Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS B SMA Negeri 55 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 55 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini melibatkan siswa Kelas XI IPS B sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan 13,89% siswa mencapai kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan, yakni 88,89% siswa mencapai kategori baik. Nilai rata-rata siswa pada siklus I hanya 62,2 dan meningkat menjadi 84,1 pada siklus II. Artinya, pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa melalui model discovery learning pada pembelajaran sejarah Kelas XI IPS B SMA Negeri 55 Jakarta mengalami peningkatan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran sejarah Kelas XI IPS B SMA Negeri 55 Jakarta.

Keywords

Model Discovery Learning Pembelajaran Sejarah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Article Details

References

  1. Fisher, A. (2014). Berpikir kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
  2. Fritadi, R & Bharata, H. (2015). "Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
  3. Mawaddah, dkk. (2015). "Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis”. Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol. 4, No. 1.
  4. Nasih, A. & Kholidah, L. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Sayono, J. (2013). "Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis”. Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 7, No. 1.
  6. Suharsimi, A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran
  8. Bandung: Alfabeta.
  9. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif – Progresif. Jakarta: Predana Media Group.
  10. Wijawa, A. dkk. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder Kelas X SOS SMA Negeri 1 Maron Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Mahasiswa, Vol. 1, No. 1.