Main Article Content
Abstract
Analisis Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Kalideres 06 Pagi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Keterampilan Menulis Siswa kelas IV SDN Kalideres 06 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif, yaitu metode yang melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang sedang di teliti. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara tes, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Kalideres 06 Pagi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 30 siswa dari hasil tes menulis puisi yang telah dianalisis pada keterampilan menulis puisi siswa pada aspek ketepatan diksi memperoleh skor 89 termasuk kedalam kategori sangat baik, aspek imajinasi memperoleh skor 78 termasuk kedalam kategori baik, pada aspek pendayagunaan majas memperoleh skor 53 termasuk ke dalam kategori kurang, pada aspek rima/ritma memperoleh skor 43 termasuk ke dalam kategori kurang, aspek kesesuaian tema dan isi memperoleh skor 98 termasuk ke dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Kalideres 06 pagi baik karena di lihat dari beberapa aspek di ketepatan diksi, pengimajinasian dan kesesuaian tema dan isi.
Kata kunci: Keterampilan; Menulis Puisi; Indonesia;
Abstract
poetry writing skills on subjects of Indonesian class IV SDN kalideres 06 pagi. The purpose of this research is to describe the writing skills of class IV and kalideres 06 pagi. The study USES deskrifctive metode qualitatively, a method that involves direct study of objects being examined. Then the data collected from research was described in words. The data-collection technique employed in this study is by tests, interviews, and documenting. The data source in this research is grade iv teacher and grade iv students since 6 pagi. Data analysis techniques use the sequence of data reduction, data presentation, and draw conclusions/verification. Based on the study that 30 students from the test wrote poems that had been analyzed on the skill of poetry students on the accuracy of prediction scored 89 into very good category, the aspect of imagination scored 78 into good category, with majas' pith acquires a 53 into the less category, the rhyme/rhythm score 43 into the less category, The harmonious aspects of theme and content score 98 fall into very good categories. It may be deduced that the poetry writing skills of class iv classes and 06 pagi. are good because of the different aspects of predictability, imagination.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.