Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an terdiri dari dua kata yakni "kata pembelajaran”dan "kata Al-Qur'an”. Kata pembelajaran yang kami analisa adalah pembelajaran dalam arti membimbing dan melatih anak untuk membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar serta dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan interpretasi deskriptif kualitatif. Tempat dilaksanakan penelitian Di FAI UHAMKA Jalan Limau II Jakarta Selatan Sedangkan waktu penelitian dari bulan Oktober sampai dengan Februari 2019. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa FAI khususnya Prodi Pendidikan Agama Islam semester satu. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 124 orang mahasiswa PAI semester satu. Data yang dikumpulkan meliputi data primer. Data primer diperoleh dari kuisioner berupa google form yang diisi oleh mahasiswa PAI terkait Metode Iqra Dalam Pembacaan Fawatihussuwar Mahasiswa Fai Uhamka. Hasil penelitian ini Mahasiswa masih belum mengetahui dan memahami ayat-ayat muqothoat. Mahasiswa masih belum mengetahui dan memahami fawatihussuwar. Mereka dapat melafalkan ayat-ayat muqothoat dan fawatihussuwar dengan benar tetapi mereka masih belum mengetahui dan memahami bahwa beberapa ayat dari angket di atas merupakan ayat-ayat muqothoat dan fawatihussuwar.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).References
-
Ali, Atabih, Kontemporer Arab-Indonesia. Cet. I; Yogyakarta: Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyah, 1996.
Hasan, M. Ali dan Rif'at Syauqi Nawawi. Pengantar Ilmu Tafsi. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
Khalil, Moenawar. Al-Qur'an dari Masa ke Masa. Solo: Kenari, 1985.
Mardan. Al-Qur'an : Sebuah Pengantar Memahami Al-Qur'an Secara Utuh. Cet. I; Jakarta: Pustaka MAPAN, 2009.
Al-Suyuti, Jalal al-Din. Al-Itqan fi Ulum Al-Qur'an. Juz I Beirut: Mu'assasat al-Kutub as-Tsaqafiyah, 1996.
Al-Zarqaniy, ‘Abd al-Azim. Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum Al-Qur'an. Jilid I Beirut:Dar Ihya al-Turas al-Arabiy, 1995.
Al-Zarkasyi. Al-Burhan fi Ulum Al-Qur'an. Cet. I; Beirut: t.p., 1988.
Zainun, Muh. Ibnu Jamil. Kaifa Nafham Al-Qur'an diterjemahkan oleh Mashuri dengan judul Pemahaman Al-Qur'an. Cet. I; Bandung: Gema Risalah Press, 1997
References
Hasan, M. Ali dan Rif'at Syauqi Nawawi. Pengantar Ilmu Tafsi. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
Khalil, Moenawar. Al-Qur'an dari Masa ke Masa. Solo: Kenari, 1985.
Mardan. Al-Qur'an : Sebuah Pengantar Memahami Al-Qur'an Secara Utuh. Cet. I; Jakarta: Pustaka MAPAN, 2009.
Al-Suyuti, Jalal al-Din. Al-Itqan fi Ulum Al-Qur'an. Juz I Beirut: Mu'assasat al-Kutub as-Tsaqafiyah, 1996.
Al-Zarqaniy, ‘Abd al-Azim. Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum Al-Qur'an. Jilid I Beirut:Dar Ihya al-Turas al-Arabiy, 1995.
Al-Zarkasyi. Al-Burhan fi Ulum Al-Qur'an. Cet. I; Beirut: t.p., 1988.
Zainun, Muh. Ibnu Jamil. Kaifa Nafham Al-Qur'an diterjemahkan oleh Mashuri dengan judul Pemahaman Al-Qur'an. Cet. I; Bandung: Gema Risalah Press, 1997