Main Article Content

Abstract

Komunikasi Pariwisata wajib dimiliki oleh setiap industri pariwisata untuk menjalankan kegiatan dan pelayanan secara teratur dan tersusun. Dengan adanya komunikasi pariwisata yang baik dapat membantu dan melayani kebutuhannya. Perlu rencana yang rapi dan efisien agar tingkat keberhasilan meningkat dan risiko gagal mengecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pariwisata dalam mengelola strategi komunikasi pariwisata yang terdampak Covid-19 melalui media sosial Instagram. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Bauran Pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara mendalam kepada pihak pengelola, serta melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian komunikasi pariwisata yang di bangun oleh pihak pengelola wisata Gunung Luhur dengan menggunakan aspek periklanan, personal selling, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat serta WOM menunjukkan adanya keterkaitan satu dengan yang lainnya dan sesuai dengan target pengelola wisata terhadap media sosial.

Keywords

Pariwisata, Bauran Komunikasi pemasaran, Instagram

Article Details

How to Cite
N. Damayanti, C., Karman , K., & Dunan , A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Instagram di Era Pandemi Covid-19. KOMUNIKA, 9(1), 48–62. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i1.7139

References

    A.A.I Prihandari Satvikadewi, H. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi untuk Mempromosikan Potensi Lokal Wisata Pulau Bawean. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
    Acutt, M. (2015). Marketing Mix Definition - 4Ps & 7Ps of the Marketing Mix. Mark Acutt & Patrick Kuo.
    Farida, I., & Tarmizi, A. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.
    https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8 Firmansyah, A., & Mochklas, M. (2018). Analisa
    Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif.
    Guba, E. (1990). The Paradigm Dialog. Newbury Park, London, New Delhi: Sage Publication Ltd. Hamzah, Y. I., Penelitian, P., Pengembangan, D., Kepariwisataan, K., Pariwisata, K., & Kreatif,
    D. E. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia.
    Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS.
    Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran.
    Jakarta: Erlangga.
    IÅ¡oraitÄ—, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research - GRANTHAALAYAH.
    https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.20


    16.2633
    Kaplan, A., & Lein, H. M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.
    Kurniawati, W. D. N. (2017). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2943
    Liliweri, A. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
    Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Terpaan Media pada Akun Instagram @exploresiak terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. Jom Fisip.
    NapoleonCat. (2020). Instagram users in Indonesia. Retrieved February 8, 2021, from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users- in-indonesia/2020/04
    Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
    Poerwandi, E. K. (2005). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. In Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi UI. Depok: LPSP3.
    Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. In Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.
    Rukmiyati, N. M. S., & Suastini, N. M. (2016). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan. Conference on Management and Behavioral Studies.
    Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Komunikasi. In Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.
    Safko, L. (2010). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. In Buku (2nd ed.). Hoboken-New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
    Smith, A., & Anderson, M. (2018). Social Media Use in 2018. In Pew Research Center.
    Steffes, E. M., & Burgee, L. E. (2009). Social ties and online word of mouth. Internet Research. https://doi.org/10.1108/10662240910927812
    Suryadana, L., & Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
    Todorova, G. (2015). Marketing communication mix. Trakia Journal of Science. https://doi.org/10.15547/tjs.2015.s.01.063
    Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,195-201