dan Lilis Widayanti, dkk. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/813
  7. Muhammad Sholeh, Rr Yuliana Rachmawati, Erma Susanti. (2020). Pengunaan Aplikasi Canva untuk membuat Konten Gambar Pada media Sosial. Sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/2983
  8. Gilang Alfinandika Rizanta, Meilan Arsanti. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai media Pembelajaran Masa kini. https://prosiding.Ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI /article/view/1381
  9. Noor Hanifah. (2022). Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam meningkatkan Hasil belajar Kimia. https://jurnalp4i.com/index.php/edutech/article/view/1339
  10. Setya Resmini, Intan Satriani dan M. Rafi. (2021). Pelatihan Pengunaan aplikasi Canva sebagai media pembuatan bahan Ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. https://journal.Ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859
  11. Amril Huda M, Wahdini Anna Filla dan Adam Mudinillah. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/1758
  12. Tri Wulandari, Adam Mutdinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/download/245/207
  13. Rusdy A. Sirodj, Bonita Hirza, Dkk. (2021). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/download/136/150
  14. Nova Marwadi dan Syamsul Sodiq. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Menyusun Teks Iklan Kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/47928/40026
  15. Nur Khairani. (2022). Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Canva Pada Pelajaran IPS Kelas 4 SD 23 Rambatan. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai/article/view/5101

Most read articles by the same author(s)