Journal Description

REFEREN bercita-cita ingin menjadi jurnal yang dapat dijadikan sebagai rujukan bagi pembaca dengan latar belakang peneliti, para akademisi, professional, paraktisi, dan pelajar. REFEREN terbit dua kali (Mei-November) dalam setahun. REFEREN telah ber-ISSN 2830-652X

ISSN Information
Online ISSN : 2830-652X

Indeksasi:

   

Vol. 3 No. 2 (2024)

REFEREN merupakan jurnal ilmiah dibuat dengan impian untuk menjadi rujukan bagi para peneliti terutama di bidang Pembelajaran Bahasa, Pengkajian Bahasa, dan Pengkajian Sastra. Edisi kali ini diiisi oleh peneliti yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,  Universitas Muhammadiyah AR. Fachrudin, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Pamulang, Universitas Mathla’ul Anwar, Universitas Muhammadiyah Tangerang, STKIP Syekh Manshur, Universitas Kuningan, dan Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah.

Published: December 14, 2024

Evaluasi Keterampilan Menulis Produk Non Tes pada Teks Cerita Pendek Siswa SMP

120—127 Rachmayanti, Salma Fairuz Hasanah, Nur Syamsiah
20

Analisis Fungsi Sintaksis pada Media Daring Harian Kompas dalam Kolom Regional

128—138 Fajria Laila Ramadhania, Naya Nurlaila Khoirunnisa, Nuryani
36

Pemanfaatan Metode Debat terhadap Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa

139—148 Shilvy Maulani, Nadia Andi Rahmalia, Muhammad Dzaki Mubarok, Elvi Susanti
17

Nilai Religius Tokoh Utama Novel Cinta dalam Sujudku Karya Diana Febi pada Pembelajaran Sastra: Kajian Sosiologi Sastra

29

Analisis Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

158—164 Dilla Fadhillah, Sasktian Dwi Hartantri, Sarah
44

Alih Kode dan Campur Kode Dalam Naskah Drama “Barok” Karya Aan Sugianto Mas

165—170 Asep Jejen Jaelani, Siti Halima Sya'diyah
23

Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Sosiodrama

171—177 Siti Muspiroh, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha, Usep Saepul Mustakim
46

Analisis Puisi “Kaum Beragama Negri Ini” Karya KH. A Mustofa Bisri Dengan Pendekatan Tasawuf

Analisis Puisi “Kaum Beragama Negri Ini” Karya KH. A Mustofa Bisri Dengan Pendekatan Tasawuf

178—186 Faisal Kemal; Atia Mutiara
40

Relevansi Nilai Religius pada Novel “Cinta Suci Zahrana” Karya Habiburrahman El Shirazy sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA

187—201 Henri Henriyan Al Gadri, Irpa Anggriani Wiharja , Saraswati
26

Media Digital dalam Pengembangan Literasi Emergen pada Masa Pandemi Covid 19 di TK

202—209 Syarif Hidayatullah
32
View All Issues