Main Article Content

Abstract

bantuan kepada relasi kerjasama dengan memberikan bantuan atau kebutuhan yang mereka perlukan. Adapun tujuan dalam Pengabdian yang diberikan adalah 1) Meningkatkan pengetahuan guru-guru SD Inpres Bonto Ujung terkait dengan pembelajaran secara Daring, 2) Orang tua mendapatkan keahlian cara kerja sama dalam membimbing anaknya melaui proses pembelajaran daring, 3) Siswa diberikan tugas sesuai kemampuannya, 4) Juknis dan juklat bisa di dapatkan oleh guru sebagai panduan dalam pembelajaran daring.  Metode Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pelatihan dan pendampingan yang diperuntukkan pada guru-guru SD Inpres Bonto Ujung di Kecamatan Tarowang. Beberapa tahapan antara lain: 1) persiapan, 2) observasi, 3) rencana aksi, 4) implementasi, 5) evaluasi dan umpan balik, dan 6) pendampingan. Hasil yang diharapkan dalam pelatihan ini adalah menjadikan guru-guru dapat menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan tehnologi yang digunakan dalam pembelajaran secara Daring. Hasil: Hasil yang didapatkan selama kegiatan ini maka menambah manfaat kepada orangtua, siswa, dan guru dalam bentuk kerjasama menangani permasalahan pembelajaran selama daring akibat dampak covid 19. Kesimpulan: Orangtua dan guru telah mendapatkan solusi pembelajaran daring dengan memanfaatkan, memaksimalkan, mengajarkan, dan mendampingin anak anak pada saat belajar daring salah satunya pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Keywords

Guru Orang Tua Siswa Pembelajaran Daring Online learning Parents of student Teacher

Article Details

How to Cite
Andi Mulawakkan Firdaus, Ashar, & Syarifah Nur Aeni Rahman. (2021). Problematika Pembelajaran Melalui Daring Dampak Covid-19. Jurnal SOLMA, 10(2), 227–235. https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.5457

References

    Albertus Adit, 7 Sistem Belajar Daring di Rumah Selama Siswa Diliburkan Cegah Virus Corona19.

    Albertus Adit, Pembelajaran Daring Siswa Diperpanjang, Ini Imbauan Kepala Disdik Solo" dalam situs https: //edukasi.kompas.com /read /2020/ 03 /27 /11031457 1/ pembelajaran-daring-siswa-diperpanjang-ini-imbauan-kepala-disdik-solo?page=all.

    Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.

    Belajar daring yang dikeluhkan orangtua, KPAI sebut guru gagal paham home learning dari halaman https://kronologi.id/2020/03/18/belajar-daring-dikeluhkan-orang-tua-kpai-sebut-guru-gagal-paham-home-learning/. Diakses pada tanggal 31 Maret 2020

    Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    Laman: www.kemendikbud.go.id Siaran Pers BKH Kemendikbud Nomor: 054/SIPRES/A6/III/202

    Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

    Gatot Suharwoto. Dr, Pandemi Covid-19, tantangan yang mendewasakan, 02 April 2020 diakses.

    Liputan 6. Com. https://www.liputan6.com/news/read/4200387/2-imbauan-mendikbud-nadiem-makarim-di-lingkungan-sekolah-dan-kementeriannya, 12 Maret 2020 diakses (30/03/2020)

    Muhammad Ashari, Proses Pembejalaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal, 20 Maret 2020.

    Muhammad Rajab, Evaluasi dan Optimalisasi Pembelajaran Daring, 01 April 2020, dalam akses https://tirto.id/segudang-masalah-belajar-dari-rumah-karena-corona-covid-19-eGqQ Akses (01/04/2020).

    Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal e-Learning, 5(3), 195-206.

    Republik Indonesia, Undang-Undang Sisdiknas (Bandung: Citra Umbara, 2006), hlm. 5

    Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Universitas PGRI Yogyakarta Indonesia. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

    Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

    Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.

    Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.

Most read articles by the same author(s)