Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan menulis puisi. Siswa kurang berani dalam mengungkapkan perasaannya melalui puisi atau cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode sosiodrama. Penelitian  ini dilaksanakan pada bulan April, Mei sampai Juni 2024, bertempat dikelas IV SDN Sukamanah 1 Jiput. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan pra-siklus  yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus dan satu kali pertemuan pada pra-siklus. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama terjadi suasana yang menyenangkan sehingga hasil siswa setiap pertemuan meningkat. Pada masa pra-siklus yang tuntas hanya ada 2 orang dengan persentase 13,33%, pada siklus I hasil siswa meningkat yang tadinya hanya 2 yang tuntas siklus I meningkat menjadi 7 dengan persentase ketuntasan 46,66%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yang tadinya 7 siswa pada siklus II ini meningkat menjadi 13 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 86,66%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan metode sosiodrama tersebut dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.

Keywords

menulis puisi keterampilan menulis metode pembelajaran sosiodrama penelitian tindakan kelas

Article Details