Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara konseptual implementasi penguatan profil pelajar Pancasila yang diimplementasi melalui proyek pada kurikulum merdeka di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini berbasis kajian jurnal, buku, artikel literatur serta dokumen lain yang relevan. Hasil temuan-temuan pada proses pengumpulan data, kemudian didokumentasikan, dianalisis, dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) kajian tentang proyek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) kajian tentang alur penentuan dalam memilih elemen dan subelemen profil pelajar Pancasila di PAUD. Harapannya dengan adanya tulisan ini para pemangku kepentingan di bidang pendidikan khususnya PAUD dapat memahami lebih dalam tentang projek penguatan profil pelajar Pancasila. Sebagai Perwujudan pelajar Indonesia maka profil pelajar Pancasila adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dengan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu upaya pemerintah dalam menjawab pertanyaan tentang pelajar dengan profil atau kompetensi seperti apa yang akan dihasilkan oleh sistem pendidikan nasional kita yakni kurikulum Merdeka PAUD.


Kata kunci: Proyek; Profil Pelajar Pancasila; Kurikulum Merdeka PAUD


 


Abstract


This study aims to describe conceptually how to strengthen the profile of Pancasila students which is implemented through projects on the independent curriculum in PAUD. This study used the library research method (Library Research). The data collection technique used in this article is based on studies of journals, books, literature articles and other relevant documents. The results of the findings in the data collection process were then documented, analyzed and presented descriptively. While the results of this study are; 1) a study of the project to strengthen the profile of Pancasila students, 2) a study of the flow of determination in selecting elements and sub-elements of the Pancasila student profile in PAUD. It is hoped that with this stakeholders in the field of education, especially PAUD, can understand more deeply about the project to strengthen the profile of Pancasila students. As an embodiment of Indonesian students, the profile of Pancasila students is lifelong students who have global competence by behaving in accordance with Pancasila values. One of the government's efforts to answer questions about students with what kind of profile or competence will be produced by our National education system, namely the Merdeka PAUD curriculum.


Keywords: Project, Pancasila Student Profile; Independent Early Childhood Curriculum

Keywords

Proyek Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka PAUD

Article Details